Prodi Peternakan Unika St Paulus Ruteng Lakukan Studi Lapangan di SMKN 1 Wae Ri'i

redaksi - Senin, 14 Februari 2022 17:07
Prodi Peternakan Unika St Paulus Ruteng Lakukan Studi Lapangan di SMKN 1 Wae Ri'iProdi Peternakan Unika Santu Paulus Ruteng Lakukan Studi Lapangan di SMKN 1 Wae Ri'i (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Wae Rii yang berlokasi di Desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai kembali didatangi oleh sejumlah mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Peternakan Unika Santu Paulus Ruteng, pada Sabtu 12 Februari 2022.

Informasi yang diterima media ini menyebutkan, kedatangan para mahasiswa tersebut rupanya untuk melakukan studi lapangan dan juga berkolaborasi dengan program Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) dari lembaga pendidikan SMKN 1 Wae Rii.

Fredysistus S. Benar selaku Ketua Program ATR SMKN 1 Wae Ri’i menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa yang sudah mengunjungi sekolah tersebut. 

Ia pun berharap agar kerja sama yang ada bisa tetap terjalin pada masa depannya.

“Atas nama Ketua Program ATR SMKN 1 Wae Ri'i, saya menyampaikan selamat datang di lembaga pendidikan menengah ini. Kami sangat bangga karena SMKN 1 Wae Ri’i telah dipilih sebagai tempat untuk melakukan studi lapangan. Kami berharap agar kedepannya kerjasama ini selalu terjalin dan mohon maaf atas kekurangan yang mungkin ditemukan selama kegiatan praktek lapangan berlangsung,” tegasnya.

Lebih lanjut, Fredysistus menyampaikan ajakannya agar para mahasiswa Prodi peternakan Unika St. Paulus Ruteng bisa belajar dan berkolaborasi dengan baik dalam praktiknya.

"Saya mengajak adik-adik sekalian agar ilmu yang sudah diterima di bangku kuliah bisa diterapkan dalam praktek lapangan sekarang. Hal ini tentunya akan menjadi motivasi besar bagi peserta didik SMKN 1 Wae Ri’i, khusus untuk siswa kelas 12 dalam melanjutkan studi di Unika nantinya," cetus Fredysistus.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Maria Tarsisia Luju selaku Ketua Prodi Peternakan Unika St. Paulus Ruteng menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah SMKN 1 Wae ri'i yang sudah menerima dan menyambut kedatangannya bersama para mahasiswa di lingkungan sekolah tersebut.

“Saya ucapakan limpah terima kasih kepada Bapak Kepsek, Bapak Kepro ATR, Bapak ibu- guru program ATR dan seluruh siswa SMKN 1 Wae Ri’i yang sudah menerima kehadiran kami di sini. Tentu, Ini merupakan kesempatan pertama dan sangat istimewa bagi kami, khusus dalam rangka praktikum lapangan tentang pembuatan pakan ternak," ungkapnya.

Maria Tarsisia Luju juga mengatakan bahwa para mahasiswa yang hadir merupakan mahasiswa semester dua angkatan pertama. Bagi mereka ini adalah kesempatan ini tentunya sangat istimewa, apalagi mereka disambut dan diberikan kesempatan untuk terlibat dalam beberapa kegiatan.

'Ini adalah kesempatan bagi  mahasiswa Prodi Peternakan untuk melakukan studi lapangan. Atas semuanya itu, kami mengucapkan terima kasih,” tandas Maria Tarsisia Luju.

Untuk diketahui, sebelum kegiatan studi lapangan, para mahasiswa dan dosen serta para guru SMKN 1 Wae Ri'i dibekali dengan materi tentang langkah-langkah dan juga bahan pembuatan pakan ternak (SILASE) serta kandungan nutrisi pada pakan ternak ruminansia (khusus ransung babi) yang dibawakan oleh dua nara sumber, yaitu Jimin Efranto, S.Pt. dan Miki Emirson, S.ST.Gr. (Jivansi). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS