Ribuan Peziarah Mengikuti Ibadat Jalan Salib di Taman Doa Pieta, Larantuka

redaksi - Sabtu, 08 April 2023 09:45
Ribuan Peziarah Mengikuti Ibadat Jalan Salib di Taman Doa Pieta, LarantukaIbadat Jalan Salib di Taman Doa Pieta, Larantuka, Jumat, 7 April 2023. (sumber: Mardat)

LARANTUKA (Floresku.com) - Ribuan peziarah memadati Taman Doa Pieta guna mengikuti ibadat ‘Jalan Salib’ atau Jalan Penderitaan dimana Tuhan  Yesus disesah, diadili secara tak adil, memikul salib hingga ke puncak Golota dan akhirnya wafat tergantung di kayu salib.

Ibadat Jalan Salib yang berlangsung pada Jumat, 07 April 2023, pagi merupakan ibadah pertama yang dilakukan dalam rangkaian Jumat Agung Semana Santa.  

" Demi Kita Yesus rela berkorban dirinya disalibkan, Untuk mengenang salib dan wafatnya dan memaknai nilai-nilai cinta kasih dan toleransi dalam hidup kita, Dengan berpuasa dan mengikuti jalan salib bisa merasakan bagaimana sengsara Yasus di Kayu Salib, Kegiatan pada hari ini akan saya ikuti hingga selsai karena kapan lagi kita merasakan sengsara yesus kalau bukan hari ini," kata Karenina,  seorang ziarah Karenina asal Kota Kupang.

Usai Jalan Salib di Taman Doa Pieta Larantuka, peziarah mengikuti Prosesi Laut Tuan Meninu.

Prosesi laut Tuan Meninu dimulai dari kapela ke Pante Kuce-Pohon Sirih. Lalu dilanjutkan prosesi menghantar Salib dari Kapela ke Armida-Pohon Sirih, prosesi menghantar salib Mesiah Anak Allah dari Tori ke Armida-Balela, prosesi menghantar Patung Tuan Ma dan Tuan Ana.

Selanjutnya dari kapela ke gereja Katedral Larantuka. 

Kemudian dilanutkan dengan acara prosesi menghantar Tuan Missericordiae dari kapela Pantai Besar ke Armida-Pohon Sirih, dan prosesi menghantar Tuan Trewa dari Tori ke Armida.

Berikutnya ada upacara Lamentasi Jumat Agung pada pukul 18.00 Wita dan prosesi Jumat Agung mengelilingi Kota Larantuka dimulai pukul 19.00 Wita. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS