Warga Lamawohong, Solor Kaget Lihat Potongan Jasad Bayi Dibawa Anjing

redaksi - Selasa, 02 Juli 2024 17:47
Warga Lamawohong, Solor Kaget Lihat Potongan Jasad Bayi Dibawa AnjingIlustrasi: Bayi (sumber: Istimewa)

 LARANTUKA (Floresku.com) -  Bertolomeus Bara Kung (40), kaget bukan kepalang ketika melihat tubuh bayi dalam keadaan sudah tak utuh sedang dibawa anjing pada Minggu, 30 Juni 2024.

Jasad bayi malang itu ditemukan Bartolomeus di Desa Lamawohong, Kecamatan Solor Barat, Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Bartolemeus Kung awalnya menyangka anjing warna kuning membawa benda lain. Rupanya itu adalah bayi tak berdosa. Jenis kelaminnya belum diketahui lantaran kehilangan bagian tubuh dari dada ke bawah.

Kepala Satuan Reskrim Polres Flores Timur, Iptu Lasarus Martinus Ahab La'a, mengatakan ibu kandung bayi berhasil terungkap setelah semua ibu-ibu dan perempuan usia menikah diperiksa satu demi satu oleh aparat desa dan tenaga kesehatan.

"Kepala desa meminta perangkatnya dan tenaga kesehatan untuk cek ibu-ibu dan anak (perempuan) usia menikah. Didapati pelaku mengakui bahwa benar itu anaknya," ujarnya kepada wartawan, Senin, 1 Juli 2024.

Lasarus menyebutkan pelaku berinisial MAH. Remaja 16 tahun ini mengaku melahirkan bayi pada 29 Juni 2024 pagi.

"Pelaku hamil 8 bulan namun tidak menyadari bahwa akan melahirkan. Ia (awalnya) merasa buang air dan langsung ke kamar mandi tapi tidak ada air maka ia pergi ke batu besar yang jaraknya sekitar 15 meter," katanya.

Tanpa disadari MAH kalau saat itu bayinya telah lahir dan terjatuh. Tanpa ada tangisan selama dua jam, pelaku menganggap bahwa bayinya telah meninggal dunia.

MAH kembali ke rumah, mengambil alat untuk menggali lubang dengan ukuran 20 centimeter lalu menguburkan buah hatinya sendiri.

Lasarus Martinus menyebutkan, MAH belum diamankan karena pertimbangan kesehatan dan kemanusiaan.

"Sehat dulu baru kita tindak lanjut," pungkas Lasarus. (Paul Pemulet). ***

RELATED NEWS