Unika St Paulus Ruteng Gelar Wisuda bagi 583 Sarjana dan Ahli Madya

redaksi - Senin, 14 November 2022 12:51
Unika St Paulus Ruteng Gelar Wisuda bagi 583 Sarjana dan Ahli Madya Acara Wisuda Sarjana dan Ahli Madya di Unika St Paulus Ruteng, Minggu, 13 November 2022. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) -  Universitas Katolik (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar wisuda bagi 583 Sarjana dan Ahli Madya tahun 2022, bertempat di Aula Santa Maria Asumpta Kathedral Ruteng, pada Minggu 13 November 2022.

Ke-583 lulusan sarjana dan ahli madya ini diketahui berasal dari delapan  Program Studi  (Prodi) terdiri atas,  enam  Prodi dari Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan (FKIP), dan dua  Prodi dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes).

Rangkaian acara wisuda yang berlangsung di bawah  tema "Berwawasan Tanpa Batas, Inovatif, Adaptif, dan. Kolaboratif: Unika Santu Paulus Ruteng Menuju Center of Excellence di Indonesia Timur"  berjalan dengan aman dan lancar.

Dr. Hendrikus Midun dalam orasi imiahnya  mengungkapkan bahwa, gagasan wawasan tanpa batas, inovatif, adaptif dan kolaboratif lembaga Uinka Santu Paulus Ruteng merupakan perintah bagi lembaga ini untuk menjadi pusat unggulan (center of excellence), baik bagi kaum akademisi maupun masyarakt luas. 

Sebagai pusat unggulan, lanjut Dr. Hendrikus, lembaga Unika Santu Paulus Ruteng mesti menampilkan layanan pendidikan berbasis mutu, beragam dan ramah.

“Pelayanan pendidikan yang bermutu, beragam dan ramah dapat memberdayakan pebelajar menjadi insan belajar, individu yang dapat menemukan cara dan ritme belajar terbaik untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya,” cetusnya. 

"Pendekatan pendidikan yang dilakukan mesti menekankan aktivitas belajar pebelajar, yang melahirkan kemauan belajar dalam diri pebelajar; berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital-internet, proaktif dan berisiniatif melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang berpotensi meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan karakter," katanya, menambahkan.

Lebih lanjut Dr. Hendrikus menyebutkan lima rekomendasi dan saran untuk pengembangan wawasan tak terbatas, inovatif, adaptif dan kolaboratif menuju Unika Santu Paulus Ruteng sebagai pusat unggulan:

Pertama, penguatan kapabilitas unit dan instrumen pengembangan kurikulum yang adaptif terus ditingkatkan.

Kedua, penguatan unit pengembangan karir, bakat dan minat berbasis IT perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

Ketiga, kerjasama dan kolaborasi dengan praktisi DUDI perlu dikembangkan dan dilakukan terencana, terorganisir dan permanen. 

Keempat, perlu didirikan lembaga konsultasi digital-elektronik sebagai “bengkel” untuk penyegaran dan pengembangan literasi digital para dosen, mahasiswa dan masyarakat. 

Kelima, kerjasama dengan kampus bertaraf nasional dan internasional perlu dikembangkan dan ditingkatkan, baik untuk syering kepakaran melalui pertemuan-pertemuan ilmiah dan magang dosen, maupun pertukaran mahasiswa.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Yayasan Santu Paulus Ruteng (Yaspar), Pastor Ledobaldus Rolling Mujur, Pr menyampaikan  profisiat kepada para wisudawan yang sudah menyelesaikan studi di lembaga pendidikan Unika Santu Paulus Ruteng.

Ia berharap agar para wisudawan bisa memperaktikan nilai-nilai pendidikan yang telah diterimanya selama kuliah dan juga bisa mengharumkam nama lembaga pendidikan kemanapun para wisudawan pergi.

“Profisiat kepada seluruh para wisudawan-wisudawati. Jadilah sarjana dan diploma yang Berwawasan Tanpa Batas, Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif. Lulusan Unika memiliki wawasan yang luas, mampu menemukan hal-hal baru dan produktif, mudah menyesuaikan diri dengan keadaan, dan bisa menjadi rekan kerja/usaha yang berkualitas”. 

"Sekali lagi, profisiat. Selamat berjuang. Jangan wartakan kemampuan Anda. Tunjukkan keunggulan Anda dalam tindakan. Tindakan berbicara jauh lebih banyak dari kata-kata," cetus Ketua Yaspar yang akrab disapa Romo Rolling tersebut.

Lebih lanjut, Romo Rolling, Pr menyampaikan komitmen Yaspar dalam mendukung usaha Unika Santu Paulus Ruteng menjadi Center of Excellence.

“Yaspar mendukung penyusunan program-program peningkatan kualitas Unika dan membiayai pelaksanaannya. Komitmen tersebut dibuktikan dengan penyediaan fasilitas perkuliahan dan penunjang yang memadai bagi Unika Santu Paulus. Yaspar selalu mendorong peningkatan kualitas pendidikan di lembaga ini,” ujarnya.

“Kesejahteraan dosen dan pegawai selalu diperhatikan karena Yaspar yakin bahwa hal itu akan berdampak positif pada totalitas dosen dan pegawai dalam melayani mahasiswa,” imbuhnya.

"Yaspar ikut mendukung usaha Unika untuk menempa para mahasiswa menjadi calon sarjana dan diploma yang Berwawasan Tanpa Batas, Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif. Pada hari-hari yang akan datang, Yaspar berkomitmen untuk meningkatkan usaha pengembangan Unika menjadi pusat keunggulan (Center of Excellence)," tegasnya.. (Jivansi). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS