Mahasiswa Semester II Kebidanan Unika Ruteng Adakan Upacara Capping Day

redaksi - Jumat, 22 Juli 2022 12:12
Mahasiswa Semester II Kebidanan Unika Ruteng Adakan Upacara Capping DayUpacara penyematan cap di kepala para mahasiswa Semester II Prodi Kebidanan Unika Ruteng oleh Ketua Ikatan Bidan Indonesia, Cabang Kabupaten Manggarai, Maria Yasinta Aso, SST,. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Mahasiswa tingkat satu semester II Program Studi Diploma III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Unika Santu Paulus Ruteng melaksanakan upacara Capping Day yang berlangsung di Aula Missio, Jumat 22 Juli 2022.

Capping Day dan angkat janji mahasiswa kebidanan merupakan suatu seremonial yang menandakan bahwa mahasiswa tersebut telah menyelesaikan kegiatan belajar, baik teori maupun praktik selama kurang lebih satu semester dan siap untuk menjadi bidan.

"Capping Day adalah prosesi yang dilakukan untuk mengingatkan mahasiswa dalam menjujung tinggi tugas profesi bidan", terang Ibu Natalia D.P.Raden,SST.,M.KEB.

Capping Day ini merupakan salah satu tradisi dalam dunia keperawatan maupun kebidanan.

Saat acara Capping Day tersebut mahasiswa putri akan dipasangkan cap di kepala.

Pantauan media ini, Ketua Ikatan Bidan Indonesia,  Cabang Kabupaten Manggarai, Maria Yasinta Aso, SST., melakukan pemasangan cap secara simbolis kepada salah satu mahasiswa kebidanan Unika Santu Paulus Ruteng.

Diketahui jumlah peserta yang mengikuti upacara Capping Day hari ini sebanyak 131 orang.

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, David Djerubu, S.Fil.,MA menyampaikan sambutan dengan menekan tentang pelayanan yang bertanggung jawab dan disiplin.

"Mahasiswa atau calon tenaga kesehatan seperti bidan harus mengedepankan rasa tanggung jawab dalam memberikan pelayanan dengan memprioritaskan nilai kedisiplinan" tegas Dekan Fikes tersebut.

Sementara itu, Ketua Program Studi Diploma III Kebidanan, Fransiska Nova Nanur, S.SIT, M.Kes menekankan tentang softskill kepada mahasiswa dalam setiap tugas pelayanan.

"Mahasiswa diharapkan untuk selalu menjunjung tinggi nilai softskill dalam setiap pelayanan anda kepada masyarakat umum", tutur Fransiska.

Merlina Yasmin, salah satu peserta yang mengikuti Capping Day  hari ini merasa bahagia dan senang setelah mengikuti kegiatan itu.

Bagi dia, kegiatan hari ini sangat berkesan karena telah dinyatakan sah menjadi mahasiswa kebidanan dengan usainya angkat sumpah pada upacara itu.

"Saya sangat senang dan bahagia dengan kegiatan yang berjalan dan berlangsung pada hari ini, dimana pada hari ini kami telah mengikrarkan sumpah pertama kami dan telah berjalan dengan lancar, aman dan baik"

Ia pun mengharapkan agar dirinya dan teman-teman bisa menjadi calon bidan yang unggul dan profesional.

"Semoga kami bisa menjadi calon bidan yang unggul dan profesional dalam pelayanan kebidanan", harap Merlina. (Jivansi). ***

RELATED NEWS