Melalui Turnamen Sepak Bola Panwaslu dan PPK Kecamatan Kuwus Ajak 'Stakeholders' Sukseskan Pemilu 2024

redaksi - Selasa, 23 Mei 2023 08:15
Melalui Turnamen Sepak Bola Panwaslu dan PPK Kecamatan Kuwus Ajak 'Stakeholders' Sukseskan Pemilu 2024 Surasulu FC dengan Satarara FC berfoto bersama sebelum pertaandingan dimulai. (sumber: TN)

KUWUS (Floresku.com) - Penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan Kuwus yang tergabung dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengajak seluruh stakholders Pemilu untuk ambil bagian dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 melalui turnamen sepak bola yang diinisiasi oleh Paroki Golowelu, Golowelu, 22 Mei 2023.

Penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan Kuwus tampil dengan nama  "Surasulu FC" yang memiliki arti suara rakyat suara pemilu. 

Surasulu FC ikut serta dalam turnamen itu dengan satu misi utama, yaitu mensosialisasikan Pemilu dan mengajak seluruh masyarakat untuk ambil bagian dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Kuwus, Frumensius Jebarus kepada media ini menyampai bahwa ajang sepak bola itu menjadi momentum yang tepat untuk mensosialisasikan materi Pemilu kepada pemilih, seperti menghimbau kepada masyarakat untuk mengecek nama masing-masing di DPT Online.

"Kami ikut turnamen ini dengan kepentingan untuk mengajak masyarakat ikut andil dalam menyukseskan Pemilu 2024 dengan cara mengecek nama masing-masing di DPT Online", kata Frumensius.

Selain itu Mensi demikian ia disapa menyampaikan, untuk saat ini, tahapan Pemilu 2024 sudah masuk pada tahapan pemutahiran data Pemilih. 

Oleh karena itu, ia menegaskan agar partisipasi masyarakat pemilih sangat diperlukan dalam proses pemutahiran data pemilih terutama dalam memberikan masukan dan tanggapan untuk memperbaiki data diri dan memasukan pemilih baru yang memenuhi syarat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kuwus, Tadeus Ndarung menegaskan bahwa untuk menjamin proses Pemilu yang Demokratis dan tanpa diskriminasi dibutuhkan kerja sama antara Pengawas Pemilu dan masyarakat. 

Namun, untuk sampai ke titik itu diperlukan sosialisasi tentang pengawasan pemilu kepada masyarakat.

"Kami sangat optimis bahwa pemilu 2024 ini akan berlangsung demoktratis. Untuk menjamin sikap itu, maka dibutuhkan sinergitas antara Pengawas Pemilu dengan masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024. Oleh karena itu, melalui ajang sepak bola ini kami menyerukan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Kuwus untuk bersama mengawasi pemilu 2024 agar berlangsung Luber dan Jurdil", kata Tadeus.

Selain itu, Tadeus juga mengajak masyarakat untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu, terutama saat tahapan pemutakkhiran data pemilih.

"Saat ini kita sudah masuk di tahapan pemutahiran data pemilih di mana sebentar lagi DPT akan diumumkan oleh KPU. Karena itu, partisipasi aktif masyarakat sangat penting di tahap ini di mana wajib pilih harus memastikan diri dan orang sekitarnya terdaftar di DPHP. Kalau belum terdata silakan koordinasi dengan Panwaslu Kecamatan Kuwus untuk kami teruskan ke Panitia Pemilihan Kecamatan Kuwus", tegas Tadeus Ndarung.

Turnamen yang dihadiri oleh puluhan klub itu diadakan oleh Paroki Golowelu dalam rangka untuk memeriahkan hari Pentekosta, yaitu hari lahir gereja Katolik atau awal karya gereja di dunia. (TN)***

RELATED NEWS