Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika St. Paulus, Ruteng Gelar Seminar Nasional Secara Daring

redaksi - Senin, 25 Oktober 2021 09:08
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika St. Paulus, Ruteng Gelar Seminar Nasional Secara DaringKampus Unika St. Paulus Ruteng, Flores (sumber: Jivansi)

RUTENG  (Floreskku.com) - Program studi  (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Indonesia (Unika) St. Paulus Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur menggelar seminar nasional secara daring di Ruteng pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Adapun kegiatan seminar ini dilaksanakan dalam rangka memaknai bulan Bahasa Nasional.

Kegiatan Seminar yang melibatkan Universitas Pendidikan Ganesha Bali  mengambil tema: "Enhancing The Students' Language Skills Through E-Platform Learning Within Covid-19 Situation".

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika St, Paulus Stanislaus Guna, M.Pd melalui sekretaris PBI Ely Heldyana Selamat, M.Pd menuturkan, bahwa kehadiran dan kebutuhan akan teknologi merupakan sebuah permintaan yang sedang trend di era 4.0.

Baca juga: SENDAL SERIBU, Senin, 25 Oktober 2021: “Dikasihi oleh Allah dan Bersukacitalah”

Semua orang, kata Ely, membutuhkan peran teknologi dalam kehidupan sehari-harinya, baik tentang pembagian dan pencarian informasi, pekerjaan, negosiasi dan bahkan penjualan produk-pruoduk.

"Harapannya tentu kita akan bersatu sehingga ujungnya adalah Indonesia menjadi tangguh,"ucap Ely Heldyana Selamat, M.Pd,

Lebih lanjut, Ely Heldyana menjelaskan, di era pandemi Covid-19, teknologi turut berperan dalam dunia pendidikan baik di Indonesia maupun secara global, dimana semua pelajar mulai dari tingkat TK hingga tingkat universitas harus belajar dari rumah atau work from home (WFH). Oleh karena itu, selain untuk memaknai Bulan Bahasa Nasional, pengangkatan tema dalam seminar ini merupakan salah satu bentuk kampanye tentang literasi digital.

Baca juga: Seri Kuliah Umum ‘Teori Keadilan’ STFK Ledalero Diapresiasi Positif oleh Peserta

"Hal ini tentu membuat semua pelajar harus merasa terbiasa berhadapan dengan gadget walaupun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda," cetus Ely.

Melihat suksesnya kegiatan ini Ketua Panitia Maria Olga Jelimun, M.Pd, mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Yayasan St. Paulus Ruteng, Unika St. Paulus Ruteng, Dekan FKIP St. Paulus Ruteng, Ketua Prodi Bahasa Inggris, Dosen-dosen Prodi Bahasa Inggris dan semua panitia yang telah mendukung pelaksanaan seminar nasional kali ini.

"Untuk tahun 2021, kami mengambil tema, meningkatkan kemampuan berbahasa bagi mahasiswa melalui pembelajaran e-platfirm di tengah situasi pandemi Covid-19", ungkap, Maria Olga Jelimun pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Baca juga: SLOKIMUARA, Senin 25 Oktober 2021: 'Monday Move.. Tetap Kuat, Tetap Semangat.. Awali Hari Baru.. Sloki Awal Pekan'

Ia berharap, kegiatan seminar ini dapat memberikan manfaat baik terhadap peserta maupun terhadap perkembangan dan kemajuan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika St. Paulus Ruteng.

Turut hadir dalam seminar nasional secara daring tersebut adalah guru besar dari Universitas Pendidikan Ganesha Bali, Prof. Dra, Luh Putu Artini, M.A, Ph.D dan Dr. Hieronimus Canggong Darung, S.S.M.Pd Dosen  Prodi Bahasa Inggris Unika St. Paulus Ruteng 400 mahasiswa Unika St. Paulus, para dosen dan guru serta  80 orang peserta mahasiswa Undikhsa Bali. (Jivansi). ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS