Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu Secretary General of AJC Bahas Kerja Sama Pariwisata Berkelanjutan

redaksi - Rabu, 06 Maret 2024 10:54
Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu Secretary General of AJC Bahas Kerja Sama Pariwisata Berkelanjutan  Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Secretary General of ASEAN-Japan Centre (AJC) Dr. Kunihiko Chris Hirabayashi di Kantor AJC, Tokyo, Senin. 04 Maret 2024. (sumber: Biro Kom. Kemenparekraf)

TOKYO (Floresku.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Jepang melakukan pertemuan dengan Secretary General of ASEAN-Japan Centre (AJC), Dr. Kunihiko Chris Hirabayashi guna menjajaki kerja sama pengembangan pariwisata khususnya pariwisata berkelanjutan.

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Secretary General of ASEAN-Japan Centre (AJC) Dr. Kunihiko Chris Hirabayashi di Kantor AJC, Tokyo, Senin (4/3/2024).

Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke kantor ASEAN-Japan Centre di Tokyo, Senin (4/3/2024), menyampaikan bahwa Indonesia sedang menggenjot pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkonsep pada pariwisata hijau dan berkelanjutan.

“Sehingga Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan AJC untuk sharing best practice terkait sustainable tourism dan rural tourism,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf menjelaskan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf juga mengembangkan desa wisata sebagai salah satu program utama. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini adalah ASEAN Tourism Village untuk mempromosikan dan meningkatkan pemberdayaan desa wisata.

“Indonesia berharap AJC dapat memberikan dukungan untuk penyelenggaraan ASEAN Tourism Village tersebut,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga juga menawarkan peluang kerja sama capacity building untuk mendukung percepatan industri gim nasional.

“Indonesia baru saja meresmikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 Tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Oleh karena itu, kami menawarkan peluang kerja sama capacity building untuk mendukung percepatan industri gim nasional,” kata Menparekraf.

Secretary General of ASEAN-Japan Centre (AJC), Dr. Kunihiko Chris Hirabayashi, menyampaikan bahwa saat ini generasi muda tertarik terhadap isu health dan wellness, sehingga kombinasi health dan wellness tourism akan semakin digemari ke depannya.

“Indonesia dan AJC dapat bekerja sama melakukan riset untuk menentukan segmentasi pasar yang sesuai untuk health dan wellness tourism yang mendukung pariwisata berkelanjutan,” kata Kunihiko.

Kunihiko juga menyampaikan bahwa AJC tertarik untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Creative Economy Business Forum (ACEBF) 2024.  

“Dan kami berharap dapat mendapatkan rincian kegiatan untuk mengidentifikasi speaker atau expert yang sesuai dengan tema ACEBF 2024," ujar Kunihiko. (SP). ***

RELATED NEWS