OPINI: Anis Dideklarasi, Berkah Buat Ganjar

redaksi - Sabtu, 08 Oktober 2022 14:25
OPINI: Anis Dideklarasi, Berkah Buat GanjarMarianus Gaharpung (sumber: Dokpri)

Oleh Marianus Gaharpung, dosen FH Ubaya Surabaya

BERBAGAI spekulasi liar di tengah publik Indonesia mulai bermunculan dengan selesainya  pagelaran Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengusung Anis Baswedan Gubernur DKI Jakarta sebagai capres 2024 beberapa waktu lalu.

Ada yang mengatakan Partai Nasdem ini selangkah lebih maju,bahkan berani menjual produk politiknya kepada publik Indonesia.  

Ada pula mengatakan partai yang dinahkodai Surya Pallo ini curi start dengan sedikit konyol karena mendeklarasi partainya pengusung Anis Baswedan padahal aspek threshold minimal 20%  belum mencukupi untuk mencalonkan Anis. 

Apakah Partai Demokrat terutama PKS searah dengan kehendak Surya Pallo? Belum tentu! Karena politik ini hitungan menit jam bisa saja berubah dan kemana arah anginnya sulit ditebak. 

Ada juga berspekulasi pendeklarasian Gubernur DKI sengaja dipercepat  hanya untuk menghindar dari sengatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus Formula E yang sedang dalam tahap penyelidikan. 

Karena kebijakan proyek Formula E oleh Gubernur DKI ini ada dugaan sarat dengan penyalagunaan uang negara. Dan, secara normatif lembaga antirasuah ini memiliki kewenangan penuh untuk memanggil memeriksa serta mentersangkan siapa saja dan dalam posisi jabatan apapun. Karena hukum itu keras tertulis demikian (lex dura sed tamen scripta).

Dari kalangan ahli tata negara masih juga mempertanyakan pencapresan Anis Baswedan jika ditinjau dari Pasal 6 UUD 1945 bahwa calon presiden dan wakil presiden adalah orang Indonesia asli. 

Apalagi sakit di dada warga DKI dan publik Indonesia belum terhapus melihat proses menjadikan Anis Baswedan sebagai Gubernur DKI penuh dengan dugaan politik identitas. 

Barangkali Partai Demokrat dengan nahkodanya Agus Hari Murti (AHY) siap menerima lamaran Anis sebagai cawapres. Dengan kalkulasi politik  peluang emas ini tidak boleh disia- siakan oleh anak pertama Bambang Susilo Yudhoyono. 

Lamaran Anis Baswedan terhadap AHY jika benar, maka momen ini sebagai ajang ujicoba bahwa menang atau kalah itu urusan nanti yang penting partai berlambang Mercy ini ada "jualan" produk politiknya pada pilres 2024. 

Apalagi usia AHY masih relatif muda  peluang untuk capres cawapres masih sangat terbuka di masa mendatang. Apakah PKS sehati dengan Demokrat belum bisa dipastikan karena partai oposisi pemerintah ini pasti mempunyai produk politiknya yang akan dijual pada pilpres 2024. 

Semua kalkulasi gabungan partai politik antara Nasdem Demokrat dan PKS belum matang  kemungkinan buyar bisa saja terjadi, jika benar, maka mimpi Gubernur DKI ini pupuslah sudah.

Bagaimana dengan koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Golkar PPP serta PAN? Apakah sudah sehati sejiwa  mengusung Ketua Umum Partai Golkar Erlangga Hartato? 

Belum tentu tiga partai ini pasti mempunyai visi misi masing- masing melihat pemimpin masa depan yang penuh tantangan ini. Apalagi Sabtu pagi,  8 Oktober  PDIP dan Golkar jalan sehat bersama di Monas ini ada tanda- tandanya.  

Dan, beberapa hari terakhir ada kabar burung PPP sedang melirik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara realita dukungan akar rumput   mengalir begitu dahsyat  untuk capres 2024. 

Keadaan KIB juga belum solid menuju deadline 10 November pengumuman capres. Perlu diketahui Golkar PPP dan PAN adalah partai pendukung pemerintahan bersama PDIP sehingga tidak menutup kemungkinan Koalisi KIB bergeser ke hati PDIP.

Bagaimana Partai Gerindra dan PKB apakah masih terus menjagokan Prabowo dan Muhaimin Iskandar? Peluang ini masih saja bisa terjadi apalagi Prabowo dengan dukungan dana dan kendaraan politiknya sendiri rasanya ini kesempatan terakhir buat Menteri Pertanahan  untuk maju capres bersama Muhaimin mengingat juga dengan usianya.

Atas dasar realita "catur politik" ini, publik tanah air terus dibuat emosi, rindu, penasaran bahkan gregetan dengan PDIP, kok ade ayem saja. Kenapa tidak seperti partai Nasdem?

PDIP adalah partai nasionalis yang sangat besar dan matang dalam persilatan politik setiap langkah yang dimainkan penuh kalkulasi. Apalagi "ibu politik" Indonesia, Megawati Soekarno Putri   malang melintang dalam dunia persilatan politik tanah air pasti punya nalar politik dengan sasaran tembaknya yang jitu. 

Partai banteng moncong putih ini sedang memainkan adrenalin politik warga tanah air dengan prinsip "diam itu emas". PDIP bukan tidur bukan masa bodoh serta tidak menghiraukan kehendak publik terhadap siapa  capres 2024 yang pantas dari PDIP. 

Megawati seakan berdiri dari ketinggian menara Monas melihat kebawah siapa - siapa yang sejatinya kawan dan lawan politiknya di pilpres 2024. Siapa yang sejatinya nasionalis dan siapa yang sedang bermain dalam politik identitas. 

Megawati Soekarnoputri, politikus kaliber tanah air pasti akan mempersembahkan pekerja politik terbaiknya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Yakinlah pada injury time Megawati Soekarno Putri akan memberikan berkah kepada Ganjar Pranowo S.H., M.I.P. pria kelahiran, 28 Oktober 1968 Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Hidup dan jaya Indonesiaku! ***

RELATED NEWS