Rio Waida, Atlet Indonesia Ketujuh Lolos Olimpiade Paris

redaksi - Senin, 04 Maret 2024 16:58
Rio Waida, Atlet Indonesia Ketujuh Lolos Olimpiade ParisSurfer Indonesia, Rio Waida (sumber: Itimewa)

JAKARTA (Floresku.com) -  Surfer Indonesia, Rio Waida, menjadi atlet Indonesia ketujuh yang meraih tiket Olimpiade 2024 Paris. Kepastian itu diperoleh setelah dirinya tampil di International Surfing Association (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico.

Atlet asal Bali itu lolos ke Paris setelah menempati urutan kedua babak repechage 10 pada dengan 10,93 poin. Sebelumnya, hanya surfer yang berada di posisi tiga besar repechage 12 dipastikan memperoleh tiket Olimpiade.

Namun, pada babak kualifikasi sebelumnya terdapat dua wakil dari satu negara yang lolos. Sehingga, empat tiket tersisa  diberikan kepada para peselencar terbaik yang lolos ke repechage 10.

Meski Rio sudah mendapat tiket Olimpiade 2024, dia masih harus melanjutkan kompetisi ke babak 11 repechage. "Sangat luar biasa dan sangat indah dan jadi alasan kenapa saya ikut kejuaraan ini," ujarnya, Minggu (3/3).

Rio sebelumnya juga berpartisipasi pada Olimpiade Tokyo 2020. "Rasanya luar biasa dan saya akan terus berjuang untuk negara saya," ujarnya, menegaskan.

Sewaktu mengikuti Olimpiade 2020, langkah Rio terhenti di babak 16 besar. "Sekarang tinggal menunggu Indonesia Raya berkumandang di Tahiti, Paris 2024," ucap Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia.

ISA World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, merupakan ajang kualifikasi terakhir menuju Paris 2024. Selain Rio, Indonesia mengirimkan tiga atlet lainnya yaitu I Ketut Agus Aditya Putra, Dhany Widianto, dan Jasmine Michelle Studder.

Sebelum Rio, Indonesia telah meloloskan enam atletnya ke ibu kota Prancis itu.  Di antaranya Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa dari cabang panahan.

Kemudian Desak Made Rita dan Rahmad Adi (panjat tebing), Rifda (senam), serta atlet menembak Fathur Gustafian. Olimpiade 2024 akan berlangsung mulai tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. (Sumber: rri.co.id). ***

RELATED NEWS