Ribuan Peziarah Ikuti Tradisi Cium Tuan Ma dan Tuan Ana di Larantuka

redaksi - Jumat, 07 April 2023 10:52
Ribuan Peziarah Ikuti Tradisi Cium Tuan Ma dan Tuan Ana di LarantukaRibuan peziarah memadati halaman Katedral Larantuka pada malam Kamis Putih, 06 April 2023. (sumber: Mardat)

LARANTUKA (Floresku.com)- Ribuan peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia memadati dan rela mengantri berjam-jam di depan Kapela Tuan Ma (Bunda Maria) dan Tuan Ana (Tuhan Yesus), Kamis, 06 April 2023, malam.

Pantauan media Floresku.com ribuan umat Kabupaten Flores Timur dan para peziarah dari luar daerah rela berbaris dalam antrian panjang dan menunggu berjam- jam demi untuk mengikuti ritual cium Tuan Ma dan Tua Ana.

Dua kapela (Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana) mulai dibuka sejak pukul 12:00 Wita hingga pukul 18:00 Wita. Kemudian,  para peziarah dialihkan untuk kegereja Katedral Larantuka guna mengikuti misa Kamis Putih dan selanjutnya kedua kapela tersebut dibuka kembali pada pukul 21:00 Wita.

Kapolres Larantuka memanta langsung situasu dalam pelaksanaan ritual cium Tuan Ma dan Tuan ana di Larantuka. (Foto: Mardat).

Diketahui ritual mencium Tuan Ana dan Tuan Ma (Bunda Maria) merupakan salah satu rangkaian menuju Prosesi Jumat Agung.

Elisabeth seorang peziarah asal Bandung yang ditemui media floresku.com di lokasi Kapela Tuan Ma, Kamis (6/4) menyebutkan, sejak sore dirinya datang lalu berbaris dalam antrian panjang menunggu giliran mengikuti ritual cium Tuan Ama dan Tuan Ana. 

Panjangnya antrian membuat dirinya beserta orang tuanya memilih kembali ke penginapan dan datang kembali setelah misa Kamis Putih selesai, untuk mengikuti ritual ini.

"Sempat sore tadi ke kapela Tuan Ma akan tetapi begitu melihat antrean yang begitu panjang saya dan kedua orang tua memilih kembali ke penginapan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti misa Kamis Putih. Malam ini saya bersama kedua orang tua kembali lagi ke sini untuk mengikuti ritual cium Tuan Ma dan Tuan Ana", ucapnya.

Pantauan media Kapolres Flores Timur AKBP I Ngurah Joni .M,SH, SIK, MH didampinggi istri sempat memantau langsung ritual cium Tuan Ma di Kapela Tuan Ma (Bunda Maria).

Kapolres meminta anggota agar memberikan pelayanan yang persuatif, baik keamanan juga ketertiban, demikian juga pengaturan lalulintas. 

“Berikan kenyaman untuk para Peziarah dengan kenyamanan para peziarah menjalankan ritual keagamaan dengan tenang dan damai,” ujarnya. (Mardat).

RELATED NEWS