Umat Kristen Memperingati Jumat Agung di Tengah Krisis Covid-19 yang Berkepanjangan

redaksi - Jumat, 02 April 2021 20:49
Umat Kristen Memperingati Jumat Agung di Tengah Krisis Covid-19 yang Berkepanjanganjalan Salib (sumber: null)

Umat ​​Kristen memperingati Jumat Agung di tengah virus  korona yang masih ada. Tampak, sekelompok peziarah membawa salib kayu di sepanjang Via Dolorosa (Jalan Penderitaan) di Kota Tua Yerusalem selama prosesi Jumat Agung pada 2 April 2021. (Foto oleh Emmanuel DUNAND / AFP)

YERUSALEM (Floresku.com) - Umat ​​Katolik di Tanah Suci Yerusalem memperingati Jumat Agung tahun ini di tengah tanda-tanda krisis virus korona mereda, dengan situs keagamaan terbuka untuk jumlah umat beriman yang terbatas, tetapi tidak ada ziarah massal yang biasanya terlihat pada Minggu Suci menjelang Paskah.

Tahun lalu, Yerusalem berada di bawah penguncian yang ketat, dengan ritual sakral yang dilaksanakan oleh sekelompok kecil pendeta, seringkali di balik pintu tertutup. Itu adalah perubahan yang mencolok dari tahun-tahun sebelumnya, ketika puluhan ribu peziarah turun ke te mpat-tempat suci kota.

Tahun ini, para biarawan Fransiskan berjubah coklat memimpin ratusan jamaah menyusuri Via Dolorosa, menelusuri kembali apa yang menurut tradisi merupakan langkah terakhir Yesus, sambil mendaraskan doa melalui pengeras suara di stasi-stasi Jalan Salib. Kelompok lain memikul salib kayu besar di sepanjang rute melalui Kota Tua, menyanyikan himne dan berdoa.

“Kami harus berdoa bagi mereka yang tidak bisa berada di sini,” kata Alejandro Gonzalez, seorang Meksiko yang tinggal di Israel. 

“Kami yang bisa berada di sini memiliki tanggung jawab untuk mengingat mereka dan mengikuti Jalan Salib yang mereka lalui juga," ujarnya sebagaimana dikutip BBCnews.com.

Gereja Makam Suci, yang dibangun di lokasi tempat orang Kristen percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan bangkit dari kematian, terbuka untuk pengunjung dengan topeng dan jarak sosial.

“Semuanya terbuka, tetapi dengan hati-hati dan bertahap,” kata Wadie Abunassar, penasihat para pemimpin gereja di Tanah Suci. “Di tahun-tahun biasa kami mendorong orang untuk keluar. Tahun lalu kami menyuruh orang-orang untuk tinggal di rumah ... Tapi tahun ini kami memilih untuk diam. ” (MAP, dari berbagai sumber).

RELATED NEWS