Pesan Inspiratif: Iman Menjamin Kepastian dan Kedamaian

redaksi - Sabtu, 22 Juni 2024 05:39
Pesan Inspiratif: Iman Menjamin Kepastian dan KedamaianPater Gregor Nule SVD (sumber: www.katolikku.com)

Oleh: Pater Gregor Nule SVD

KITA hidup di tengah aneka perlombaan dan persaingan. Banyak orang berlomba-lomba menampilkan yang istimewa dan luar biasa sehingga dikagumi, dipuji dan disanjung-sanjung. Mereka utamakan popularitas, penampilan dan kesuksesan.

Sementara itu, banyak orang  berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti, makanan,.minuman dan pakaian.  

Seluruh perhatiannya diabdikan untuk itu. Tetapi, sering ia tidak mendapatkan apa yang ia cari dan inginkan. Segala usahanya sepertinya sia-sia. Ia gagal.

Akibatnya, ia menjadi cemas berlebihan. Ia bisa alami stres dan kekacauan bathin. Bisa juga alami gangguan jiwa yang berdampak pada kesehatan fisik yang menjadi lemah, rapuh dan mudah terserang penyakit.

Yesus mengingatkan agar usaha memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak membuat orang khawatir berlebihan. Sebab siapakah yang oleh kekhawatirannya dapat menambah usianya. Burung-burung yang tidak bekerja pun dapat makan, minun dan hidup, (Mat 6:26-27).

Karena itu, Yesus mengajak kita untuk beriman dan mengabdi hanya kepada Allah. Sebab hanya Allah yang menjamin kehidupan, kelangsungan hidup dan keselamatan manusia dan segala makhluk.

Ketika kita fokus pada Allah maka kita akan alami ketenangan, keamanan dan kedamaian. Kita pun akan berhasil mengumpulkan harta serta memenuhi kebutuhan makan, minum, pakaian dan keindahan penampilan kita. Namun, kita tidak boleh letakkan keamanan hidup pada makanan, minuman dan pakaian atau apa yang kita dapatkan.

Semoga Tuhan Yesus selalu memberkati agar kita memiliki iman yang teguh, berjuang mencari kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, serta yakin sungguh bahwa semua kekurangan kita akan disempurnakan oleh Allah, penyelenggara kehidupan.

Kewapante, 22 Juni 2024. ***

RELATED NEWS