Pesta ‘Sambut Baru’: Paskah Yahudi dan Pratik Komuni Abad Pertengahan (Bagian 2)

redaksi - Minggu, 02 Juni 2024 14:09
Pesta ‘Sambut Baru’: Paskah Yahudi dan Pratik Komuni Abad Pertengahan (Bagian 2)Perjamuan Paska Yahudi (sumber: id.images.search.yahoo.com)

Pesta Paskah Yahudi

Pesta Komuni Pertama atau ‘Sambut Baru’ yang kita rayakan sekarang berakar dari  Paskah orang Yahudi. 

Paskah adalah festival atau pesta Yahudi tertua yang terus dirayakan. Orang Yahudi makan matzos, roti pipih tidak beragi yang terbuat dari tepung dan air, selama hari raya Paskah.

Perayaan apa saja yang diadakan di Israel kuno? Bagaimana kita dapat mempelajari festival-festival ini, dan apakah festival-festival tersebut berkembang seiring berjalannya waktu?

Seperti semua bangsa kuno, bangsa Israel dan Yudea merayakan hari raya, banyak di antaranya masih dirayakan hingga saat ini.

Perayaan-perayaan ini ditentukan oleh berbagai teks hukum yang ditemukan dalam Alkitab Ibrani. Ulangan 16 menggambarkan tiga hari raya ziarah: Paskah dan Hari Raya Roti Tidak Beragi (Ul 16:1-8); Shavuot atau Hari Raya Minggu (Ul 16:9-12); dan Sukkot atau Hari Raya Pondok Daun (Ul 16:13-17).

Perayaan-perayaan ini juga dijelaskan di bagian lain Alkitab Ibrani (Kel. 12; Kel. 13; Kel. 23:14-19; Kel. 34:18-26; Im. 23; Bil. 9:1-14; Bil. 28-29). Namun, teks-teks tersebut tidak sepakat mengenai bagaimana festival tersebut dirayakan.

 Banyak sarjana percaya bahwa ada tiga kode hukum berbeda yang ditemukan dalam Alkitab Ibrani, yang berasal dari periode berbeda dalam sejarah Israel dan Yudea dan oleh karena itu mencerminkan perkembangan berbeda dalam sifat agama dan praktiknya.

Secara khusus, kitab Ulangan tampaknya berasal dari masa ketika hakikat ibadah sedang mengalami revisi radikal.

Menurut kitab Raja-Raja dan Tawarikh, sebelum Raja Yosia memusatkan ibadah di kuil Yerusalem pada abad ketujuh SM, belum ada perayaan terpadu sejak zaman Samuel (2Raj 23:22; 2Taw 35:18). 

Sebaliknya, berbagai festival dirayakan baik di tempat suci setempat atau di rumah. Kel 12:7, Kel 12:23, misalnya, mengatur untuk memulaskan darah korban Pesach pada tiang pintu “rumah tempat mereka memakannya”, yang menunjukkan bahwa perayaan ini dirayakan di rumah.

Namun bagian utama dari reformasi agama Raja Yosia adalah menyatukan semua ibadah dan pengorbanan di Bait Suci Yerusalem, berdasarkan ketentuan “kitab hukum” yang ia temukan (2Raj 22:8).

Para ahli telah lama menghubungkan “kitab hukum” ini dengan kitab Ulangan, karena sentralisasi ibadah di “tempat yang akan dipilih oleh Tuhan, Allahmu” (yaitu Yerusalem) adalah salah satu persyaratan karakteristik kitab tersebut.

Akibatnya, hari raya yang semula dirayakan baik di tempat suci setempat maupun di rumah tangga harus ditafsirkan ulang sebagai hari raya ziarah. 

Ulangan 16 membuat sejumlah keputusan penafsiran untuk mereformasi cara perayaan perayaan ini.

Kemungkinan besar ketiga hari raya ziarah pada Ulangan 16 dimulai sebagai hari raya pertanian yang dihubungkan dengan panen musiman.

Perayaan panen yang semula bersifat pastoral ini direvisi dalam Ulangan 16. Pertama-tama, ketentuan untuk merayakan perayaan ini jauh lebih singkat, dengan sedikit rincian.

Pesach dan Hari Raya Roti Tidak Beragi, yang tampaknya merupakan hari raya terpisah dalam Im 23:5-6; Bil 28:16-17, digabungkan dalam Ulangan. 

Semua perayaan tersebut adalah perayaan ziarah—tiga kali setahun, orang Israel harus melakukan perjalanan ke Bait Suci Yerusalem untuk merayakan hari raya ini.

Alih-alih menghubungkan perayaan dengan panen, perayaan tersebut dihubungkan dengan penebusan Israel dari perbudakan.

Pesach terkait dengan pengorbanan yang dilakukan bangsa Israel pada malam sebelum eksodus. Hari Raya Roti Tidak Beragi memperingati bangsa Israel yang harus memanggang roti tidak beragi saat mereka terburu-buru meninggalkan Mesir.

Kenangan akan perbudakan digunakan untuk memotivasi perayaan Hari Raya Minggu (Ul. 16:12). Dengan cara ini, Ulangan 16 mampu menafsirkan kembali tradisi-tradisi lama sesuai dengan agenda teologis baru yaitu ibadah terpusat di Bait Suci Yerusalem.

Dalam tradisi Yahudi selanjutnya, Hari Raya Minggu dihubungkan dengan pemberian Taurat di Gunung Sinai.

Dalam Kel 12:3-5, Kel 12:21, korban Pesach adalah domba; sedangkan dalam Ulangan 16:2, keduanya adalah domba dan sapi. Hal ini selaras dengan kitab Tawarikh, dimana sapi dikorbankan dalam upacara yang terpisah dari pengorbanan anak domba, sebagai “persembahan suci” (2Taw 35:7-13).

Dengan melihat penafsiran ulang perayaan-perayaan alkitabiah di berbagai teks dalam Alkitab Ibrani, kita dapat melihat bagaimana praktik keagamaan yang berbeda dipahami dan diubah seiring berjalannya waktu.

Praktik Sambut Baru zaman dulu

Secara biblis, tentu saja Pesta Sambut Baru, terkait erat dengan kelahran Sakramen Ekaristi melalui Perjamuan Akhir, yang digelar Yesus sesaat sengsara, wafat dan kebangkitanNya.

Hingga abad ketiga belas, praktik yang lazim dilakukan adalah bayi dan anak-anak menerima Komuni Pertama segera setelah pembaptisan.

Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan setetes Darah Berharga kepada bayi atau dengan imam mencelupkan ibu jarinya ke dalam piala dan kemudian memasukkan ibu jarinya ke dalam mulut bayi.

Pada Misa, anak-anak kecil sering kali diberi pecahan hosti yang tersisa setelah orang dewasa menerima Komuni.

Praktik ini di Gereja Barat pada umumnya sudah tidak ada lagi pada abad ketiga belas, dan Ekaristi hanya diberikan kepada mereka yang telah mencapai “usia kebijaksanaan” dan telah mengaku dosa.

Tentu saja terdapat perbedaan pendapat mengenai kapan anak-anak telah mencapai usia kebijaksanaan. Adat istiadat setempat bervariasi menurut usia kebijaksanaan yang ditetapkan dari usia tujuh hingga empat belas tahun.

Pada tahun 1866, Paus Pius IX mengutuk praktik penundaan penerimaan Komuni Pertama yang berlebihan namun tidak menetapkan usia universal.

Pada tahun 1910, Kongregasi Suci untuk Disiplin Sakramen menetapkan bahwa usia kebijaksanaan harus dianggap sekitar tujuh tahun. St Pius X menyetujui dan menerbitkan dekrit tersebut. (Bersambung). (Dari berbagai sumber/Tim Floresku.com). ***
 

Editor: redaksi

RELATED NEWS