Robi Idong dan Martin Wodon Bersama Ketua DPRD Sikka, Stef Sumandi Kunjugi Dusun Baukrenget, Mapitara

redaksi - Senin, 02 September 2024 10:25
Robi Idong dan Martin Wodon Bersama Ketua DPRD Sikka, Stef Sumandi Kunjugi Dusun Baukrenget, MapitaraRombongan Robi Idong disambut oleh warga Dusun Baukrenget, Desa Egon Gahar, Kecamatan Maiptara, Minggu (1/9). (sumber: Silvia)

MAUMERE (Floresku.com) – Pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Sikka periode 2024-2029, Robi Idong dan Martinus Wodon bersama Ketua DPRD Sikka, Stef Sumandi mengunjungi Rt 06 Rw 03 Dusun Baukrenget, Desa Egon Gahar, Kecamatan Mapitara.

Diketahui Stef Sumandi adalah putra asli dari Dusun Baukrenget, Desan Egon Gahar, Kecamatan Mapitara. 

Ratusan warga Dusun Baukrenget tampak antusias menerima kedatangan rombongan Robi Idong, Stef Sumandi bersama cawabup Paket Romantis, Martin Wodon.

Mereka menunggu kedatangan rombongan Robi Idong  di lokasi wisata bukit andalan  yang panoramanya mirip dengan Cibodas Bogor, Jawa Barat.

Saat tiba di Dusun Baukrenget, rombongan disambut dengan musik tradisional gong waning yang meriah.

Kemudian, rombongan kemudian diarak ke rumah salah satu rumah warga dimana  sejumlah besar warga masyarakat telah berkumpul.

Kepada Floresku.com,  Robi Idong mengakui,  sudah tiga kali dirinya menyambangi Dusun Baukrenget. 

“Ini kali ketiga saya mengungjungi Dusun Baukrenget,” ujarnya.

Sejumlah pencapaian Robi Idong

Kepada warga Dusun Baukrenget, Stef Sumandi mengatakan bahwa selama menjabat sebagai Bupati Sikka periode 2018-2023, Robi Idong telah melakukan banyak hal untuk warga di Kecamatan Mapitara, seperti pengadaan listrik dan pembukaan akses jalan raya.

Warga masyarakat Dusun Baukrenget merasa berterima kasih atas apa yang sudah dikerjakan Robi Idong selama menjabat sebagai Bupati Sikka periode 2018-2023 lalu.

‘Terima kasih atas listrik dan jalan raya. Dengan adanya listrik, sekarang kami tidak tinggal dalam kegelapan lagi. Lalu, dengan adanya jalan rakay, kami bisa dengan lebih mudah menjual hasil pertanian ke kota,” Kornelia, warga dusun Baukrenget.

Dietahui sebagian besar penduduk Dusun Baukrenget, Desa Egon Gahar bermatapencaharian petani. Hasil pertanian utama di desa ini ialah kopi, cokelat dan lain-lain. 

Akses jalan memudahkan warga menjual komoditas pertaniannanya ke Kota Maumere.

Minta jaringan interet

Meski bersyukur atas pencapaian pembanguna yang telah dikerjakan pemerintah daerah Kabupaten Sikka, warga Dusun Baukrenget mengharapkan supaya kegiatan pembangunan terus ditingkatkan pada masa mendatang.

“Kami di sini sudah punya ‘pohon besi’ (tiang-tiang listrik. Red). Akan tetapi,  tidak ada signal atau jaringan internet sekali,” ujar seorang warga yang dikenal debagai Mo’at Alo. 

Dia berharap jika Robi Idong dan Martin Wodon terpilih dalam Pilkada 2024,  program  pembangunan yang sudah dijalankan pada masa pemerintahan 2018-2023 dapat dilanjutkan.

“Salah satu yang penting adalah internet,” tegas Mo’at Alo.

Membangun pariwisata

Dalam kunjungannya kali ini,  Robi Idong menyempatkan diri untuk memperkenalkan ‘pasangannya’ Martin Wodon.

Selain itu, Robi Idong menyampaikan visi dan misinya untuk membangun Kabupaten Sikka pada lima tahun ke depan, salah satunya yang menjadi prioritas adalah membangun sektor pariwisata.

Tentang cabup Martin Wodon, Robi Idong mengatakan, “Pak Martin ini lama berkecimpung di dunia pariwisata. Jadi, beliau adalah figur yang tepat untuk mewujudkan impian kita dalam mengembangkan potensi-potetensi pariwisata di Kabupaten Sikka, termasuk potensi-potensi pariwisata di Desa Egon Gahar, Mapitara ini,” ujar Robi Idong.

Diketahui, Desa Egon Gahar, Kecamatan Mapitara memiliki kawasan hutan lindung Egon Ilin Medo yang mempesona dengan keindahan alam berupa tumbuhan unik, hewan, sungai bahkan terdapat beberapa titik air terjun.

Salah satunya adalah air terjun Tigen yang terletak wilayah bagian selatan Gunung Api Egon. 

Beberapa titik air terjun lainnya di wilayah ini belum banyak diketahui oleh para petualangan  atau wisatawan domestik maupun manca negara. 

Semua air terjun yang berada di belantara lereng Gunung Egon sangat indah dan memukau.

Mohon dukungan dan kerja sama warga

Robi Idong juga tak lupa memohon dukungan dan doa restu warga Dusun Baukrenget supaya dirinya bersama Martin Wodon bisa meraih kemenangan dalam Pilkada Sika pada 27 November mendatang.

Selain itu, sesuai semboyannya ‘selalu bersama rakyat’ Robi Idong meminta agar ke depan warga masyarakat bersedia berkerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sikka membangun Kabupaten Sikka, secara khusus membangun Desa Egon Gahar, Mapitara.

“Saya dan Pa Martin memohon dukungan warga semua untuk bersama-sama membangun dan menjadikan Desa Egon Gahar sebagai desa wisata andalan di Kappaten Sikka,” kata Robi Idong.

Progam Beasiswa

Menjelang akhir acara kunjungan,  seorang ibu yang bernama Anastasia meiminta waktu untuk bertemu secara pribadi dengan Robi Idong.

Usai menemui Robi Idong, kepada media ini, Anastasia mengatakan, “saya bertemu Pak Robi untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan harapan. Soalnya, berkat program beasiswa dari Pak Robi, anak saya bisa mencapai gelar S2 untuk program akuntasi perpajakan di Universitas Merdeka Malang.” 

“Saya berharap anak saya mau pulang dan bekerja, mengabdi di kampung halaman sendiri,” pungkas Anastasia. (Silvia).

Editor: redaksi

RELATED NEWS