Manggarai Enterpreneur Academy Luncurkan Program 'Labuan Bajo Biz Cataliyst'

redaksi - Senin, 08 April 2024 12:47
Manggarai Enterpreneur Academy  Luncurkan Program 'Labuan Bajo Biz Cataliyst' MEA meluncurkan rogram Labuan Bajo Biz Cataliyst. Acara peluncuran dilakukan di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat (sumber: Epi Wahab/RRI)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Sentra kewirausahaan pemuda, Manggarai Enterpreneur Academy (MEA) meluncurkan program ‘Labuan Bajo Biz Cataliyst’ guna memenuhi target 100  wirausahawan muda kreatif di Kabupaten Manggarai Barat.

 Labuan Bajo Biz Catalyzt adalah program kolaborasi bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga. Program ini resmi di luncurkan pada, Jumatt,  (5/4) bertempat di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat.

Ketua MEA, Mershinta Rahmadani kepada media menyampaikan latar belakang program ini dikucurkan, untuk menjawab keresahan anak muda dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, serta tuntutan untuk selalu menjadi pegawai kantor pemerintahan atau swasta.

“ Keresahan kita sebagai anak muda sendiri kita lihat banyak teman-teman kita yang merasa kesulitan untuk mencapai pekerjaan padahal dia punya kompetensi, keterampilan, tapi tidak tau bagaimana caranya memulai sebuah usaha, dan kebanyakan kita dituntut untuk menjadi seorang pegawai,” ujar Mershinta Rahmadani.

Dia menambahkan, peluncuran program ini juga sebagai bentuk menumbuhkan perekonomian di Manggarai Barat melalui usaha para wirausaha muda, dan untuk mengembangkan sumber daya manusia serta peluang lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Manggarai Barat.

“Bukan hanya membantu mereka tetapi juga bisa membantu lingkungannya, karena dengan mereka membuka sebuah usaha mereka bisa membuka banyak lapangan pekerjaan untuk anak-anak muda dan juga warga-warga di sekitar rumahnya minimal seperti itu,” tambahnya.

Sebelum peluncuran resmi program ini dilakukan, pihak MEA terlebih dahulu telah melakukan sosialiasi ke sejumlah Desa, Sekolah dan komunitas di Manggarai Barat. 

MEA mendapati banyak peluang, keterampilan dari anak muda namun hanya dipergunakan secara pribadi, padahal mempunyai peluang besar untuk pasar.

Melalui program peluncuran Labuan Bajo Biz Cataliyst, MEA menargetkan 100  calon wirausahawan muda untuk berpartisipasi. 

Namun pihak MEA tidak menutup kemungkinan melebihi target tersebut.

Manggarai Enterpreneur Academy (MEA) sendiri merupakan bagian dari induk organisasi Yayasan Generasi Berdaya Mahacita  (Dayacita Foundation). 

MEA berfokus pada penumbuhan, pengembangan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam kewirausahaan, dan ekonomi berkelanjutan. 

Adapun dalam kegiatannya, MEA melakukan pendidikan, pelatihan, pendampingan, konsultasi dan penelitian terkait kebutuhan kewirausahaan dan eknomi berkelanjutan. (san). ***

RELATED NEWS