SENDAL SERIBU, Kamis, 28 Oktober 2021: Menghidup Arti Sebuah Nama!

redaksi - Kamis, 28 Oktober 2021 12:53
SENDAL SERIBU, Kamis, 28 Oktober 2021: Menghidup Arti Sebuah Nama!SENDAL SERIBU, Kamis, 28 Oktober 2021: Menghidup Arti Sebuah Nama! (sumber: https://andreasnataatmadja.com/)

RUTENG (Floresku.com) - Pada Kamis, 28 Oktober 2021 Pekan Biasa XXX ini,  Romo Ryano Tagung, Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng kembali menawarkan 'SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

SENDAl SERIBU kali ini dikemas berdasarkan bacaan  Ef.2:19-22; Mzm 19:2-3.4-5; dan Injil Lukas 6:12-19

Berdasarkan Injil Lukas Lukas 6: 12-19, Pastor Ryano Tagung Pr menyajikan sebuah renungan bagi kita dengan judul: ‘ Menghidup Arti Sebuah Nama’. Selain itu Pastor Ryano juga mengajak kita untuk memperingati Satno Simon dan Yudas. 

Marilah kita berdoa:  Allah cahaya kebenaran, karena pewartaan para rasul kami mengenal kemuliaan namaMu. Semoga, berkat doa Santo Simon dan Yudas, GerejaMu tetap berkembang dan semakin banyak bangsa percaya padaMu. Dengan pengantaraan Tuhan kami Yesus Kristus PuteraMu, yang Hidup dan Berkuasa, bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin. 

Bacaan Injil:Lukas 6:12-19

Sekali peristiwa, Yesus mendaki sebuah bukit untuk berdoa. Semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Keesokan harinya, ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang yang disebut-Nya rasul. Mereka itu ialah: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat. Lalu Yesus turun bersama mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar. Di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya, dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem, dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena dari pada-Nya keluar suatu kuasa, dan semua orang itu disembuhkan-Nya.
 

Pastor Ryano Tagung, Pr
Pastor Rekan paroki Santu Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng

Renungan: MENGHIDUPI ARTI SEBUAH NAMA!
SAHABAT SENDAL SERIBU YANG TERKASIH DALAM KRISTUS TUHAN,
AWALI semuanya di dalam dan melalui DOA. Hendaknya doa mengawali dan mengakhiri seluruh langkah hidup kita sepanjang hari.  Kalau Hidup KITA diawali dengan doa dan penyerahan diri kepada ALLAH  maka teranglah segala jalan dan pekerjaan kita serta semangat untuk melayani juga semakin digelorakan dan keberanian semakin membara.

SAHABAT SENDAL SERIBU YANG TERKASIH DALAM KRISTUS TUHAN,
Pada hari ini kita merayakan Pesta Santo Simon dan Yudas rasul Yesus Kristus. Seklas  tentang arti nama dari dua rasul ini. Simon dijuluki Si Zelot yang berarti yang rajin, yang meluap-luap semangatnya dalam memelajari dan menaati Hukum Taurat Yahudi. Sendagkan Yudas disebut juga Tadeus yang berarti “yang berani”. Yudas Tadeus selalu memberikan diringan dan semangat serta peneguhan kepada semua orang Kristen yang sedang mengalami Krisis. 
Kisah injil hari ini, berkisah tentang YESUS yang memilih orang-orang yang akan disebutNya sebagai rasul. Diantara nama yang disebut ada nama SIMON yang disebut orang Zelot dan Yudas anak  Yakobus. Sebelum YESUS memilih, YESUS berdoa, supaya rasul yang dipilihNya sungguh menjadi rasul PENDOA dan membawa semangat doa dalam seluruh tugas dan perutusan mereka, bahwa sebelum mengambil keputusan: BERDOALAH!

SAHABAT SENDAL SERIBU YANG TERKASIH DALAM KRISTUS TUHAN,
Dari Simon orang Zelot dan Yudas Tadeus, dan dari keterpilihan mereka yang disebutkan nama oleh YESUS, maka kita harus sungguh menyadari bahwa nama selalu memiliki kekuatan sendiri dalam menggerakkan kehidupan kita, yang memberikan dinamika tersendiri dan menjadikan kita berbeda dengan orang lain.

Selalu ada arti dan kekuatan di balik nama kita masing-masing. Karena itu pemberian nama, khususnya nama Kristiani, tidak asal suka-suka. Harus ada muatan iman di dalam setiap nama yang kita sematkan pada anak kita atau juga pada nama kita saat ini. 

Muatan iman itulah yang biasa disebut nama SANTO-SANTA PELINDUNG. Harus ada nama santu/santa pelindung, sebab mereka yang telah memandang wajah kemuliaan Allah, diutus oleh ALLAH untuk mendampingi langkah hidup kita supaya berjalan seturut kehendak ALLAH, menjauhi keinginan daging dan berjuang meraih mahkota keabadian. 

Tidak perlu memiliki nama yang bagus dan keren tapi, kita kehilangan arti dari setiap nama itu dalam detik detak hidup kita setiap hari.

SAHABAT SENDAL SERIBU YANG TERKASIH DALAM KRISTUS TUHAN,
Simon orang Zelot dan Yudas Tadeus sungguh-sungguh menghidupi nama mereka, apalagi setelah YESUS memanggil nama mereka untuk dijadikan rasul. 

Menjadi seorang rasul yang bersemangat, tidak hanya dalam memelajari hukum Taurat tetapi dalam mengamalkannya. Menjadi seorang rasul yang berani, berani melawan keinginan diri sendiri agar kehendak ALLAH yang sungguh terjadi. 

Hari ini juga, ada nama kita yang disebut oleh YESUS, supaya kita menghidupi arti nama kita, dan berkat doa para orang kudus yang namanya disematkan kepada kita  memberikan kita kekuatan agar kita mencontohi teladan hidup mereka.

Marilah kita bersama Santo Simon orang Zelot dan Yudas Tadeus, kita gali makna dari nama kita saat ini, kita cari tahu arti dan riwayat hidup pada kudus yang nama mereka kita pakai, supaya ada dari cara hidup mereka yang menjadi cara hidup kita, ada seberkas keutamaan mereka yang kita hidupi. Tuhan Yesus memberkati!

Marilah kita berdoa: YESUS, SANG EMPUNYA PANGGILAN. Ada namaku disebut, dipanggil untuk mengikuti jejakMu. Namaku KAU panggil agar aku meninggalkan segalanya dan mengarahkan jawaban dan panggilanku hanya kepadaMU, SUARA YANG MEMANGILKU. Beri aku rahmat dan cintaMu, agar aku selalu setia melaksanakan tugas perutusan dan pelayanan ini, kini dan sepanjang segala masa, Amin.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS