Prodi Keperawatan Unika St Paulus Ruteng Gelar Seminar Keperawatan Gawat Darurat

redaksi - Sabtu, 27 Mei 2023 08:16
Prodi Keperawatan Unika  St Paulus Ruteng Gelar Seminar Keperawatan Gawat DaruratSeminar Prodi Keperawatan Unika St Paulus Ruteng, Jumat (26/5). (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Program Studi Sarjana Keperawatan Unika Santu Paulus Ruteng kembali mengadakan seminar Keperawatan Gawat Darurat bertema ‘Initial Assessment,’ pada Jumat 26 Mei 2023.

Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring ini secara resmi dibuka oleh Ketua Prodi Sarjana Keperawatan Unika Santu Paulus Ruteng, Ns. Oliva Suyen Ningsih, M.Kep.

Selaku Ketua Prodi, Ns. Yen (sapaan akrabnya) mengungkapkan bahwa kegiatan seminar merupakan kegiatan rutin Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Unika St Paulus Ruteng dengan mempertimbangkan kebutuhan sumber daya perawat sebagai bekal dalam setiap pelayanan.

Pemateri dalam Seminar Keperawatan Gawat Darurat ini adalah Ns. Suryanto, S.Kep., M.Nurs.,PhD dan Ns. Asti Puspita Rini, S.Kep.

Masing-masing pemateri memaparkan materi yang berbeda. Ns. Suryanto mengangkat sub tema "Penatalaksanaan Pasien Pendarahan Prehospital". Sementara itu, Ns. Asti mengangkat sub tema "Update Praktik Pelayanan Pasien Trauma".

Ns. Suryanto,  menjelaskan bahwa fungsi layanan prehospital adalah memberikan layanan gawat darurat kepada korban. 

“Layanan transportasi pasien di prehospital. Koordinasi di lokasi kejadian dan respon dari rumah sakit. Pemberian edukasi ke masyarakat untuk pencegahan,” ujarnya.

Kegiatan seminar ini  menggunakan Sistem Kredit Profesi (SKP) langsung pusat. Oleh karena itu, untuk semua peserta akan mendapatkan Sertifikat ber-SKP.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah kurang lebih tiga ratus orang. Mereka adalah mahasiswa dari Prodi Sarjana Keperawatantan dan Prodi lainnya di  Fakultas Ilmu Kesehatan, Unika Santu Paulus Ruteng. (Jivansi). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS