Tiga 'Makanan Sehat' yang Mungkin Tidak Sesehat yang Anda Bayangkan

redaksi - Kamis, 03 Agustus 2023 18:03
Tiga 'Makanan Sehat' yang Mungkin Tidak Sesehat yang Anda BayangkanYoghurt (sumber: www.healthline.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Dalam berbagai iklan pemasaran Anda menemukan kampanye 'Makanan Sehat'. Namun, Anda perlu ingat bahwa makanan sehat yang dikampanyekan itu tidak segizi dan sesehat yang Anda bayangkan.

Berikut tiga jenis makanan makanan yang mungkin tidak sesehat klaim orang pemasaran.

1. Granola dan granola batangan
Orang-orang memperjuangkan granola dan granola bar sebagai makanan "sehat" selama beberapa dekade.

Meskipun beberapa granola dan granola batangan cukup bergizi, banyak yang dikemas dengan tambahan gula dan kalori yang sangat tinggi.

Misalnya, satu porsi 2/3 cangkir (67 gram) Nature Valley Oats dan Dark Chocolate Protein Granola mengandung 7 gram gula tambahan dan 290 kalori, sedangkan Quaker Chewy Yogurt Granola Bars mengemas 10 gram gula tambahan per batang.

Nilai Harian (DV) yang disarankan untuk gula adalah 50 gram untuk orang yang mengonsumsi 2.000 kalori per hari, menurut Food and Drug Administration.

Untuk kesehatan yang optimal, sebaiknya batasi asupan gula tambahan Anda sebanyak mungkin, karena mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan dapat berkontribusi pada peningkatan risiko berbagai kondisi kesehatan baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Kondisi kesehatan tersebut antara lain kegemukan, hati berlemak, dan penyakit jantung.
Daripada membeli granola premade di toko, cobalah membuat granola dan granola bar sendiri di rumah. 

Anda bisa menggunakan bahan-bahan bergizi seperti kacang-kacangan dan oat dan menambahkan rasa manis dengan buah kering.

2. Yoghurt beraroma

Yogurt bisa menjadi pilihan yang sehat, tetapi yang terbaik adalah memilih yogurt tanpa pemanis jika memungkinkan.

Yoghurt beraroma dan "buah di bagian bawah" dapat mengandung jumlah gula yang mengejutkan hanya dalam porsi kecil.

Misalnya, wadah Buah Stroberi Dannon 5,3 ons (150 gram) di yogurt Bawah mengandung 15 gram gula tambahan yang lumayan. Yogurt yang memiliki topping permen dan yogurt "gaya flip" dapat memiliki lebih banyak lagi .

Alih-alih memilih yogurt manis, cobalah taburi yogurt tanpa pemanis dengan buah segar untuk sedikit rasa manis alami.

3. Minuman protein dan batangan
Banyak orang beranggapan bahwa semakin tinggi kandungan protein suatu makanan atau minuman, semakin sehatlah makanan tersebut.

Beberapa makanan yang secara alami tinggi protein, seperti ikan, telur, dan kacang-kacangan, tidak diragukan lagi adalah pilihan yang sehat. 

Namun, item seperti protein batangan dan protein shake mungkin tidak sesehat yang diasumsikan beberapa orang.

Banyak orang sehat yang mengonsumsi makanan seimbang tidak perlu mendapatkan tambahan protein melalui suplemen. Namun demikian, individu yang aktif dan mereka yang mengikuti pola makan vegetarian dan vegan dapat memperoleh manfaat dari lebih banyak protein dalam pola makan mereka.

Jika Anda memang membutuhkan protein ekstra, Anda mungkin bisa mendapatkannya dengan makan lebih banyak makanan kaya protein. 

Oleh karena itu, bagi banyak orang, mengonsumsi produk protein tambahan seperti batangan dan minuman mungkin tidak diperlukan untuk tetap sehat (9).

Plus, banyak dari barang-barang ini sarat dengan tambahan gula dan bahan-bahan yang tidak perlu, seperti: pemanis buatan, warna buatan, minyak dan pengental. (Sumber: www.healthline.com). ***

RELATED NEWS