Usai Kampanye yang Meriah, Ganjar Pranowo Didoakan oleh Tua-Tua Adat Kampung Ruteng Pu'u

redaksi - Jumat, 26 Januari 2024 19:05
Usai Kampanye yang Meriah, Ganjar Pranowo Didoakan oleh Tua-Tua Adat Kampung Ruteng Pu'uSuasana meriah kampanye Ganjar Pranowo di Lapangan Goloduka, Ruteng, Jumat (26/1). (sumber: Istimewa)

RUTENG (Floresku.com) - Siang ini, Jumat, 26 Januari 2024, calon presiden nomor urutan 3, Ganjar Pranowo hadir di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai. 

Setelah  tiba kota hujan di Ruteng dengan helikopten, Ganjar langsung menuju kompleks Keuskupan Ruteng untuk menemui Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat.

Di sana, ia disambut secara adat Manggarai ritual adat penerimaan (kepok) oleh warga Kampus Unika St Paulus Ruteng yang didampingi oleh Mrg Sipri Hormat.

Ganjar disambut hangat para tokoh agama di Kota Ruteng

Selanjutnya diadakan acara penyambutan oleh Mgr Sipri Hormat, sebagai tokoh utama umat Katolik Keuskupan Manggarai.

Usai bertemu dengan Uskup, Ganjar menuju  Lapangan Golodukal untuk melakukan kampanye akbar.

 Kampanye terbuka di Stadion Golodukal, Manggarai dihadiri puluhan ribu massa pendukung Ganjar. Padahal, hujan mengguyur Kota Ruteng, termasuk kawasan Stadion Golodukal. 

Massa pendukung Capres Ganjar Pranowo, Cawapres Mafhud MD datang dari Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. 

"Kami optimistis Capres Ganjar Pranowo, Cawapres Mafhud MD menang,” ungkap Wilibrodus Nurdin, anggota Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud untuk Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.
.
Polres Manggarai mengerahkan ratusan personel untuk pengamanan kampanye Ganjar Pranowo itu. Kabagops Polres Manggarai, AKP Burhanudin, menjelaskan pihaknya menyiapkan 151 orang personel untuk pengamanan kampanye Capres Ganjar Pranowo tersebut.

"Jumlah personel 151 orang. Dari Polres Manggarai, kemudian ada BKO dari Polres Manggarai Timur 30, Brimob 30, dan Kodim TNI 30 org," jelas Burhanudin saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat pagi. 

Ia mengatakan, titik-titik yang diamankan antara lain Bandara Frans Sales Lega, Istana Keuskupan Ruteng, Stadion Golo Dukal, Masjid Agung, dan Ruteng Puu. "Semua titik titik penggal jalan yang dilalui sudah ditempatkan personel," jelasnya.

Usai kampanye akbar, Ganjar akan melaksanakan ibadah salat jumat di Masjid Baiturrahman. Setelah itu melanjutkan agenda siangnya yakni makan siang dengan tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat.

Para tua adat Kampung Ruteng Puu menyerahkan seekor ayam jantan kepada Capres Ganjar Pranowo saat dilangsungkan ritual adat, Jumat, (26/1).(Sumber: Kompas Kompas.com/Markus Makur)

Selanjutnya, Ganjar dan timnya memenuhi undangan para tokoh adat untuk mampir di Kampung Adat, Ruteng Puu.

Sekitar pukul 15.00 Wita, Ganjar tiba di pintu gerbang kampung adat Ruteng Puu. 

Dia disambut tua-tua adat dengan pakaian adat khas masyarakat. 

Sebelum memasuki halaman Kampung Adat dan Rumah Gendang Ruteng Puu, terlebih dahulu tua adat menyambut dengan ritual adat penerimaan (kepok) dan memakai selendang songke khas Manggarai. 

Di kampung adat itu para tua adat yang sudah menyiapkan seekor ayam jantan melaksanakan ritual untuk mendoakan capres Ganjar Pranowo. 

Dalam ritual itu, tua adat meminta restu Sang Pencipta dan para leluhur serta alam semesta Manggarai untuk memberkati perjuangan Ganjar memenangi Pilpres pada 14 Februari 2024.

Selanjutnya, ayam jantan itu diserahkan kepada Ganjar yang duduk didampingi tim pemenangan dari PDI Perjuangan. 

Ganjar menyampaikan terima kasih banyak atas penerimaan yang sangat menyentuh hatinya. Kiranya peristiwa ini untuk membangun persaudaraan. 

“Ritual adat ini tidak akan saya lupakan. Saya pasti ingat akan peristiwa yang sangat bermakna ini sebab saat ritual adat, tua-tua adat mendoakan perjuangan saya untuk memimpin Indonesia lima tahun akan datang."  

"Terima kasih banyak. Maaf, saya tidak bisa berlama-lama di sini. Karena cuaca hujan, saya dan rekan-rekan  harus naik helikopter  menuju ke Labuan Bajo. Sampai jumpa di lain kesempatan,” ujarnya sembari mengatupkan tangan di dadanya.  (Sandra)

Editor: redaksi

RELATED NEWS