Pemda Ngada Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Budi Luhur Jakarta

redaksi - Jumat, 23 September 2022 17:04
 Pemda Ngada Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Budi Luhur JakartaBupati Ngada Andreas Paru, SH, MH, Sekda Ngada Theodisius Yosefus Nono, S.Sos, Tim Universitas Budi Luhur, Para Pimpinan SKPD Kabupaten Ngada. (sumber: Prudens Maring/UBL)

BAJAWA  (Floresku.com) -Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ngada  menjajakai kersa sama dengan Universitas Budi Luhur, Jakarta. Penjakan atau insiasi kerjasama itu terungkap melalui audensi  yang berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Ngada, di Bajawa19 September 2022. 

Acara audensi tersebut dibuka oleh Bupati Ngada, Andreas Paru, SH, MH, dan difasilitasi oleh Sekda Ngada, Theodisius Yosefus Nono, S.Sos. 

Dari phak Pemda, selain Bupati dan Sekda, hadir pula para Kepala Dinas, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Bagian Hukum dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Ngada, para Kabid pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Sekolah di Kabupaten Ngada. 

Dari pihak Universitas Budi Luhur diwakili oleh Dr. Prudensius Maring, MA selaku Kepala Pusat Studi Budaya Luhur Nusantara dan Drs. Ahmad Pramegia, M.I.Kom selaku Kepala Pusat Studi Citarum Harum.

Pada kesempatan itu,  pihak Universitas Budi Luhur memaparkan visi dan misi serta peluang kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan yang dapat dilakukan bersama Pemda dan masyarakat Kabupaten Ngada. 

Bupati Ngada menyambut baik dan mendukung proses lanjutan untuk membangun kerjasama saling menguatkan untuk kemajuan bersama. 

Menurut dia, visi pembangunan Kabupaten Ngada  yaitu terwujudnya masyarakat Ngada yang unggul, mandiri, dan berbudaya berbasis pertanian dan pariwisata berwawasan lingkungan diharapkan bisa bersinergi dengan visi Universitas Budi Luhur yaitu berwawasan global berbasis kewirausahaan, teknologi, dan cerdas berbudi luhur. 

Beberapa bidang yang dieksplorasi sebagai peluang kerja sama meliputi dukungan penyelenggaraan program merdeka belajar melalui program KKN tematik dan pertukaran belajar, penguatan inisiasi penerbitan dokumen pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah, digitalisasi pembangunan desa, digitalisasi budaya dan potensi pariwisata, dan pengelolaan bank sampah. 

Pemda Ngada membutuhkan dukungan riset untuk pengembangan harmonisasi program tani, ternak, nelayan, dan pariwisata  (tante-nela-paris) melalui orientasi pendayagunaan hasil untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ekonomi rumah tangga jangka pendek, alokasi tabungan, dan investasi jangka panjang. 

Berbagai kebutuhan tersebut bisa disinergikan secara berkelanjutan melalui dukungan berbagai fakultas di lingkungan Universitas Budi Luhur yaitu Teknologi Informasi, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Soial dan Ilmu Politik, Komunikasi & Desain Kreatif, dan Teknik. 

Acara audiensi dilanjutkan dengan kunjungan dan pemberian CSR ke Panti Asuhan Citra Nusantara  dan kunjungan ke arena pameran Wolobobo Ngada Festival 2022, Kampung Adat Bena, dan wisata alam Wolobobo. 

Keseriusan Bupati Ngada untuk mendukung kerjasama ini terlihat dari penunjukkan Bagian Pemerintahan untuk melanjutkan persiapan kerjasama dengan Universitas Budi Luhur Jakarta. 

Audiensi ini terlaksana atas fasilitasi Kasubag TU Pimpinan, Staf Ahli dan Kepagawaian – Donatus Meak, dan  Protokol Prokopim – Kantus Sugi. (SP/Silvia Sea) ***

 

 

 

 

RELATED NEWS