Ricardo Kaká, Neymar da Silva Santos Júnior dan Ronaldo Nazario Dikecam karena Tak Hadir di Pemakaman Pelé

redaksi - Kamis, 05 Januari 2023 11:14
Ricardo Kaká, Neymar da Silva Santos Júnior dan Ronaldo Nazario Dikecam karena Tak Hadir di Pemakaman PeléRatusa ribu warga Brasil memandai jalan yang dilalui peti mati Pele menjelang Upacara Pemakamannya, Selasa (3/1). (sumber: ABC News)

SAO PAOLO (Floresku.com) - Beberapa  bintang sepak bola Brasil yang ikut memenangkan Piala Dunia sebelumnya melakukan perjalanan untuk memberi penghormatan kepada legenda sepak bola. Namun, beberapa pesepakbola terkenal Brasil lainnya menghadapi reaksi keras dan dikecam karean tak hadir dalam upacara pemakaman Pele.

Para penggemar dan pakar sepak bola mempertanyakan mengapa mereka gagal menghadiri upacara perpisahan dengan Pelé.

Ratusan ribu orang menunggu berjam-jam di bawah terik matahari pada hari Senin (2/1) untuk memeberi perhormatan dan salam perpisahan dengan  peti mati legenda sepak bola yang baru saja meninggal di tanah Vila Belmiro Santos.

Tetapi hanya segelintir pesepakbola pemabawa Piala Dunia Brasil yang ikut melakukan perjalanan 50 mil ke pantai dari São Paulo untuk memberi penghormatan. 

Beberapa bintang sepakbola Brasi yang populer seperti Ricardo Kaká, Neymar da Silva Santos Júnior dan Ronaldo Nazario adalah beberapa nama yang dikecam karena tidak bisa meluangkan waktu untuk memberikan penghormatan kepada Pele.

“Pele adalah warga dunia, pada level yang sama dengan Nelson Mandela atau Mahatma Gandhi, tetapi orang Brasil tidak tahu bagaimana mengenalinya,” kata José Ferreira Neto, yang pernah menjadi mantan gelandang Brasil dan sekarang menjadi salah satu TV Brasil yang paling vokal. presenter.

“Jika mereka adalah pembawa Piala Dunia ke Brasil dan tidak datang untuk melihat Pelé, apa yang bisa saya katakan kepada mereka? Paling tidak itu menunjukkan bahwa mereka kurang memiliki rasa hormat.”

Neto, yang bermain untuk musuh bebuyutan Santos, Corinthians, tampil lebih awal pada Selasa (3/1) pagi saat bangun 24 jam dan didahului oleh sejumlah pejabat, termasuk presiden FIFA Gianni Infantino; Alejandro Domínguez, kepala Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan CONMEBOL; dan gubernur São Paulo Tarcísio de Freitas.

Presiden terplilh Brasil, Lula hadid dalam Upacara Pemakaman Pele (sumber: The Guardian.)

Presiden Brasil pun hadir

Luiz Inácio Lula da Silva juga terbang dari Brasilia kurang dari 48 jam setelah dilantik untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden.

Berbicara kepada saluran televisi resmi Santos, Lula mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas kematian seorang olahragawan yang disebutnya sebagai model "karakter baik, rendah hati dan bermartabat".

Dia menambahkan: “Pelé sangat spesial. Anda tidak dapat membandingkannya dengan siapa pun karena tidak ada yang sebanding dalam hal menjadi pemain sepak bola atau manusia. Dia adalah pemain yang, sejak usia sangat muda, menikmati eksposur yang luar biasa… tetapi tidak pernah angkuh. Dia selalu menjadi warga negara yang rendah hati yang memperlakukan orang lain dengan setara.

“Dia tidak pernah membiarkan dirinya terbawa oleh kecemerlangan atau kemuliaannya. Bahkan di saat-saat paling gemilangnya, seperti saat dia bertemu dengan ratu Inggris, dia bertindak seperti saat bertemu orang normal di jalan.”

Sebuah pesan tentang penghormatan bunga yang dikirim oleh Lula dan ibu negara, Rosângela Lula da Silva, menghormati "orang Brasil yang hebat, raja Pelé kita".

Rekan Setim Pele

Banyak rekan tim Pelé di tim-tim Santos yang menaklukkan timnas negara lain di tahun 1960-an telah meninggal dan yang lainnya berusia 80-an dan dalam kesehatan yang buruk.

Namun, beberapa pemain yang bermain bersamanya ada di sana, termasuk Clodoaldo Tavares de Santana, yang menjadi satu-satunya tim legendaris Brasil 1970 yang tampil. Tostão (Eduardo Gonçalves de Andrade), Jairzinho (Jair Ventura Filho), Roberto Rivellino, Gérson de Oliveira Nunes dan Wilson Piazza semuanya mencolok dengan ketidakhadiran mereka.

Tak satu pun dari mereka yang bermain di tim Brasil yang memenangkan gelar Piala Dunia kelima dan terakhir pada tahun 2002 hadir dan hanya satu dari tim pemenang tahun 1994 yang muncul, Mauro Silva, yang sekarang menjadi wakil presiden federasi sepak bola São Paulo.

Ketakhadiran Kaka,  paling kontroversial 

Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun 2007 itu mengatakan pada bulan Desember bahwa orang Brasil tidak menunjukkan rasa hormat yang cukup untuk pahlawan nasional mereka, mengutip kritik reguler terhadap Neymar dan Ronaldo.

Namun Kaká sendiri tidak muncul di Santos, sehingga ketidakhadirannya dicatat oleh para penggemar dan pengamat sepak bola Brasi.

“Di mana Kaká, siapa bilang orang Brasil tidak mengenali pahlawan mereka?” tulis Walter Casagrande Júnior, seorang kolumnis Brasil yang blak-blakan. 

"Nah, Kaká, setelah apa yang kita lihat di belakang Pelé, jelas bahwa kamu tidak mengenali pahlawan utama."

Neymar, yang naik pangkat di Santos sebelum berangkat ke Barcelona dan menjadi pesepakbola termahal di dunia pada 2017, adalah pemain lain yang tidak muncul,  tetapi ayahnya mengatakan putranya telah memintanya untuk mewakilinya.

Casagrande mengisyaratkan bahwa Kaká dan pesepakbola jutawan lainnya terbiasa dibayar untuk penampilan publik. 

Dia juga menyarankan agar pemenang Piala Dunia Brasil tidak pergi karena Pelé, yang terkadang bekerja sebagai analis TV, telah mengkritik beberapa penampilan mereka di masa lalu.

Apa pun alasannya, kurangnya kekuatan bintang mengejutkan. Seorang pengamat mencatat bahwa David Beckham mengantri berjam-jam untuk melihat sang ratu (Inggris,red) sementara para pemain Brasil tidak memanfaatkan akses khusus melalui momen bersejarah Santos untuk melihat pria yang dikenal secara universal sebagai 'Raja Sepak Bola'.

Perilaku para bintang sepabak bola itu sangat kontras mengingat banyaknya dukungan warga Brasil yang ditunjukkan kepada bintang lokal.

Peti mati Pelé dibawa melalui Santos pada Selasa (3/1) pagi, dari stadion ke mausoleum tempat dia dimakamkan, dan kerumunan besar muncul untuk mengiringi prosesi tersebut.

“Tidak ada dari kita yang akan melupakan ini,” kata Neto dalam pesan yang ditujukan kepada para bintang yang absen.

“Siapa pun dapat memasang foto Pelé di Instagram mereka,” katanya tentang satu penghargaan mudah. 

"Apakah Anda  menyesal karena harus mengorbankan dua hari liburan Anda?" pungkasnya.

Detik-detik menjelang peti mati pele dimasukkan ke Makam Vertikal:  Memorial Necrópole Ecumê. (Sumbe: CBC).

Pemakaman vertikal: Memorial Necrópole Ecumênica

Akhirnya, jenazah pesepakbola tersebut diangkut ke Memorial Necrópole Ecumênica, sebuah pemakaman "vertikal" di dekat stadion Santos. Upacara pemakaman dimulai tidak lama setelah pukul 14:00 waktu setempat.

Saat peti mati dibawa ke dalam, seorang pemain terompet membunyikan lagu kebangsaan klub sepak bola Santos, yang disusun pada dekade yang sama saat pemain memulai karirnya pada usia 15 tahun.

Bagi Jussara Giollo Ferreira, seorang guru pendidikan jasmani berkulit hitam berusia 23 tahun, yang berada di antara para pelayat, warisan Pelé melampaui lapangan. 

“Saya melihat banyak anak yang saya ajar, mereka terinspirasi oleh apa yang dia capai. Mereka memandangnya dan berkata, mengapa saya tidak bisa mencapai hal yang sama? Jadi saya pikir ini adalah warisan yang dia tinggalkan untuk kita: untuk tidak pernah menyerah, untuk memiliki keyakinan dan untuk berjuang keras – sama seperti dia berjuang untuk kita.”  (Silvia/dari berbagai sumber).

RELATED NEWS