Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Berada di Kisaran 4,1- 5,1 Persen

MAR - Selasa, 20 April 2021 18:40
Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Berada di Kisaran 4,1- 5,1 Persen Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (sumber: null)

 JAKARTA (Floresku.com) - Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 menjadi kisaran 4,1%-5,1%. Proyeksi tersebut lebih rendah dari perkiraan BI sebelumnya pada kisaran 4,3%-5,3%.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, perbaikan konsumsi swasta sebagaimana tercermin pada indikator ekspektasi konsumen dan penjualan eceran sampai dengan bulan Maret 2021 cenderung terbatas.

Hal ini sejalan dengan masih terbatasnya mobilitas masyarakat di tengah upaya pemerintah yang terus melakukan akselerasi program vaksinasi Covid-19 secara nasional. Dengan perkembangan tersebut, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari BI menjadi 4,1%-5,1%.

Di triwulan I dan II ini meskipun dilakukan vaksinasi, tetapi masih ada pembatasan mobilitas manusia. Itu yang menyebabkan tingkat pertumbuhan konsumsi swasta tidak setinggi yang diperkirakan, sehingga proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021 diturunkan,” kata Perry Warjiyo dalam pemaparan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara virtual, Selasa (20/4/2021).

Namun Perry meyakini, ke depan perbaikan ekonomi domestik diperkirakan akan semakin membaik didukung oleh perbaikan kinerja ekspor, berlanjutnya stimulus fiskal, dan perbaikan investasi sebagaimana tercermin pada Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur yang terus meningkat.

"Implementasi vaksinasi dan disiplin dalam penerapan protokol Covid-19 juga tetap diperlukan untuk mendukung percepatan perbaikan permintaan domestik," kata Perry.(*)

RELATED NEWS