Telah Lebih dari Dua Bulan Terplih Jadi Wakil Bupati Ende, Erik Rede Belum Juga Dilantik, Ada Apa Gerangan?

redaksi - Selasa, 18 Januari 2022 13:40
Telah Lebih dari Dua Bulan Terplih Jadi Wakil Bupati Ende, Erik Rede Belum Juga Dilantik, Ada Apa Gerangan?Erik Rede, yang terpilih Wakil Bupati Ende Kamis, 11 November 2021. (sumber: www.facebook.com/Erik Rede)

JAKARTA (Floresku.com) – Lebih dari dua bulan paska terpilih sebagai Wakil Bupati Kabupaten Ende, Erikos Emanuel Rede (Erik Rede) belum juga dilantik karena alasan yang tidak cukup jelas. hal tersebut menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat, ada apa gerangan?

Sebagaimana diketahui , Erik Rede, politisi Parati Nasdem dan anggota DPRD Kabupaten Ende terpilih menjadi Wakil Bupati Kabupaten Ende  pada  11 November 2021 yang lalu. Namun, hingga kini belum dipastikan kapan dilakukan pelantikan.

Sebelumnya sempat beredar di media sosial  beberapa netizen menyebutkan pelantikan terjadi pada 5 Desember. Kemudian ditunda ke 7 Desember 2021, dan ditunda lagi ke 7 Januari. Namun, berita itu sama sekali tidak pernah menjadi kenyataan. 

Belakangan, rumor kembali  beredar di media sosial bahwa Erik Rede akan dilantik pada 21 Januari atau paling lambat 27 Januari  2022.

Terkait rumor tersebut, media ini mencoba menghubungi Biro Komunikasi Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan keterangan. Namun, upaya tersebut tidak berhasil.

Media ini juga melakukan konfirmasi kepada sejumlah anggota DPR-RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur, barangkali mereka memiliki sejumput informasi terkait hal itu.

Menanggapi pertanyaan media ini, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Melki Laka Lena hanya menjadi singkat bahwa tidak tahu menahu dengan halite.

 “Saya tidak tahu,” jawabnya melalui aplikasi WhatsApp,

Sementara, Yohanis Fransiskus Lema, anggota DPR-RI dari PDIP, dan Angelo Wake Kako anggota DPD RI tidak merespon pertanyaan media ini yang diajukan melalui aplikasi WhatsApp.

Sehari sebelumnya, Senin, 17 Januari 2022, merespon rumor tersebut, Bupati Ende Djafar Achmad saat dikonfirmasi Senin 17 Januari 2022 menyebutkan, bahwa Pemerintah kabupaten Ende dalam hal ini Bupati Ende belum mengetahui kapan dilantik wakil Bupati Ende tersebut. Ditemui usai apel kesadaran, Senin 17 Januari 2022, Bupati Ende Djafar Achmad mengatakan dirinya belum tahu soal adanya pelantikan wakil bupati Ende.

 "Belum ko,saya belum tahu.Keputusan politik dari DPRD, sudah, Pemerintah sudah , sudah selesai prosesnya dari DPRD ke Pemerintah kabupaten Ende dan pemerintah kabupaten ke Kemendagri melalui Gubernur sudah" kata Djafar Achmad sebagaimana dikutp wartasasando.com, Senin, 17 Januari 2022.

 Dia juga mengatakan, untuk bersabar dan berdoa agar diakhir Januari bisa segera terwujud pelantikan wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede.

"Doakan saja,semoga akhir Januari bisa terwujud.Tapi saya tidak bisa pastikan namun kita doakan saja " pungkasnya.

 Sementara itu Sekretaris Daerah kabupaten Ende Agustinus Gaja Ngasu mengatakan bahwa dirinya belum tahu akan ada pelantikan yang menurut rencana sikakdila pada 21 Januari 2022.

 Melalui pesan WhatsApp dia 917  Januari 2022)  dia menyatakan tidak tahu .

"Siang om. Belum ada info om" demikian kata Gusti Ngasu saat dikonfirmasi media ini..

 Untuk diketahui,  Erik Rede terpilih utuk mengisi sisa masa jabatan 2019-2024. 

Warga  Kabupaten Ende tentunya berharap  agar Erik Rede segera dilantik menjadi Wakil Bupati supaya bisa membantu Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan daerah Ende. (SA)***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS