Sehari Jelang HUT RI ke-79 Penjabat Bupati Sikka Sampaikan Pidato Kenegaraan

redaksi - Jumat, 16 Agustus 2024 10:28
Sehari Jelang HUT RI ke-79 Penjabat Bupati Sikka  Sampaikan Pidato Kenegaraan Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, S.E, M.Si. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Penjabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si J menyampaikan pidato kenegaraan kepada masyarakat Kabupaten Sikka, di Kantor Bupati Sikka, Jumat, 16 Agustus 2024 pagi.

Pidato kenegaraan Pj Bupati Sikka Tahun 2024 mengusung tema : Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Berikut ini naskah lengkap pidato pj Bupati Sikka yang diperoleh dari Panitia HUT RI Ke-79 di Sikka.

Indonesia Maju adalah cita-cita kemerdekaan 1945 yang hingga kini masih harus terus diperjuangkan. Nusantara Baru adalah wawasan terbarukan, yang terinspirasi dari pemindahan  ibukota Negara dari Jakarta di Pulau Jawa, di Indonesia Barat, ke IKN (Ibu Kota Negara) di Pulau Kalimantan, di Indonesia Tengah.

Lalu, apa makna Nusantara Baru, Indonesia Maju di ulang tahun yang ke-79 ini?

Usia 79 tahun bagi manusia, termasuk tua, manula. Tetapi, bagi sebuah negara, belum seberapa. Walau demikian, sejarah perjuangan selama 79 tahun itu harus dapat diukur dan ditakar: sejauh mana ia mampu meraih harapan dan mengisi mimpi-mimpinya.

Untuk level Negara, kita harus mendengarkan pidato Bapak Presiden, selaku Kepala Negara. Dan untuk konteks Kabupaten Sikka, dapat disampaikan beberapa catatan berikut.

Pemerintahan Daerah Kabupaten Sikka telah merancang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) sebagai tonggak pedoman arah pembangunan Nian Tana 25 tahun ke depan.

RPJPD tersebut didesain untuk mengakomodir penyelesaian persoalan-persoalan dasar yang sedang kita hadapi di daerah ini serta langkah antisipasi terhadap berbagai tantangan global, 
terutama perkembangan teknologi yang pesat, ancaman perubahan iklim dan krisis pangan global.

Sejalan dengan tujuan pembangunan daerah, kebijakan pengalokasian belanja daerah Tahun 2025 untuk mendukung tujuan  memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat serta perlindungan sosial, pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi. Selain itu juga kebijakan belanja diarahkan untuk mendorong perbaikan layanan publik sehingga masyarakat dapat menikmati layanan yang berkualitas, cepat, mudah dan murah.

Saudara - saudari sekalian yang saya kasihi…

Untuk dapat merealisasikan rencana pembangunan tersebut tentu  kita membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Untuk itu salah satu kebijakan yang saya lakukan adalah efisiensi belanja daerah.

Setiap anggaran pemerintah yang dibelanjakan harus dapat berkontribusi  bagi pemenuhan layanan pemerintahan. 

Selain itu pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Daerah baik Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer dan juga Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah.

Secara khusus,untuk meningkatkan PAD, pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan dan langkah -langkah konkrit untuk mengoptimalisasi penerimaan pajak dan retribusi yakni melalui intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan sesuai kewenangan daerah.

Identifikasi, inventarisasi dan menggali sumber-sumber penerimaan baru yang memiliki potensi terhadap peningkatan PAD, inventarisasi dan pemutakhiran data obyek dan subyek pajak berupa PBB dan pajak lainnya, serta membangun digitalisasi pajak daerah dan sistem pembayaran non tunai seperti Tap Cash dan voucher parkir untuk memudahkan layanan perpajakan.

Upaya peningkatan PAD juga dilakukan melalui revitalisasi Badan Usaha Milik Daerah dengan mengganti Direksi dan pembenahan manajemen serta penambahan investasi. Upaya ini dilakukan untuk menyehatkan BUMD yang pada akhirnya dapat berkontribusi bagi peningkatan PAD.

Selain itu, kita juga berupaya untuk menciptakan iklim perekonomian yang kondusif di daerah ini, agar para investor atau pemodal besar, berminat untuk menanamkan modal nya di 
Kabupaten Sikka.

Hal ini menjadi salah satu strategi promosi penanaman modal, disamping kebijakan pemberian fasilitas/insentif dan kemudahan penanaman modal. Investor atau pemodal besar, merupakan salah satu stakeholder pembangunan yang pergerakannya memiliki multiplayer effect, sehingga dapat dengan  cepat mendukung pembangunan daerah dan medongkrak peningkatan perekonomian daerah.

Pemerintah juga melakukan berbagai upaya untuk pengendalian inflasi melalui Pelaksanaan Pasar Murah dan Gerakan Pangan Murah dengan kuota minimal 10 ton setiap kecamatan dalam kota, Gerakan Rumah Pangan Kita  yang sudah mencapai 154 RPK, Ketahanan Pangan Rumah Tangga, Pengembangan Hortikultura serta Program Bantuan Pangan. Upaya ini efektif mengendalikan inflasi di Kota Maumere yakni pada bulan Juli 2024 sebesar 1,90.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah pemerintah berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat agar daya beli ikut meningkat.

Untuk itu dilaksanakan program pengendalian pengangguran melalui kegiatan peningkatan daya saing, Perluasan  kesempatan kerja dan Optimalisasi penempatan tenaga kerja sehingga angka pengangguran menurun dari 4,51 persen pada tahun 2022 menjadi 2,62 persen pada tahun 2023.

Sejalan dengan itu, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat miskin, pemerintah melakukan percepatan penanganan kemisikinan dan kemiskinan ekstrem melalui pendekatan bantuan sosial dan pemberdayaan masyarakat. 

Persentase penduduk miskin berdasarkan data BPS sebesar 12,56 persen pada tahun 2023 dan pada tahun 2024 berkurang menjadi 11,89 persen.

Di samping itu, pemerintah juga ingin melakukan transformasi pelayanan publik dengan mengintegrasikan semua jenis layanan publik dalam satu wadah yakni Mall Pelayanan Publik.

Kemudahan pelayanan perijinan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi 
di daerah. Kita juga berupaya melakukan Kerjasama Daerah dengan daerah lain dan Lembaga-lembaga nirlaba lainnya, untuk saling melengkapi dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia,sehingga mempercepat proses pembangunan daerah.

 Saudara - saudari sekalian yang saya kasihi …

Dalam tahun 2024, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menjawab berbagai persoalan dasar yang dihadapai  masyarakat melalui program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam tahun ini yakni :

1. Urusan Pendidikan, berupa pembangunan dan rehabilitasi sarana pendidikan termasuk laboratorium dan perpustakaan, penyediaan tenaga pendidik yang berkompetensi,
pendirian unit sekolah baru untukmendekatkan pelayanan, serta pengadaan alat-alat praktik.

Hal ini dimaksudkan untuk menjamin mutu Pendidikan dan kualitas lulusan, juga peningkatan aksesibilitas pendidikan. Untuk  melestarikan nilai budaya lokal, pemerintah juga sedang menggagas penerapan kurikulum lokal berbasis kebudayaan lokal, kesenian dan bahasa daerah yang merupakan warisan luhur para pendahulu kita.

Berbagai upaya yang dilakukan telah meningkatkan angka Indeks Pendidikan, sebesar 12,89 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pada tahun 2022 sebesar 11,98; Angka Harapan Lama Sekolah pun mengalami peningkatan sebesar 13,66 tahun, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebesar 13,44; Kita terus berjuang agar setiap anak Sikka 
mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas.

2. Urusan Kesehatan, pembangunan bidang kesehatan berfokus pada pemenuhan Standar Pelayanan Minimal kesehatan berupa pembangunan dan rehabilitasi fasilitas Kesehatan, penambahan alat-alat Kesehatan, pelayanan penduduk pada kondisi kejadian luar biasa, pemenuhan sumber daya manusia Kesehatan sesuai  standart serta promosi Kesehatan, pengawasan obat dan makanan bekerja sama dengan Balai POM serta pelaksanaan sistem rujukan. 

Berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan telah membuahkan hasil yang baik berdasarkan indikator peningkatan Angka Harapan Hidup yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik yakni 73,97 tahun, meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar 67,88 tahun,

Selain itu pemerintah juga berupaya melakukan penanganan dan pencegahan stunting di desa dan kelurahan. Berbagai kebijakan dan langkah konkrit telah dilaksanakan sehingga prevelensi stunting di daerah ini mengalami penurunan sebesar 1,72 persen pada periode pengukuran bulan pebruari 2024.

Saya mengajak kita semua bekerja sama, bersinergi dan berjuang untuk memastikan anak - anak sikka terbebas dari stunting.

Saudara/saudari sekalian yang saya hormati …

Dalam upaya untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah menyediakan jaminan kesehatan 
masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional dengan cakupan pelayanan Penerima Bantuan Iuran APBN sebanyak 177.023 jiwa dan APBD sebanyak 74.269 jiwa.

Persentase kepesertaan JKN sebesar 97,50 persen sehingga Kabupaten Sikka memperoleh predikat Universal Health Coverage (UHC).

Pemerintah berupaya memastikan setiap warga masyarakat memperoleh jaminan kesehatan yang memadai.

3. Urusan Pertanian, sasaran utama pembangunan bidang pertanian yaitu meningkatnya produksi pertanian dan meningkatnya populasi ternak.Untuk mencapai sasaran tersebut telah dilakukan beberapa upaya terobosan yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam usaha tani, memanfaatkan penerapan teknologi pertanian, serta memanfaatkan alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam proses produksi tanaman.

Kebijakan ini terbukti efektif meningkatkan capaian produksi tanaman dan ternak secara signifikan di Kabupaten Sikka.

Pencapaian produksi dan produktivitas pertanian tanaman pangan tahun 2023 sebesar 115.485,50 ton, produksi tanaman hortikultura sebesar 151.296,36 ton, serta 
produksi tanaman perkebunan sebesar 28.883,54 ton. Sedangkan untuk pencapaian peningkatan populasi ternak, realisasi populasi ternak besar sebesar 25.328 ekor, ternak kecil sebesar 138.975 ekor, dan ternak unggas sebesar 336.684 ekor.

Selain itu, Kabupaten Sikka juga mendapatkan alokasi intensifikasi kakao seluas 300 ha serta pemeliharaan kelapa dan pala dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dalam sub sektor peternakan, Untuk mengantisipasi pencegahan penyakit pada hewan peliharaan, Pemerintah Kabupaten Sikka telah memiliki satu unit alat LAMP yang digunakan untuk mendeteksi penyakit pada hewan.

Peralatan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Australia melalui Australian Indonesian Health Security Partnership (AIHSP) yang difasilitasi oleh PRISMA Indonesia. 

Saat ini peralatan tersebut digunakan untuk mendeteksi penyakit African Swine Fever (ASF) pada ternak babi.

Kerjasama secara kolaboratif juga dilaksanakan dengan Balai Besar Veteriner Denpasar untuk pelatihan pemanfaatan alat LAMP dan Balai Besar Veteriner Bukit Tinggi Sumatera Barat untuk bantuan alat dan bahan pengujian penyakit rabies.

Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu membangun sektor pertanian di kabupaten ini.

4. Urusan Perikanan, Pelaksanaan pembangunan kelautan dan perikanan di Kabupaten Sikka ditopang atas dasar empat pilar yaitu pro-poor (pengentasan kemiskinan), pro-job (penyerapan tenaga kerja), pro- growth (pertumbuhan) dan pro-environment (pemulihan dan pelestarian lingkungan) dan mendorong tumbuhnya investasi di bidang kelautan dan perikanan (pro-business).

Penekanan kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan selama ini lebih kepada pendayagunaan sumber daya  kelautan dan perikanan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan kesejahteraan, pengentasan kemiskinan, perlindungan usaha dan penciptaan lapangan kerja bagi para nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar ikan serta masyarakat pesisir lainnya, dengan tetap menjaga terpeliharanya daya dukung ekosistem perairan dan stok sumber daya hayati yang terdapat di dalamnya secara seimbang.

Hasil dari implementasi berbagai program, kegiatan pelayanan masyarakat di sektor perikanan tercermin dari produksi perikanan tangkap yang terus meningkat setiap tahun. 

Investasi perikanan/pengusaha perikanan yang tercatat sampai dengan saat ini sebanyak 53 pengusaha yang terdiri dari Badan Usaha sebanyak 18 pengusaha dan 35 pengusaha perorangan.

Selain itu Pemerintah terus melakukan kegiatan pemberdayaan nelayan dan pembudidaya ikan melalui peningkatan kapasitas,bantuan sarana dan prasarana penangkapan, pengolahan serta pemasaran hasil perikanan.

5. Urusan Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, berupa penyediaan sarana distribusi perdagangan yang layak, pengendalian harga dan stok barang kebutuhan pokok dan barang penting, fasilitasi usaha mikro, pelaksanaan Tera Ulang peralatan timbangan dan meterologi lainnya, peningkatan pemahaman perkoperasian, serta Pemeriksaan dan Pengawasan Koperasi.

Kinerja sektor ini tergambar dari capaian kontribusi sektor perdagangan terhadap PDRB, sebesar 11,12 persenmeningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar 10,79 persen.

Sedangkan kontribusi sektor perindustrian terhadap PDRB 1,84 persenmeningkat dari tahun sebelumnya sebesar 1,71 persen;Pemerintah terus mendorong geliat perdagangan agar mempercepat perputaran uang, juga mendorong usaha-usaha  mikro kecil dan menengah agar bertumbuh lebih banyak dan subur, salah satunya dengan menyelenggarakan Car Free Night (CFN).

Kabupaten Sikka dengan posisi yang strategis dan sarana perhubungan serta telekomunikasi yang memadai memiliki peluang pasar yang sangat menjanjikan. Hal ini agar terjadi peningkatan kontribusi sektor perdagangan bagi PDRB.

Koperasi, lembaga perbankan dan lembaga finance lainnya sebagai salah satu pendukung pembangunan, pun tetap diberikan support agar semakin mandiri dan menjadi yang terdepan dalam menumbuhkan geliat ekonomi Kabupaten Sikka.

Dalam upaya pengendalian inflasi daerah, secara khusus pemantauan dan pengawasan harga barang kebutuhan pokok kita mendapatkan penghargaan dari Direktorat Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan Republik Indonesia atas prestasi sebagai salah satu kebupaten terbaik dalam pengawasan dan pelaporan harga 
barang kebutuhan pokok.

6. Urusan Ketahanan Pangan, berupa pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, dan penyaluran cadangan pangan pada saat 
kerawanan pangan.

Hal ini untuk menjamin ketersediaan pangan daerah agar tetap stabil. Kestabilan pangan daerah ini harus merupakan upaya bersama setiap komponen masyarakat mulai dari rumah tangga.

Saya menghimbau agar setiap warga tetap mengedepankan konsumsi pangan lokal yang disediakan secara mandiri. Menanam sendiri untuk kebutuhan rumah tangga, merawat serta mengkonsumsi dengan pengolahan yang baik.

7. Urusan Pariwisata dan Kebudayaan, berupa penyediaan sarana destinasi pariwisata, peningkatan kompetesi SDM pariwisata, peningkatan kerja sama dan kemitraan pariwisata dalam dan luar  negeri, melakukan koordinasi yang intens dengan Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo, Pemajuan Tradisi Budaya, serta  terus mendorong terlaksananya small event oleh berbagai kelompok dan komunitas. Dalam tahun ini akan diselenggaran Festival Jelajah Maumere sebagai sarana promosi waisata di Kabupaten Sikka.

Kita memiliki potensi pariwisata yang bernilai ekonomis. Untuk itu kita harus pandai memanfaatkan peluang kunjungan wisatawan, mengingat Labuan Bajo saat ini dijadikan Wisata Premiere.

8. Urusan Pekerjaan Umum, fokus pembangunan bidang pekerjaan  berbasis pada upaya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal bidang pekerjaan umum berupa Rehabilitasi jaringan irigasi permukaan, pengembangan dan peningkatan SPAM jaringan per-pipa-an, pembangunan jalan dan jembatan serta penyusunan RT/RW. 

Kondisi jalan kabupaten dengan status mantap sepanjang 392,85 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 376,15.

Dalam upaya Penyediaan Air Minum dilaksanakan melalui pelayanan jaringan perpipaan dan bukan jaringan perpipaan. 

Persentase Penduduk berakses Air Bersih tahun 2023 sebesar 84,27 persen. Dalam tahun ini akan dibangun 606 sambungan rumah bagi masyarakat di desa dan kelurahan.

Pemerintah berkomitmen untuk terus membangun dan menyediakan layanan dasaryang baik bagi seluruh lapisan masyarakat. 

9. Urusan Perumahan, berupa penyediaan prasarana sarana dan utilitas kawasan perumahan, perbaikan rumah tidak layak huni untuk pencegahan terhadap tumbuh dan berkembangnya permukiman kumuh, mediasi penyelesaian sengketa tanah, koordinasi dan sinkronisasi penyelesaian masalah ganti kerugian dan santunan tanah.

10. Urusan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, berupa Pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja dan fasilitasi penyelesaian perselisihan kerja. Capaian kinerja bidang ini tergambar pada peningkatan Pendapatan per Kapita, sebesar Rp.18.472.000,- dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya sebesar Rp.17.4400.000; 

Dalam tahun ini pemerintah telah memfasilitasi pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi Tenaga Kerja sebanyak 870 orang.

Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta diberikan peralatan dan pendampingan untuk mengembangkan usaha secara mandiri sehingga dapat membuka lapangan kerja baru.

11. Urusan sosial, berupa penyediaan alat bantu bagi penyandang cacat disabilitas, penanganan lansia, penanganan anak terlantar, menjadi support system bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa, serta melakukan kerja sama dengan beberapa Yayasan Sosial yang membantu penanganan rujukan orang sakit.

Pemerintah menyalurkan bantuan sosial untuk membantu rujukan orang sakit, bantuan bagi Lembaga keagaamaan dan rumah ibadat serta bantuan untuk lembaga Kesejahteraan Sosial lainnya.

12. Urusan Pengendalian Penduduk dan Pelayanan Administrasi Penduduk, berupa informasi dan edukasi pengendalian penduduk dan keluarga berencana sesuai kearifan budaya lokal, pelayanan dokumen pendaftaran penduduk, serta pengelolaan dan penyajian data kependudukan.

Kondisi kepemilikan KTP elektronik saat ini dari jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 249.740, yang telah memiliki e - KTP sebanyak 246.943 orang atau sebesar 98,88 persen. Pemerintah terus berupaya melakukan pendekatan pelayanan baik di kecamatan maupun di sekolah - sekolah agar seluruh masyarakat wajib KTP harus melakukan perekaman KTP elektronik.

13. Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.berupa advokasi kebijakan dan pendampingan korban kekerasan perempuan, dan advokasi kelembagaan pemenuhan hak anak.

Dalam upaya perlindungan perempuan dan anak, Pemerintah Kabupaten Sikka telah melakukan kerja sama dengan Perkumpulan Divisi Perempuan Tim Relawan untuk 
Kemanusiaan Flores (TRUK - F) dan Orinbao Law Office dalam pencegahan, penanganan dan advokasi bagi korban kekerasan perempuan dan anak.

14. Urusan Pemuda dan Olahraga, berupa memaksimalkan pembinaan kepemudaan di kecamatan, kelurahan dan desa; penyelenggaraan event olahraga; serta keikutsertaan dalam event olahraga. Pemerintah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menginisiasi berjalannya event perlombaan dan pertandingan, serta keikutsertaan pada ajang kejuaraan regional dengan membawa nama Kabupaten Sikka.

15. Urusan Lingkungan Hidup, berupa penanganan persampahan, dan fasilitasi pemenuhan ketentuan dan kewajiban izin lingkungan. Upaya peningkatan kebersihan wilayah terus dilakukan dengan perluasan pelayanan pembersihan jalan dari 
35 km menjadi 70 km.

Editor: redaksi

RELATED NEWS