Tanggapan Budayawan Soal Pemutusan Pertunangan Sepihak di Sikka

redaksi - Jumat, 29 Oktober 2021 11:59
Tanggapan Budayawan Soal Pemutusan Pertunangan Sepihak di SikkaTokoh Adat Sikka Oskar Parera Mandalangi (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Budayawan sekaligus tokoh  adat Sikka Oskar Parera Mandalangi, ikut menanggapi kasus pemutusan hubungan pertunanganan sepihak di Sikka, yang ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat.

Ketika dimintai tanggapan soal kasus pemutusan hubungan pertunanganan sepihak yang terjadi di Kecamatan Alok, Sikka tersebut, Oskar Mandalangi Parera menyatakan bahwa jika pihak perempuan tidak mau melanjutkan hubungan tersebut sampai pada perkawinan maka pihak perempuan harus mengembalikan semua belis yang diserahkan oleh pihak laki-laki.

“Kalau Du’a Pari Depo La’i Walong, Beli Walong Ngawun ata La’i Waii ha, Jara, Bala, Lipa,dll (Kembalikan lagi orang punya barang baik itu kuda, emas, sarung dan lain-lain yang pernah dibawah oleh pihak laki-laki," ungkap Oskar Parera Mandalangi kepada media ini, Jumat, 29 Oktober 2021.

Soal proses pengembalian barang tersebut Oskar menjelaskan, biasanya kalau sudah di Pengadilan nanti juga dikembalikan ke Lembaga Adat untuk diputuskan baru dikembalikan ke Pengadilan untuk disahkan.

Untuk pengeluaran di pihak perempuan pada saat pengantaran belis oleh pihak laki-laki, Oskar mengatakan bahwa pengeluaran itu sudah menjadi resiko dan selesai kalau pihak perempuan yang membatalkan hubungan tersebut.

Ia lanjut mengatakan bahwa fungsi Lembaga Adat itu sah. Oleh karena itu baik pihak laki maupun perempuan harus datang ke Lembaga Adat. 

Lembaga Adat akan memutuskan dan akan dikembalikan ke Pengadilan untuk disahkan demi keadilan berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa maka  keputusannya sah,” tandasnya. (Mardat)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS