SENDAL SERIBU, Minggu, 20 November 2022: Hari Tuhan Kita Yesus Kristus, Raja Semesta Alam

redaksi - Minggu, 20 November 2022 07:45
SENDAL SERIBU, Minggu, 20 November 2022: Hari Tuhan Kita Yesus Kristus, Raja Semesta AlamRD Ryano Tagung (sumber: Dokpri)

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU:Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

MINGGU, 20 NOVEMBER 2022
HR TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM
2Sam 5:1-3; Kol 1:12-20 & Luk 23:35-43, [Thn. V-SS/321/11/2022]
Reverendus Dominus {RD}, Riano Tagung

Marilah kita berdoa:Ya Allah kami bersyukur kepadaMu karena dalam diri Yesus Kristus PutraMu Engkau berkenan memperbarui alam semesta yang telah rusak akibat dosa-dosa kami. 

Semoga kami senantiasa mengikuti bimbingan PuteraMu. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam Persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Injil Lukas 23:35-43

Ketika Yesus bergantung di salib, pemimpin-pemimpin bangsa Yahudi mengejek-Nya, "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia benar-benar Mesias, orang yang dipilih Allah!" 

Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya dan berkata, "Jika Engkau raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!" 

Ada juga tulisan di atas kepala-Nya, "Inilah Raja Orang Yahudi". Salah seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Yesus, katanya, "Bukankah Engkau Kristus? 

Selamatkanlah diri-Mu sendiri dan kami!" Tetapi penjahat yang seorang lagi menegur dia, katanya, "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah? 

Padahal engkau menerima hukuman yang sama! Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." 

Lalu ia berkata kepada Yesus,  "Yesus, ingatlah akan daku, apabila Engkau datang sebagai Raja!" Kata Yesus kepadanya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama Aku di dalam Firdaus." 

Lukisan kaca: Yesus, Raja Semesta Alam (Sumber: My Catholic Life).

YESUS RAJA HIDUPKU!!
Reverendus Dominus [RD]. Ryano Tagung

”Hendaknya tingkah laku dan perkataanmu sedemikian rupa sehingga setiap orang yang melihat dan mendengarmu akan berkata: orang ini membaca kehidupan Yesus Kristus.” St. Josemaría Escrivá

SAHABAT SENDAL SERIBU YANG TERKASIH DALAM KRISTUS

Hari ini kita merayakan hari raya kristus raja semesta alam. Perayaan ini ditetapkan oleh paus PIUS XI tahun 1925 pada setiap akhir bulan Oktober menjelang perayaan pesta semua orang kudus mau menampilkan kristus sebagai yang lebih berkuasa daripada segala kekuatan dunia. 

Sejak tahun 1970 perayaan ini mengalami perubahan penekanan: kristus lebih bercorak kosmis dan eskatologis. Karena itu, penempatan tanggalnya pun berubah bukan lagi pada hari minggu terakhir bulan oktober tetapi pada hari minggu biasa XXXIV, menjelang hari Minggu Adventus I. 

Jadi, perayaan ini sebagai penutup tahun liturgi gereja. Kristus adalah Awal Dan Akhir, Alfa Dan Omega.

Pada akhir tahun liturgi C, bacaan injil yang diambil dari Lukas yang  menampilkan tragedy Salib. Sebuah permintaan kecil ditengah suara riuh yang mencemoohkan YESUS keluar dari mulut salah seorang penjahat yang disalibkan bersama dengan YESUS “YESUS, INGATLAH AKAN DAKU APABILA ENGKAU DATANG SEBAGAI RAJA”. 

Dalam situasi yang paling terjepit sekalipun, situasi paling mencekam di atas salib mengalir sebuah permintaan yang sungguh luar biasa sebagai ungkapan iman dan penyerahan diri yang dalam akan siapa YESUS yang sesungguhnya. 

Dan sebuah jawaban yang sungguh melegakan dan melimpah sukacita keluar dari mulut YESUS “HARI INI JUGA ENGKAU AKAN ADA BERSAMA-SAMA AKU DI DALAM FIRDAUS”.

Pengakuan akan ketidakberdayaan dan memercayakan seluruh hidup hanya kepada YESUS adalah sebuah pilihan tepat di dalam hidup kita bila kita mau menempatkan YESUS sebagai RAJA atas seluruh hidup kita. 

KETIKA KITA SUNGGUH TELAH MENJADIKAN YESUS SEBAGAI RAJA DI DALAM HIDUP KITA maka KITA AKAN DIBENAMKAN DI DALAM CINTA TUHAN, DISEMBUHKAN, DIUBAH DAN DIANGKAT MENJADI ANAKNYA—HARI INI kita akan bersama dengan YESUS dalam Firdaus, dalam kebahagiaan, dalam Sukacita. 

Tanggalkanlah segala kesombongan, ingat diri, kecemburuan, keangkuhan, dendam dan iri hati agar kita bisa menghadap YESUS dengan hati yang penuh belas kasih dan mampu berserah diri lebih sungguh. 

Ingatlah selalu bahwa Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih, di dalam Kristus itulah kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Pilihan untuk menjadikan YESUS sebagai raja di dalam hidup kita adalah sebuah peilihan yang lahir hari ini. Hari ini bukan kemarin apalagi besok atau nanti. Hari ini, kita harus bisa bersama-sama dengan YESUS dalam Firdaus.

Marilah kita berdoa:
*Allah Bapa yang Mahamulia, Engkau telah menurunkan Sabda Keselamatan kepada kami yaitu Yesus Kristus PuteraMu Terkasih. Semoga tingkah laku kami melambangkan hormat, bakti dam syukur kami atas kemurahan hatiMu yang selalu menghidupi kami. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.
Dio Vi Benedica. ***

RELATED NEWS