Presiden Tunjuk Menteri PUPR, Basuki Hadimujono Jadi Plt Kepala OIKN

redaksi - Selasa, 04 Juni 2024 19:47
Presiden Tunjuk Menteri PUPR, Basuki Hadimujono Jadi Plt Kepala OIKNMenteri Sekretaris Negara Pratikno (tengah) memberi keterangan mengenai pengunduran diri pimpinan OIKN, Bambang Susantono dan Donny Rahajoe. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menunjuk Menteri PUPR sebagai Plt Kepala OIKN. (sumber: Setpres)

JAKARTA (Floresku.com) - Presiden Joko Widodo  (Jokowi) menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN). Sementara, Plt Wakil Kepala OIKN sementara dijabat Wakil Menteri ATR, Raja Julie Antoni.

Penunjukan ini berdasarkan pengunduran diri dari Bambang Susantono dan juga Donny Rahajoe yang sudah disampaikan ke Presiden Jokowi. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, tidak ada alasan yang disebutkan dalam surat pengunduran diri keduanya.

"Telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Kemudian juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," kata Mensesneg dalam keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6).

Dalam Keppres pemberhentian tersebut juga disertai ucapan terima kasih presiden atas pengabdian keduanya. Menurut Mensesneg, dalam Keppres yang sama, Presiden juga mengangkat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wamen ATR sebagai Wakilnya.

"Jadi, Bapak Presiden berharap beliau-beliau dipanggil agar dalam status sebagai Plt ini segera untuk menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya. Tentu dengan visi semula, yaitu tetap konsisten pada rencana Nusa Rimba Raya," kata Pratikno, mengungkapkan.

Pengunduran diri Bambang Susantono maupun Donny Rahajoe cukup menyita perhatian masyarakat. Terlebih, proses pembangunan IKN masih terus berjalan dan menjelang perpindahan pemerintahan. (SP). ***

RELATED NEWS