Pj Bupati Sikka Pimpin Acara Pembukaan TMMD ke-121 di Lapangan Golden Niata

redaksi - Kamis, 25 Juli 2024 06:50
Pj Bupati Sikka Pimpin Acara Pembukaan TMMD ke-121 di Lapangan Golden NiataPenanda tanganan Naskah TMMD ke 121 di Lapangan Golden Nita (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Pelaksanaan pembukaan TNI Manunggal Membagun Desa(TMMD)ke-121 diawali dengan Upacara Pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Golden Nita, Kecamatan Nita, Rabu (24/7).

Penjabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera (Alvin Parera) Saat mempimpin Upacara Pembukaan TMMD ke-121 tersebut. 

Dalam amanatnya, Alvin Parera mengatakan “semua element masyarakat agar berpartisipasi aktif di dalamnya. Terutama masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan,  jangan biarkan TNI ber

jalan sendiri. Mari sama-sama saling menumbuhkan rasa saling memiliki dan menjaga hasil pekerjaan ke depannya.”

Menurut Alvin Parera TMMD dimaksukan untuk  mewujudkan percepatan kemajuan pembangunan di wilayah.  

"Isu utama yaitu percepatan penanganan kemiskinan ekstrem, program ketahanan pangan desa, percepatan penurunan angka stunting,”  kata Alvin Parera.

“Hal ini memberikan kesempatan dan peluang bagi masyarakat untuk memupuk dan mengembangkan semangat gotong royong.” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Alvin Parera, setiap pekerjaan yang akan dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan dan melengkapi sarana sosial harus didukung sepenuhnya oleh warga masyarakat. 

Alvin Parera mengataka, di sisi lain TMMD mempunyai peran yang strategis yakni dapat membangkitkan kembali nilai-nilai luhur bangsa dengan semangat kebangsaan. Dengan demikian diharapkan lahir kembali cinta tanah air dan memperat persatuan dan kesatuan bangsa

Menurut dia, pelaksanaan program TMMD dilakukan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi yang merupakan sasaran TMMD. 

Pemilihan sasaran berdasarkan skala prioritas yang sebelumnya telah diteliti untuk kemudian dipadukan dengan program Pemerintah Daerah.

"Kemudian dari perpaduan tersebut dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD," kata Alvin lagi.

Setidaknya terdapat duaa sasaran dalam TMMD tahun ini. Masing-masing, sasaran fisik dan sasaran non-fisik. 

Sasaran fisik yang nantinya akan dibangun diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha-usaha masyarakat dalam bidang perekonomian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pemerintah dalam pemerataan pembangunan sekaligus pengentasan kemiskinan.

"Sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri," jelasnya.

Selain itu, hal lain yang dapat dimunculkan dari TMMD adalah peningkatan kesadaran masyarakat yang tertib hukum, menstimulasi kreativitas dalam menciptakan ekonomi kreatif, serta memberikan kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di akhir amanatnya, Pj. Bupati berharap kepada jajaran TNI agar senantiasa menjaga hubungan baik dengan aparat Kepolisian, Pemerintah Daerah terutama Dinas terkait, Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama hingga Tokoh Adat.

"Pelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara aparat TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda maupun Dinas/Instansi terkait, Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat semakin tangguh," pungkasnya.

Selesai memberikan amanat Pj Bupati Sikka dan Dandim 1603/Sikka melakukan penanda tanganan Naskah TMMD ke 121 dan pemukulan gong, pertanda TMMD siap dimulai

Selepas upacara, bersama Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P, Pj. Bupati Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si bersama rombongan menyerahkan bingkisan kepada warga yang kurang mampu.

Selain itu diadakan pula kgatan pengobatan gratis dan bazar murah. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS