Cegah Bencana Banjir dan Wabah Penyakit, Kodim 1603/Sikka Laksanakan Karya Bakti di Pasar Alok

redaksi - Jumat, 08 Desember 2023 09:53
Cegah  Bencana Banjir  dan Wabah Penyakit, Kodim 1603/Sikka Laksanakan Karya Bakti di Pasar AlokKomandan Kodim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P., memimpin Karya Bakti membersihkan lingkungan di area Pasar Alok, Jumat, 08 Desember 2023, pagi. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Komandan Kodim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P., memimpin Karya Bakti pembersihan sampah-sampah dan selokan/parit guna mencegah bencana banjir  dan wabah penyakit  secara serentak seIndonesia.

Di wilayah Kodim  1603/Sikka adapun lokasi karya bakti di seputaran area Pasar Alok yang beralamat di Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Jumat, 08 Desember 2023 paagi.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih, rangkaian kegiatan diawali dengan agenda apel pagi dan seremonial pengecekan Personel sekaligus pengarahan yang disampaikan oleh Dandim Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P.

Gerakan peduli kebersihan lingkungan ini melibatkan unsur TNI-Polri, Pemda (instansi terkait) dan elemen masyarakat.

Di hadapan puluhan peserta aksi kebersihan, Dandim menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan mencegah munculnya musibah wabah penyakit yang diakibatkan oleh berkembangbiaknya nyamuk(Demam berdarah)di musim penghujan seperti saat sekarang ini.

"Selokan/parit yang kotor dan tersumbat bisa menghambat lajunya air, sehingga bisa menyebabkan terjadinya banjir. 

Iknasius, salah satu warga Sikka yang ikut dalam Kerja Bakti di Pasar Alok (Foto: Mardat).

Di samping itu juga, secara tidak langsung akan menjadi sarang - sarang berkembangbiaknya nyamuk yang dampaknya bisa menciptakan wabah penyakit. 

Berdasarkan hal tersebutlah hari ini kita berkolaborasi dan bersinergi untuk membersihkan dan mensterilkan tumpukan-tumpukan sampah serta selokan-selokan yang ada diseputaran pasar. Mari kita bekerja dengan maksimal agar musibah banjir dan wabah penyakit dapat kita cegah sejak dini," imbau Dandim.

Sementara itu salah satu warga Sikka Iknasius kepada media mengatakan kalau dirinya bangga memiliki TNI karena hari ini TNI turun kepasar guna membesihkan sampah-sampah yang ada di dalam maupun luar pasar.

”Pasar Alok merupakan pasar terbesar di wilayah kabupaten sikka dan kita tau banyak warga yang datang untuk berjualan dan berbelanja dan banyak sampah-sampah yang berserahkan yang menumpuk yang menimbulkan bau tidak sedap dan genangan air yang dapat menimbulkan penyakit jika tidak segerah di bersihkan”ucapnya

iknasius juga berterima kasih kepada Anggota TNI yang bersedia hari ini membersihkan wilayah pasar alok,semoga kegiatan ini berkelanjutan dan harapanya agar masyarakat yang berjualan maupun yang datang berbelanja untuk tidak membuang sampah sembarangan melainkan membuang sampah pada tempatnya. (Mardat). ***

 

RELATED NEWS