Pemdes Golo Meni, Matim Dorong Kelompok Tani Eksis Agar Ketahanan Pangan Stabil

redaksi - Kamis, 02 Juni 2022 13:37
Pemdes Golo Meni, Matim Dorong Kelompok Tani Eksis Agar Ketahanan Pangan StabilKegiatan pelatihan kepada seluruh kelompok tani di aula Kantor Desa Golo Meni. (sumber: Istimewa)

BORONG (Floresku.com)-Pemerintah Desa (Pemdes) Golo Meni, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menggelar pelatihan kepada seluruh kelompok tani di aula Kantor Desa Golo Meni. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat ketangguhan bidang pertanian bagi semua kelompok tani di desa tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Desa Golo Meni, Paulus Darman pada Kamis, 2 Juni 2022.

"Sektor pertanian menjadi andalan utama untuk desa kami. Beragam kelompok yang ada di Golo Meni antara lain kelompok tani sawah dan kelompok tani kopi," ungkap Paulus.

Menurut dia, setelah kelompok tani dibentuk ada yang masih bertahan dan ada pula yang sudah punah. Atas dasar itu, Pemerintah Desa (Pemdes) menggelar kegiatan ini.

Ia berharap agar kegiatan pelatihan pengurus kelompok tani bisa bermanfaat untuk menunjang kemajuan sektor pertanian di Desa Golo Meni.

"Jika kelompok tani eksis, ketahanan pangan akan stabil dan tetap terjamin," pungkasnya.

Sementara itu, Rikardus Dura, Penyuluh Pertanian Desa Golo Meni menjelaskan peningkatan produksi pertanian dapat dicapai melalui pendekatan teknologi yang tepat antara lain, dengan menerapkan teknologi pemupukan berimbang.

Menurut dia, untuk mencapai produktivitas pertanian mesti memilih benih unggul bermutu, pemupukan berimbang yang ramah lingkungan, pengendalian OPT, dan Penanganan panen dan pasca panen.

Kegiatan ditutup dengan pemberian alat semprot kepada sejumlah kelompok tani. (Filmon Hasrin).

RELATED NEWS