Renungan Harian Katolik, Jumat, 04 November 2022: Sukses Duniawi atau Surgawi?

redaksi - Jumat, 04 November 2022 10:54
Renungan Harian Katolik,  Jumat, 04 November 2022: Sukses Duniawi atau Surgawi?Ilustrasi: Pelayan yang tidak jujur (sumber: Eugene Peterson)

Jumat, 4 November 2022 adalah hari peringatan wajib Santo Charles Borromeo, Uskup

“Karena anak-anak dunia ini lebih bijaksana dalam berurusan dengan generasi mereka sendiri daripada anak-anak terang.” Lukas 16:8b

Baris ini muncul di akhir perumpamaan tentang Pejabat yang Tidak Jujur. Yesus menceritakan perumpamaan ini sebagai cara untuk menyoroti fakta bahwa “anak-anak dunia” memang berhasil memanipulasi hal-hal duniawi, sedangkan “anak-anak terang” tidak lihai dalam hal-hal duniawi. jadi ini bercerita apa pada kita?

Ini tentu tidak memberitahu kita bahwa kita harus memasuki kehidupan duniawi yang berjuang untuk hidup dengan standar duniawi dan bekerja menuju tujuan duniawi.

Kenyataannya, dengan mengakui fakta tentang dunia ini, Yesus menyajikan kepada kita kontras yang kuat tentang bagaimana kita harus berpikir dan bertindak. Kita dipanggil untuk menjadi anak-anak terang.

Oleh karena itu, kita tidak perlu heran sama sekali jika kita tidak sesukses dalam hal duniawi seperti orang lain yang tenggelam dalam budaya sekuler.

Ini terutama benar ketika kita melihat banyak "keberhasilan" dari mereka yang sepenuhnya tenggelam dalam dunia dan nilai-nilai dunia.

Ada yang berhasil memperoleh kekayaan, kekuasaan, atau prestise yang besar dengan menjadi cerdik dalam hal-hal zaman ini. Kami melihat ini dalam budaya pop khususnya.

Ambil contoh, industri hiburan. Ada banyak orang yang cukup sukses dan populer di mata dunia dan kita cenderung iri pada mereka.

Bandingkan dengan mereka yang dipenuhi dengan kebajikan, kerendahan hati dan kebaikan. Kita sering menemukan bahwa mereka tidak diperhatikan.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Kita harus menggunakan perumpamaan ini untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa semua yang penting, pada akhirnya, adalah apa yang Tuhan pikirkan.

Bagaimana Tuhan melihat kita dan usaha yang kita berikan dalam menjalani hidup yang kudus? Sebagai anak-anak terang, kita harus bekerja hanya untuk apa yang kekal, bukan untuk apa yang duniawi dan berlalu.

Tuhan akan menyediakan kebutuhan duniawi kita jika kita menaruh kepercayaan kita kepada-Nya.

Kita mungkin tidak menjadi sukses besar sesuai dengan standar duniawi, tetapi kita akan memperoleh kebesaran dalam hal semua yang benar-benar penting dan semua yang abadi.

Renungkan, hari ini, pada prioritas Anda dalam hidup. Apakah Anda berfokus untuk membangun kekayaan yang kekal?

Atau apakah Anda terus-menerus menemukan diri Anda terjebak dalam manipulasi dan kelihaian yang hanya memiliki tujuan kesuksesan duniawi? Berusahalah untuk apa yang abadi dan Anda akan bersyukur selamanya.

Tuhanku yang kekal, tolong aku untuk tetap menatap Surga.

Bantulah aku menjadi orang yang bijaksana dalam jalan rahmat, rahmat dan kebaikan. Ketika saya tergoda untuk hidup hanya untuk dunia ini, bantu saya untuk melihat apa yang benar-benar bernilai dan tetap fokus pada hal itu saja. Yesus, aku percaya pada-Mu. *** (Sumber: www.katolikku.com)

RELATED NEWS