Senator AWK Gandeng PT Flores Inti Pangan Bangun Kemitraan Ternak Babi di Ngada

Redaksi - Selasa, 21 Mei 2024 10:45
Senator AWK Gandeng PT Flores Inti Pangan Bangun Kemitraan Ternak Babi di Ngadaeternak babi di Nginamanu, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada (sumber: SP/Abr)

BAJAWA (Floresku.com)--- Senator Angelius Wake Kako (AWK) menggandeng PT Flores Inti Pangan membangun kemitraan ternak babi di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dimulai dari  Kabupaten Ngada.

Anggota DPD dari Dapil I Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akrab disapa Angelo menjelaskan program ternak babi akan dikembangkan  di seluruh Kepulauan Flores yang tersebar di 9 kabupeten di Pulau Flores dan Lembata, bahkan hingga Pulau Timor, Sumba dan Alor.

“Kita mulai dari wilayah Ngada yang sudah lebih dulu siap. Peternak di kabupaten lain silahkan mempersiapkan diri untuk program ini, “ ujar Angelo, Jumat (17/5).

Secara terpisah, Thomas Aquino Meno, Kepala Perwakilan PT Flores Inti Pangan Bidang Peternakan Babi Kabupaten Ngada, mengatakan program ini dimulai dari 10 peternak yang mendiami wilayah  Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze.

Untuk mengikuti program ini, penggiat pembedayaan yang akrab disapa Ino itu mengatakan program ini bisa jalan peternak harus siap dengan kandang. 

“Untuk tahap awal setiap peternak mendapatkan satu ekor babi sebagai bibit. Nanti setelah beberapa bulan proses penggemukan, bila babi itu dijual, maka peternak harus membayar bibitnya kepada PT Flores Inti Pangan agar dibelikan bibit babi baru untuk peternak yang lain,” tegas nya.

Ino menjelaskan bila bibit babi itu difokuskan untuk pengembangbiakan dengan beranak, maka saat beranak, satu ekor dari anaknya diserahkan kepada perseroan untuk dibagikan kepada peternak yang lain.

“Induk dan anak-anak babi yang lain adalah milik peternak yang bersangkutan,” tegasnya.

Selain di Desa Nginamamu, pertenak di wilayah lain, baik di Ngada maupun di wilayah kabupaten sudah menyatakan minat untuk mengikuti program ini.

“Kami masih mengunggu kesiapan pertenak dengan membuat kandang. Kalau tim dari PT Flores Inti Pangan sudah mendapatkan bukti ada kandang dan kesediaan peternak untuk memelihara, maka bibit babi segera diadakan,” tegasnya.

Terimakasih kepada PT Flores Inti Pangan

Seorang peternak yang terlibat dalam program itu Philipus Nerius Wese menyampaikan apresiasi pada PT Flores Inti Pangan dan Senator Ngelo Wake Kako yang mendororong pembedayaan para petani dan peternak.

“Ini program yang sangat bagus. Kami ucapkan terima kasih kepada Senator Angelo dan Flores Inti Pangan atas program ini, “ ujar Philipus dari Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze.

Dia berharap kepada semua peternak yang menerima program ini untuk tidak membuang kesempatan. “Dalam program ini, pekerjaan peternak tinggal memelihara saja.”

Dengan mensukeskan program ini, lanjut dia, maka akan menambah jumlah peternak lain yang akan menerima aksi pemberdayaan ini. “Saya berharap agar semakin banyak peternak yang menerima program ini,” ujarnya.

Philipus meyakini bahwa dari jumlah satu ekor babi, bila dikerjakan dengan tekun jumlahnya akan bertambah banyak.

“Ya tergantung masing-masing peternak. Kita mulai dengan satu ekor biar tidak menjadi beban dalam menyediakan pakan. Tentu saja sambal kita mempersiapklan diri untuk menyediakn pakan alternatif dari hasil perkebunan seperti singkong atau pisang.” (Sandra). ***
 

 

RELATED NEWS