Proyek AMB di Desa Nanga Labang, Matim Mubazir, Pipa Meteran Rusak

redaksi - Senin, 01 Agustus 2022 20:56
Proyek AMB di Desa Nanga Labang, Matim Mubazir, Pipa Meteran RusakKondisi meteran pipa air minum bersih di Desa Nanga Labang yang rusak. (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG  (Floresku.com)-Proyek Air Minum Bersih (AMB) milik Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mubazir sejak 2017 hingga saat ini. Tidak hanya mubazir, pipa meteran pun rusak. 

Proyek AMB tersebut terletak di Cungarok, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong. Sejak saat itu warga Cungarok mengalami krisis air minum bersih hingga saat ini.

Salah seorang warga setempa, (MS) mengatakan AMB mengalir hanya 1 Minggu pada tahun 2017 lalu, sampai saat ini airnya tidak pernah mengalir sampai ke Cungarok. 
"Sampai sekarang, hanya 1 Minggu saja tu hari," ungkapnya. Jumat, 22 Juli 2022.

Lebih lanjut dia, untuk keperluan minum, warga di sini menimba air di kali Wae Laku. Namun, terkadang airnya tidak bersih karena pembuangan dari sawah. 

Untuk mengatasi hal itu, warga juga membeli air minum bersih yang dijual di mobil pick up, meski hanya dikonsumsi selama 1 Minggu.

"Dua hari lalu kami pesan air dari Kembur, beli tiga jerigen 20 liter 10 ribu," ungkapnya lagi.

Menurut dia, untuk masak nasi, masak sayur, mandi, dan cucian menggunakan air kali. Kemudian, pada saat musim hujan, warga menimba air hujan dan tidak bisa lagi menimba air kali karena banjir. 

Ia pun berharap agar air minum bersih tersebut bisa dialiri kembali sebagaimana pada tahun 2017 lalu.

Kepala Bidang Cipta Karya, Ivan Bula berjanji akan memperbaiki kerusakannya pada bulan Agustus ini. Namun dicek terlebih dahulu pada titik mana fasilitas yang perlu diperbaik. 

Padahal Ivan juga tidak tahu bahwa proyek AMB di Cungarok sejak lama tidak berfungsi.

"Saya juga kemarin, permisi, baru tahu ketika adik-adik (jurnalis) ni ke kantor. Sebelumnya kami tidak tahu," ungkapnya di Cungarok usai mengecek kerusakan meteran. Kamis, (28/07). (Filmon Hasrin).

RELATED NEWS