MMS Land Akan Bangun Hotel Mewah Crowne Plaza di Labuan Bajo

redaksi - Rabu, 18 Oktober 2023 10:24
MMS Land Akan Bangun Hotel Mewah Crowne Plaza di Labuan BajoCEO MMS Land Andre Chandra Biantoro (sumber: Linkedl)

JAKARTA (Floresku.com) - MMS Land, anak perusahaan MMS Group Indonesia bakal mengembangkan hotel mewah Crowne Plaza di Labuan Bajo.

Langkah awal pembangunan Crowne Plaza Labuan Bajo dimulai pada Rabu, 11 Oktober 2023, pekan lalu. 

Acara Partnership Agreement Signing diadakan di Commodity Square, Jakarta Selatan, yang melibatkan tiga pihak, yaitu PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank), PT Tatamulia Nusantara Indah (TATA) dan IHG Hotels & Resorts (IHG).

IHG adalah salah satu perusahaan hotel dan akomodasi terbesar di dunia dengan lebih dari 6.200 hotel di lebih dari 100 negara. 

Crowne Plaza Labuan Bajo, hasil kolaborasi antara MMS Land dan IHG, akan menjadi properti premium IHG ketiga di Indonesia, serta menandai ekspansi IHG ke Asia Tenggara. Kerjasama ini akan memantapkan posisi Labuan Bajo sebagai KSPN Prioritas/DPSP.

CEO MMS Land Andre Chandra Biantoro menyatakan bahwa pembangunan Crowne Plaza Labuan Bajo adalah wujud komitmen MMS Land untuk mendukung sektor pariwisata nasional di Labuan Bajo.

“Prosesi penandatanganan ini merupakan awal yang baik yang mana secara bersama-sama antara MMS Land, J Trust Bank, TATA dan IHG akan membangun serta mengelola hotel dengan baik untuk mendukung visi KSPN/DSPN pemerintah di Labuan Bajo,” ujar Andre melalui keterangan tertulisnya.

Andre mengatakan, Crowne Plaza Labuan Bajo adalah sebuah pengalaman bagi wisatawan. Kebutuhan akomodasi penginapan, bisnis dan pertemuan menjadi satu kesatuan dalam balutan pelayanan bintang lima berstandar internasional.

“Harapan terbesar dari kehadiran Crowne Plaza Labuan Bajo adalah dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo dengan pelayanan dan pengalamannya. Sehingga membuat Labuan Bajo menjadi destinasi wisata pilihan bukan lagi alternatif di Indonesia,” sambungnya..

Selaras dengan Andre, Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai menyampaikan bahwa peran serta J Trust Bank pada pembangunan Crowne Plaza Labuan Bajo merupakan komitmen Bank untuk mendukung proyek pengembangan pariwisata nasional.

“J Trust Bank meyakini bahwa pembangunan pariwisata memberikan kesempatan untuk tumbuh kembang ekosistem pendukung antara lain seperti pelayanan perjalanan, jasa transportasi, dan pengembangan daerah tujuan wisata yang pada akhirnya memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat Labuan Bajo,” imbuhnya.

Di samping itu, Chris Anklin, Senior Director, Development, Asia Tenggara dan Korea, IHG Hotels & Resorts mengatakan, Crowne Plaza Labuan Bajo adalah salah satu merek hotel premium terbesar di dunia dan sangat cocok bagi tamu yang mengunjungi pulau eksotis ini untuk liburan, bisnis, atau perjalanan.

“IHG Hotel & Resorts pun memahami bahwa saat ini ada kebutuhan besar akan pengalaman perjalanan yang luar biasa, dan bekerja sama dengan para pemilik hotel untuk mengembangkan pengalaman yang akan memperkaya serta mendukung pengembangan destinasi secara keseluruhan,” ujarnya.

Diketahui, untuk mengimplementasikan desain, MMS Land menunjuk PT Tatamulia Nusantara Indah (TATA) sebagai Kontraktor pelaksana pembangunan Crowne Plaza Labuan Bajo. Crowne Plaza Labuan Bajo dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu, dengan desain yang mencerminkan filosofi kearifan budaya lokal.

“Dengan pengalaman TATA selama 38 tahun dan portofolio berbagai proyek hotel bintang lima, diharapkan pembangunan ini akan berlangsung dengan kualitas tinggi, menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri ke Kawasan Wisata Labuan Bajo,” tutur Iwan Adi Susanto, President Director PT Tatamulia Nusantara Indah.

Sekilas MMS Land

MMS Land merupakan pilar usaha yang berdiri sejak 2018 untuk menaungi sektor properti MMSGI.

 Kegiatan usaha MMS Land meliputi pengelolaan dan pengembangan properti residensial dan komersial seperti komplek perumahan (minicity), hotel dan gedung perkantoran. 

Selain itu, MMS Land juga mengembangkan dan mengelola data center sebagai upaya untuk penyediaan infrastruktur digital yang berperan vital untuk mendorong inovasi anak bangsa.

MMS Group Indonesia mempunyai cita-cita menjadi perusahaan energi berkelanjutan dan terpercaya untuk seluruh rakyat Indonesia. Seluruh upaya kami tujukan untuk terciptanya green society untuk Indonesia yang tangguh, mandiri, dan berkelanjutan. Cita-cita tersebut kami wujudkan melalui bisnis kami yang menyediakan energi terpadu dari hulu sampai dengan hilir serta bisnis bernuansa green environment.

Dengan perkembangan saat ini, aspek lingkungan, sosial dan tata kelola menjadi perhatian dari setiap bisnis, terutama pada perusahaan energi. 

“Kami menjawab tantangan tersebut dimana kami telah berkembang dari sebuah perusahaan di sektor pertambangan dan perdagangan batubara yang kemudian merambah sektor properti dan bisnis-bisnis berkelanjutan yang sesuai dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) seperti pembangkit listrik tenaga surya, pertanian berteknologi tinggi, dan smelter nikel,” ungkap Sendy Grety, Direktur Utama MMS Land.

Selain itu,  Grety menambahkan, kami juga mendukung program Net Zero Emission Indonesia 2060 dengan perencanaan dan implementasi efisiensi energi dan penggunaan listrik berbasis energi baru terbarukan. 

“Khusus untuk aspek sosial, kami aktif berkontribusi kepada masyarakat melalui Yayasan Life After Mine yang kami dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di area sekitar pertambangan,” pungkasnya. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS