Pemudik yang Ingin Gunakan Kapal Milik PT. Pelni Diimbau Beli Tiket Jauh Hari Sebelum Waktu Keberangkatan

redaksi - Jumat, 15 Desember 2023 09:06
Pemudik yang Ingin Gunakan Kapal Milik PT. Pelni Diimbau Beli Tiket Jauh Hari Sebelum Waktu KeberangkatanKepala Cabang PT Pelni Maumere Daulat Apul Gervasius Naibaho, S.H. sedang memberi arahan kepada seorang pemuda yang ingin membeli tiket kapal secara on line. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - -Menjelang musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) menghimbau kepada para pemudik yang ingin menggunakan trasportasi milik PT. Pelni untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Cabang PT Pelni  Maumere Daulat Apul Gervasius Naibaho, S.H, Jumat, 15 Desember 2023.

"Demi mengantisipasi kehabisan tiket kapal di liburan Nataru agar para pemudik yang ingin berlibur keluar daerah dan menggunakan pelayaran kapal Pelni agar segera membeli tiket jauh-jauh hari sebelum kehabisan. Meskipun ada dispensasi, tetapi mengingat banyaknya animo masyarakat yang ingin berpergian atau mudik tidak mungkin juga tidak cepat habis jadi saran kami untuk membeli tiket jauh-jauh hari dan pastikan nama yg tertera di tiket sesuai dengan identitas", ucapnya.

Untuk kapal type 2000 seperti KM. Bukit Siguntang mendapatkan dispensasi 974 tiket dari biasanya 1995 kini menjadi 2969 tapi perlu diketahui penambahan dispensasi tiket 974 itu bukan hanya di Maumere saja tetapi dibagi ke daerah lain juga seperti Larantuka, Kupang, Makassar, Pare Pare, Balikpapan, Tarakan dan Nunukan.

"Pelni akan kembali menjual tiket dispensasi bagi masyarakat yang akan berpergian pada periode Nataru. Adapun tiket tambahan akan dijual setelah seluruh tiket utama terjual habis. Penjualan tiket dispensasi sesuai dengan jumlah yang diijinkan oleh Kementerian Perhubungan agar tetap menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan," ungkap Apul.

Harga tiket dan cara membeli tiket kapal

Jelang Nataru PT. Pelni tidak menaikan harga tiket jadi harga tetap seperti hari hari biasa  PT. Pelni menghimbau kepada para penumpang kapal pelni untuk membeli tiket kapal secara on line.

Hal teknis pembelian tiketnya sudah kami sosialisasikan berulang kali supaya membelinya melalui Pelni Mobile atau call center 162 atau ke Tiga agen yang sudah terdaftar di maumere.

" Sudah banyak yang paham dan melakukan membelian tiket melalui pelni mobile tetapi tidak sedikit juga yang belum paham menggunakan Pelni mobile dan datang membeli lngsung ke loket Pelni" ujar Apul.

Lebih lanjut Apul mengatakan" Pihak dari PT.  Pelni Cabang Maumere hingga saat ini tetap memberi arahan kepada masyarakat untuk membeli secara on line dengan cara mendowload Aplikasi Pelni Mobile di Aplikasi Playstore dan mengikuti petunjuk yang ada didalam aplikasi tersebut.

Karena di dalam aplikasi pelni mobile sudah ada keterangan harga kapal, rute nya kemana dan berangkatnya kapan sudah ada di aplikasi Pelni mobile tanpa harus mengantri didepan loket pelni lagi, dan untuk pembayarannya sangat mudah bisa via transfer melalui atm, alfamart dan indomart.

“Kita selalu kasiharahan ke masyarakat untuk membeli tiket secara on line karena kedepanya Loket Pelni akan di tutup seperti yang sudah dilakukan di Pelni jakarta, Surabaya dan Makasar,” tutup Apul. (Mardat). ***

RELATED NEWS