Perundingan Gencatan Senjata di Gaza Kemungkinan Tak akan Dimulai Kembali dalam Beberapa Minggu ke Depan, Kata Para Diplomat

redaksi - Selasa, 12 Desember 2023 07:03
Perundingan Gencatan Senjata di Gaza Kemungkinan Tak akan Dimulai Kembali dalam Beberapa Minggu ke Depan, Kata Para DiplomatTentara Israel mengambil posisi di dekat perbatasan Gaza. Hamas telah mengatakan kepada menteri luar negeri Iran bahwa mereka memiliki kemampuan untuk melawan Israel selama beberapa tahun. (sumber: Ohad Zwigenberg/AP)

QATAR (Floresku.com) - Para diplomat pada konferensi tahunan Forum Doha di Qatar mengatakan mereka tidak memperkirakan adanya pembukaan kembali perundingan gencatan senjata di Gaza selama beberapa minggu dan mengatakan dimulainya kembali perundingan tersebut mungkin akan membuat Israel menganggap pembunuhan atau penangkapan beberapa pemimpin penting Hamas sebagai pertanda. bahwa operasi militernya telah mencapai tujuannya.

AS percaya hal ini dapat dicapai pada awal Natal, namun ada kerangka waktu yang berbeda.

Sementara itu, meskipun akan ada inisiatif diplomatik baru, termasuk perdebatan lebih lanjut dan pemungutan suara mengenai gencatan senjata di sidang umum PBB pada hari Selasa, pemerintahan Biden tidak akan memberikan tekanan lagi pada Israel untuk mengakhiri kampanyenya.

Di Eropa, Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengatakan blok tersebut akan mengusulkan agar pemerintah negara-negara anggotanya menjatuhkan sanksi terhadap pemukim ekstremis di Tepi Barat yang melakukan tindakan kekerasan terhadap warga Palestina – sebuah langkah yang juga dilakukan di London, di mana Andrew Mitchell, seorang Menteri Luar Negeri Menteri, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan larangan perjalanan bagi pemukim Tepi Barat yang melakukan kekerasan.

Faktor-faktor intervensi yang dapat melemahkan upaya Israel untuk menunda gencatan senjata termasuk meningkatnya kekerasan di luar wilayah tersebut, kemungkinan besar di Lebanon, gelombang pengungsi Palestina yang terpaksa mengungsi dan kelaparan ke Mesir, dan tekanan yang sangat besar terhadap pemerintah Israel untuk memprioritaskan pembebasan mereka. sandera yang tersisa.

Hamas telah menegaskan secara terbuka dan pribadi bahwa mereka tidak akan bersedia melanjutkan perundingan mengenai 137 sandera yang tersisa kecuali mereka ditawari gencatan senjata pada akhir proses pertukaran tahanan, sesuatu yang tidak ingin ditawarkan oleh Israel dan AS. memveto di dewan keamanan PBB Jumat lalu.

Hossein Amirabdollahian, menteri luar negeri Iran, mengklaim bahwa Hamas adalah 'gerakan pembebasan nasional'. Foto: Sputnik/Reuters

Hossein Amirabdollahian

Pemungutan suara Majelis Umum PBB mengenai gencatan senjata pada hari Selasa berdasarkan teks resolusi Dewan Keamanan yang diveto oleh AS kemungkinan akan disahkan dengan selisih yang sama dengan pemungutan suara pada akhir Oktober mengenai jeda kemanusiaan yang berkelanjutan, dengan selisih 120 suara berbanding 14 suara. 45 abstain, namun suara majelis hanya bersifat deklaratif.

Hossein Amirabdollahian, menteri luar negeri Iran, yang berbicara pada konferensi di Doha terus memperingatkan akan eskalasi lebih lanjut dan mengatakan bahwa dia telah diberitahu oleh biro politik Hamas bahwa organisasi tersebut memiliki sarana untuk melawan Israel selama beberapa tahun, dan hal ini tidak diyakini secara luas. penilaian.

Kelompok ini menyerang Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, setelah itu Israel memulai kampanye yang telah menewaskan lebih dari 18.000 orang, sebagian besar warga sipil, di Gaza, menurut otoritas kesehatan yang dikelola Hamas.

Amirabdollahian mengatakan bahwa “Hamas adalah gerakan pembebasan nasional dan kami mendukung perjuangan mereka melawan rezim Zionis” tetapi bersikeras bahwa baik Hamas maupun Hizbullah di Lebanon tidak berada di bawah kendali Teheran.

“Gerakan perlawanan di kawasan ini independen dan tidak bergantung pada kami,” ujarnya. “Hamas dan gerakan Hizbullah Lebanon memiliki kekuatan untuk memproduksi dan membeli senjata, dan keputusan mereka mengenai tindakan mereka bersifat independen dan kami tidak ikut campur dalam hal tersebut.”

Sejauh ini penilaian AS adalah Iran tidak akan melakukan intervensi langsung dan tidak terlibat dalam perencanaan serangan Hamas pada Oktober mendatang.

Mesir, yang berbatasan dengan Gaza, terus mendapat dukungan penuh dari negara-negara Teluk lainnya, termasuk penolakannya menerima pengungsi dari wilayah tersebut. Selusin duta besar PBB, yang diorganisir oleh UEA dan Mesir, melakukan perjalanan ke perbatasan untuk melihat sendiri aliran bantuan ke Gaza.

Duta Besar UEA untuk PBB, Lana Nusseibeh, menegaskan bahwa negara-negara yang berpartisipasi melakukan hal tersebut dalam “kapasitas nasional dan pribadi” mereka dan perjalanan tersebut bertujuan untuk “membantu memahami tidak hanya penderitaan dan kehancuran yang dialami oleh masyarakat Gaza, tetapi juga mereka. harapan dan kekuatan mereka”. UEA adalah satu-satunya perwakilan Arab di dewan keamanan.

Kepemimpinan Palestina menegaskan mereka tidak akan membahas bagaimana pemerintahan Gaza setelah perang pada tahap ini, dan mengatakan bahwa diskusi semacam itu bergantung pada kondisi negara tersebut pada akhir konflik.

Namun negara-negara Teluk mengatakan mereka tidak siap untuk terlibat dalam rekonstruksi Gaza kecuali AS menekan Israel agar memberikan peta rute yang jelas menuju solusi dua negara, sesuatu yang mungkin bergantung pada tersingkirnya Benjamin Netanyahu dari kekuasaan dan pemilu. dari pemerintahan baru.

Berbicara di Doha, Husam Zomlot, duta besar Palestina untuk Inggris, mengatakan: “Kita harus menyerahkan persoalan siapa yang memimpin dan siapa yang memerintah Palestina kepada rakyat Palestina,” yang secara implisit menolak seruan untuk kepemimpinan sementara Palestina di Gaza yang dipimpin oleh para teknokrat.

“Dalam sejarah kita, tidak pernah ada presiden atau pemimpin Palestina yang tidak dipilih dan dipilih oleh rakyatnya, dan tidak akan pernah ada. Hanya rakyat Palestina yang akan memutuskan hal itu,” katanya.

“Jika Anda ingin fokus pada apa pun yang harus dilakukan saat ini, kita memerlukan AS dan Inggris untuk melakukan satu hal sekarang, bukan melakukan mediasi, karena mereka tidak dapat melakukan hal tersebut mengingat adanya pemungutan suara di dewan keamanan, namun untuk mengakui hak asasi manusia. negara Palestina. Tanpa mengakui kedua negara bagian tersebut, berhentilah memberi saya basa-basi tentang kedua negara bagian tersebut.” (Sumber: www.theguardian.com). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS