Pater Ribeiro SVD dari Brasil Terpilih Jadi Superior Jenderal SVD ke-13

redaksi - Jumat, 05 Juli 2024 07:49
Pater Ribeiro SVD dari Brasil Terpilih Jadi Superior Jenderal SVD ke-13Pater Budi Kleden SVD menyerahkan lilin bernyala kepada Pater Anselmo Ricardo Ribeiro SVD, simbol peralihan kepemimpinan umum SVD dunia, dalam Misa Inagurasi Superior Jenderal SVD, Nemi, Kamis, 4 Juli 2024. (sumber: Youtube.com)

NEMI, ROMA (Floresku.com) - Pada Kamis (4/6), para kapitularis Serikat Sabda Ilahi (SVD), yang berkumpul pada Kapitel Umum ke-19 di Nemi, Italia, telah memilih Superior Jenderal yang baru, Pater Anselmo Ricardo Ribeiro, menggantikan Pater Paulus Budi Kleden SVD yang telah mengakhiri masa kepemimpinannya selama 6 tahun, dan telah ditunjuk oleh Paus Fransiskus menjadi Uskup Agung Ende, Indonesia.

Pater Ribeiro menjadi Superior Jenderal SVD ke-13 terhitung dari superior jenderal sekaligus pendiri SVD, St Arnold Janssen.

Mengutip Katolikku.com (Jumat, 5/7), Pater Ribeiro disebutkan bergabung dengan Serikat Sabda Ilahi pada tahun 1998.

Pater Ribeiro berasal dari Brasil. Ia mengucapkan kaul pertamanya pada tahun 1999 dan kaul kekalnya pada tahun 2004.

Ia ditahbiskan menjadi imam pada tahun 2005. Ia telah menjabat berturut-turut sebagai Anggota Dewan Provinsi di Provinsi Brasil Utara, Rektor Juiz de Fora Residence di Brasil, Superior Provinsi Provinsi Brasil Utara, anggota Komite Eksekutif Zona PANAM.

Selama kepemimpinan Pater Paulus Budi Kleden SVD, Pater Anselmo berperan sebagai Anggota Dewan Jenderal di Roma.

Pater Ribeiro akan memimpin SVD untuk enam tahun ke depan.

Serikat Sabda Ilahi, yang didirikan oleh Santo Arnoldus Janssen pada tahun 1875 di Steyl, Belanda, adalah jemaat global para imam dan biarawan yang dikenal sebagai Misionaris Sabda Ilahi.

Serikat misi tersebut, yang memiliki hampir 6.000 anggota di lima benua, secara aktif terlibat dalam berbagai pelayanan termasuk karya pastoral, pendidikan, kerasulan alkitabiah, komunikasi, keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan, dan pelayanan khusus lainnya. (map)***

Editor: redaksi

RELATED NEWS