SENDAL SERIBU, Selasa, 26 April 2022: Paskah: Semakin Berumbuh dalam Iman

redaksi - Selasa, 26 April 2022 10:25
SENDAL SERIBU, Selasa, 26 April 2022: Paskah: Semakin Berumbuh dalam ImanIlustrasi Injil Yohanes 3:7-15 (sumber: www.katolikku.com)

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

SELASA, 26 ARPIL 2022: HARI BIASA, PEKAN PASKAH KEDUA
Kis 4:32-37 & Yoh 3:7-15: [Thn. VI-SS/116/4/2022]
Pastor Riano Tagung, Pr

Marilah kita berdoa: O Yesus, Engkau tahu betapa rapuhnya aku. Maka, aku memohon kepadamu tinggallah selalu bersama ku, bimbinglah tingkah lakuku dan seluruh jalan hidupku agar tidak tersesat melainkan seirama dengan Kehendak Bapa di surga. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa dalam persekutuan dengan Roh Kudus Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin.  
Injil Yohanes 3:7-15
Dalam percakapannya dengan Nikodemus, Yesus berkata, "Janganlah engkau heran karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 

Angin bertiup ke mana ia mau; engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh." 

Nikodemus menjawab, katanya, "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" Jawab Yesus, "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? 

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui, dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. 

Kamu tidak percaya waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal surgawi? 

Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal."
 


PASKAH: SEMAKIN BERTUMBUH DALAM IMAN
Pastor Riano Tagung, Pr
SAHABAT SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Kita semua dipanggil untuk hidup dan bertumbuh dalam iman. Iman YANG YANG TIDAK HANYA BERHENTI PADA KATA, TETAPI BERBUAH NYATA DALAM HIDUP DAN PERBUATAN KITA yang semakin mengandalkan ALLAH dalam segala-galanya dan dalam segala-galanya membiarkan ALLAH yang bekerja dan menyelesaikannya. 

Sebab, Iman adalah dasar dari semua kehidupan rohani. Iman memberikan pencerahan akan kebenaran iman. Iman membawa kita pada pengenalan akan Tuhan, akan misteri misteri Ilahi. 

Iman juga membawa kita pada rasa yang mendorong kita untuk memiliki Tuhan dan memilikiNya dengan sepenuh hati kita. Iman mendorong kita untuk mempercayakan seluruh hidup kita kepada KASIH dan PENYELENGGARAAN ILAHI. PASKAH adalah moment berahmat dimana IMAN kita kepada ALLAH semakin bertumbuh, berkembang dan bernas dan berbuah.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
DALAM bacaan injil pada hari ini, kita kembali dibawa ke dalam kisah lanjutan percakapan Yesus dengan Nikodemus. YESUS membuka cakrawala berpikir Nikodemus perihal kelahiran baru,

 "Janganlah engkau heran karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali” sampai menuntunnya pada misteri SALIB “.

Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal”. 

DARI ATAS SALIB, YESUS akan menarik semua orang untuk tinggal dalam KERAHIMAN ALLAH dan semakin meletakkan hidup pada KASIH ALLAH dan memiliki HIDUP DALAM KELIMAPAHAN KASIH KARUNIA ALLAH.

SAHABAT SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Rasa lemah dan berdosa yang kerap membelenggu kita membuat kita tidak berani untuk bergerak maju dalam hidup beriman. 

SEPERTI NIKODEMUS kita pun perlu membiarkan YESUS membuka pola pikir kita yang kerdil yang kerap terperangkap dalam keraguan dan ketakutan untuk meletakkan hidup dalam KASIH KERAHIMAN ALLAH dan keengganan untuk ‘LAHIR BARU’ dalam semangat PASKAH. 

Sejukknya percikan air Baptis di malam Paskah masih terasa di dalam kalbu yang menggerakkan hati untuk semakin meletakkan hidup dalam kasih dan penyelenggaraanNya. 

Kesejukan dan kesegeran telah memulihkan kegersangan iman kita yang membuat kita tidak berani untuk keluar dari manusia lama kita menuju manusia paskah, yang kerap mencuri kebahagiaan sejati kita sebagai anak-anak Allah, hidup serasa penuh beban dan sangat membebankan, kita kehilangan sukacita,  

Tetapi, air baptis itu, tetesannya, melegakan dahaga kita. Mengembalikan sukacita yang sempat dicuri oleh kesombongan. Mengembalikan terang dalam jiwa yang sempat dicuri oleh kegelapan. 

Mengembalikan rasa IMAN di dalam hati yang sempat terkubur di balik batu dan pintu yang tertutup rapat karena putus asa, kecewa, sakit hati, cemburu, dendam, amarah dan duka.
 

PASKAH selalu membawa kebaruan. BATU SUDAH TERGULING
DAMAI SEJAHTERA SUDAH DIBERI.
IMAN SEMAKIN DITEGUHKAN.
SEBUAH HIDUP BARU TELAH
DILIMPAHKAN.
Jangan takut lagi untuk lahir baru jadi manusia PASKAH.
YESUS, MELALUI SALIB ENGKAU menarik kami untuk semakin dekat dan bersatu erat dengan DIKAU. ENGKAU menjangkau yang tak terjangkau, meraih yang terjauh supaya kami yang sering lari dari salib kehidupan kami, lari dari ENGKAU dibenamkan dalam KASIH SEMPURNA SALIBMU, sehingga PASKAH ini, kami memiliki sukacita yang membawa kami semakin bertumbuh dalam semanga PENYERAHAN DIRI KEPADA KASIH DAN PENYELENGGARAANMU. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami, Amin.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita**

RELATED NEWS