Ratusan Pelajar SMP 11 Ruteng Terima Vaksin Tahap 1, Ini Harapan Kasek Silvister

redaksi - Jumat, 21 Januari 2022 22:33
Ratusan Pelajar SMP 11 Ruteng Terima Vaksin Tahap 1, Ini Harapan Kasek SilvisterSilvister Garus selaku Kepala Sekolah SMP 11 Ruteng memantau pelaksanaan vaksinasi untuk para siswanya. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) 11 Ruteng yang berlokasi di Kakor, Kecamatan Ruteng terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan vaksinasi tahap 1 jenis sinovac yang digelar di lingkungan sekolah tersebut, pada Jumat 21 Januari 2022.

Adapun kegiatan ini digelar berkat kerjasama antara pihak sekolah dengan para petugas kesehatan dari Puskesmas Wae Mbeleng.

 Kepada media ini Kepala Sekolah SMP 11 Ruteng Silvister Garus  menjelaskan bahwa  kegiatan vaksinasi tersebut merupakan kegiatan pertama yang digelar di lingkungan sekolah tersebut dengan melibatkan siswa SMP 11 Ruteng sebagai sasaran vaksinnya.

"Kalau kegiatan vaksinya, ini baru pertama kali. Semua siswa SMP yang berjumlah 433 orang kita dorong agar mengikuti kegiatan vaksinasi ini. Hanya saja mereka tetap harus diperiksa terlebih dahulu oleh para petugas kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dan memang antusias para siswa cukup tinggi sekali. Mereka mulai berdatangan sejak pagi tadi," ungkapnya.

Pelaksanaan vaksinasi untuk para siswa SMP 11 Ruteng, jumat, 21 Januari 2022 (Foto;; Jivansi)

Untuk kegiatan lainnya yang melibatkan Puskesmas Wae Mbeleng, lanjut Kasek Silvister, sudah sering dilakukan di sekolah tersebut, seperti penjaringan kesehatan untuk siswa kelas 7 dalam hal pemeriksaan gigi dan telinga serta pemberian tablet tambah darah untuk siswi di sekolah tersebut.

"Jadi untuk kerjasama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Wase Mbeleng itu sudah dilakukan sejak lama. Mereka sering datang ke sekolah untuk penjaringan kesehatan para siswa," ungkap Kasek Sivister.

Lebih lanjut Kasek Silvister mengatakan, untuk menghindari adanya kerumunan dan juga memperlancar jalannya vaksinasi, pihak sekolah memutuskan untuk membagi kegiatan vaksinasi ini dalam tiga sesi, yaitu untuk sesi yang pertama diikuti oleh kelas 7, dan sesi kedua diikuti oleh siswa kelas 8 serta sesi yang ketiganya untuk siswa kelas 9.

"Kebijakan ini diambil untuk menghindari adanya kerumunan dan juga mempermudah serta memperlancar jalannya vaksinasi," cetus Kasek Silvister.

Lebih lanjut, Kasek Silvister menyampaikan terima kasih kepada para petugas kesehatan daei Puskesmas Wae Mbeleng yang sudah hadir untuk memberikan vaksin tahap pertama bagi para siswa di sekolah tersebut. Ia pun berharap agar kerjasama yang ada bisa terus berjalan.

"Tentu kita berterima kasih kepada para petugas kesehatan dari Puskesmas Wae Mbeleng yang sudah hadir untuk memberikan vaksinasi bagi para siswa di sini.

Dan kita tentu berharap agar kerjasama yang terjalin ini bisa terus berjalan kedepannya. tentunya kami dengan senang hati serta siap memfasilitasi kegiatan yang ada karena mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara penuh kedepannya sebagaimaba dicanangkan oleh dinas," tutupnya.

Sementara itu, Lian Kasmas selaku dokter umum Puskesmas Wae Mbeleng kepada Floresku.com menjelaskan, sasaran dari vaksin dosis pertama yang digelar di SMP 11 Ruteng adalah para siswa yang berusia 12 sampai 18 tahun.

"Sebelum disuntik, sesuai aturan vaksinasi yang berlaku kita lakukan skrining terlebih dulu, seperti: mengukur tekanan darah (tensi), mengukur suhu, dan juga wawancara mengenai keadaan sasaran saat ini, baik itu riwayat alergi maupun juga riwayat penyakit yang mungkin pernah diderita. Dan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan ada 415 orang siswa SMP yang berhasil divaksin," ungkapnya.

Pantauan jurnalis media ini di lokasi, terlihat seluruh proses vaksinasi dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Jivansi).

RELATED NEWS