Berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan, Angelius Wake Kako Perjuangkan Program Padat Karya Hadir di NTT

redaksi - Jumat, 29 Oktober 2021 10:44
Berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan, Angelius Wake Kako Perjuangkan Program Padat Karya Hadir di NTTAngelius Wake Kako Anggota DPD-RI dari NTT (sumber: Rian)

KUPANG (Floresku.com) - Angelius Wake Kako, Senator (anggota DPD RI) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), membuka kegiatan Padat Karya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan pada Kamis, 28 Oktober 2021. 

Hadir secara langsung di Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang, Angelius, dalam acara pembukaan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan Padat Karya ini merupakan bentuk komitmen pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan, untuk mengatasi persoalan masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19 melalui kegiatan Padat Karya.

Sebagaimana yang tertulis dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73/2018, Padat Karya merupakan kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat marginal/miskin. 

Kegiatan pemberdayaan ini bersifat produktif yang dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan, dan menurunkan angka stunting. 

Sasaran kegiatan Padat Karya di Kementerian Perhubungan meliputi terbangun dan terawatnya infrastruktur transportasi, peningkatan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan, dan pendayagunaan sumber daya serta tenaga kerja lokal dalam pembangunan.

Kegiatan Padat Karya diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak seperti peningkatan produksi dan nilai tambah, perluasan kesempatan kerja sementara, perluasan akses pelayanan dasar, dan peningkatan aksesibilitas desa. 

Penerima manfaat kegiatan Padat Karya adalah para pelaku usaha kecil, khususnya pengusaha komoditas unggulan; masyarakat pekerja pembangunan infrastruktur; dan masyarakat umum pengguna infrastruktur yang dibangun. Adapun kegiatan Padat Karya yang menjadi bagian dari kerja sama DPD RI ini dilaksanakan di 4 kelurahan di Kota Kupang, yaitu Kelurahan Oeba, Naikoten 1, Alak, dan Fatufeto.

Kegiatan Padat Karya ini dilaksanakan oleh Distrik Navigasi Kelas 2 Kupang. Wiji Santoso, selaku Kepala Distrik, menyampaikan terima kasih kepada Angelius yang sudah berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan sebagai mitra kerja, sehingga kegiatan Padat Karya di NTT dapat terlaksana. 

Sebagai wakil dari Provinsi NTT, Angelius berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah, sehingga program pembangunan yang meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat dapat terus terlaksana. "Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian-kementerian. Kali ini di Kota Kupang, berikutnya bisa di wilayah lain," tutur Angelius. (Rian Nulangi) ***

RELATED NEWS