WhatsApp Akan Sinkronkan Kunci Obrolan, Fitur Keamanan Baru

redaksi - Rabu, 14 Februari 2024 18:20
WhatsApp Akan Sinkronkan Kunci Obrolan, Fitur Keamanan BaruWhatsApp akan sinkronkan Kunci Obrolan, Fitur Keamanan Baru (sumber: istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Baru-baru ini aplikasi perpesanan WhatsApp sedang mengerjakan fitur keamanan baru. Di mana fitur tersebut nantinya akan menyinkronkan kunci obrolan di semua perangkat yang terhubung ke akun pengguna.

Blog.whatsapp.com menulis  “Awal tahun ini kami meluncurkan Kunci Obrolan untuk membantu orang-orang melindungi percakapan mereka yang lebih sensitif. Hari ini kami meluncurkan kode rahasia, sebuah cara tambahan untuk melindungi chat tersebut dan membuatnya lebih sulit ditemukan jika seseorang memiliki akses ke ponsel Anda atau Anda berbagi ponsel dengan orang lain.”

“Dengan kode rahasia”, jelas blog itu pula, “kini Anda dapat menyetel kata sandi unik yang berbeda dari yang Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel guna memberikan lapisan privasi tambahan pada obrolan Anda yang terkunci. ”

“Anda akan mempunyai pilihan untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci dari daftar obrolan Anda sehingga mereka hanya dapat ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia Anda di bilah pencarian. Jika itu tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda masih dapat memilih untuk menampilkannya di daftar obrolan Anda. Setiap kali ada obrolan baru yang ingin Anda kunci, kini Anda dapat menekan lama untuk menguncinya daripada mengunjungi pengaturan obrolan.”

Sementara itu  WABetaInfo, sumber terpercaya untuk pembaruan WhatsApp mengungkapkan, pPembaruan juga ditemukan pada WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.24.4.14, yang bisa diunduh untuk semua melalui Google Play Store.

Sementara itu, diketahui jika WhatsApp sebelumnya telah memperkenalkan kemampuan untuk mengunci obrolan tertentu tahun lalu. Mereka kemudian memperkenalkan fitur lain yang disebut Kunci Rahasia.

Yang mana kunci tersebut memungkinkan pengguna menyetel kata sandi unik yang berbeda dari kata sandi perangkat mereka. 

Kata sandi ini menyembunyikan folder Obrolan Terkunci, sehingga tidak terlihat oleh siapa pun yang tidak mengetahui kodenya.

Namun, dalam fitur ini ada kelemahannya, yakni membutuhkan pengaturan khusus perangkat. Artinya, kunci ini harus diatur secara terpisah pada setiap perangkat baik komputer maupun ponsel, tidak disinkronkan secara otomatis.

Perubahan mendatang akan menyederhanakan proses tersebut. Serta juga secara otomatis memperluas pilihan keamanan di semua platform tempat pengguna menggunakan WhatsApp.

Rencananya, fitur kunci obrolan yang ditingkatkan ini kemungkinan akan diluncurkan pada pembaruan WhatsApp yang akan datang. 

Hal itu diumumkan pertamakali melalui siaran Gizmochina pada Minggu (11/2/2024) lalu.

RELATED NEWS