Warnai Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, SMP Negri 6 Langke Rembong Gelar Aneka Perlombaan

redaksi - Sabtu, 30 Oktober 2021 11:29
Warnai Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, SMP Negri 6 Langke Rembong Gelar Aneka PerlombaanWarnai Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, SMP Negri 6 Langke Rembong Gelar Aneka Perlombaan (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Dalam rangka memeriahkan bulan bahasa sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, SMP Negeri 6 Langke Rembong mengadakan pelbagai kegiatan perlombaan mulai dari lomba cerita rakyat daerah, lomba membuat video puisi, lomba kuis bahasa Inggris dan sejarah, serta lomba kolaborasi seni (tarian dan vocal group lagu daerah).

Adapun semua jenis kegiatan perlombaan ini berlangsung dilangsungkan selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 25 hingga tanggal 28 Oktober 2021 sebagai puncak kegiatan. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 25 Oktober 2021 sekaligus dimulainya perlombaan lomba bercerita rakyat daerah, pengumpulan video puisi serta kuis Bahasa Inggris dan sejarah bagi kelas VII.

Adrianus N. Lirik, selaku PLT Kepala UPTD SMP Negeri 6 Langke Rembong dalam sambutan pada awal kegiatan menyatakan dukungan dan apresiasinya menyambut kegiatan ini.

“Tema sumpah pemuda tahun ini sangat bagus dan menyiratkan sebuah ajakan agar kita bersatu, bangkit dan tumbuh. Kita harus bersatu jika kita ingin bangkit dan tumbuh, kita merayakan Sumpah Pemuda tahun ini mesti penuh dengan kebahagiaan dan semangat," ungkap Adrianus.

Kemudian, lanjut Adrianus,  “tema ini kami jabarkan ke dalam konteks kita sesuai dengan visi-misi yang ada di sekolah kita yaitu ‘Menjadi Generasi Muda yang Berilmu, Berbudaya dan Berprestasi’”. 

"Kami semua, khususnya siswa-siswi sekalian adalah generasi muda yang punya cita-cita, punya harapan, dan apa yang menjadi harapan kalian harus terus dikembang, dipupuk agar terus bertumbuh.

"Tugas kami sebagai bapak/ibu guru adalah membimbing dan menuntun kamu agar kamu dapat mencapai impian kamu. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dirancang oleh teman-teman panitia selama beberapa hari kedepan. Kegiatan ini merupakan suatu hal yang mendorong kita menjadi orang muda yang berilmu, berbudaya dan berprestasi," cetus Adrianus.

Informasi yang dihimpun jurnalis media ini dari Filipus Jeharum selaku guru bahasa Inggris SMP Negri 6 Langke Rembong diketahui bahwa pada Selasa 26 Oktober 2021 diadakan perlombaan bagi kelas VIII. Jenis perlombaan yang diadakan dimulai dengan lomba kolaborasi seni dan budaya dari berbagai daerah. 

Lomba kuis bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Langke Rembong, Manggarai

Kelas VIIIA menampilkan tarian dan vocal group dari daerah Manggarai, lalu diikuti oleh kelas VIIIB menampilkan tarian dan vocal group dari daerah Ende, dan Kelas VIIIC yang menampilkan tarian dan vocal group dari daerah Sikka. Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba kuis bahasa Inggris dan sejarah. 

Sementara itu, kegiatan pada hari ketiga, Rabu, 27 Oktober 2021 dilanjutkan dengan perlombaan bagi kelas IX. Dimulai dengan lomba kolaborasi seni dan budaya dari berbagai daerah. 

Upacara apel bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMP Negeri 6 Langke Rembong, Manggarai. Para siswa mengenakan busana tradisional  dari berbagai daerah di NTT.

Kelas XIA menampilkan tarian dan vocal group dari daerah Nagekeo, lalu diikuti oleh kelas IXB menampilkan tarian dan vocal group dari daerah Flores Timur, dan Kelas VIIIC yang menampilkan tarian dan vocal group dari daerah Ngada. Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba kuis bahasa Inggris dan sejarah. 

Kegiatan ini pun berpuncak Pada Kamis, 28 Oktober 2021. Kegiatan diawali dengan upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda yang dimulai pukul 08.00 WITA. Usai apel bendera, acara dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan untuk semua jenis perlombaan. (Jivansi) ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS