Wujudkan 'Program Babinsa Masuk Dapur' yang Dicanangkan Kasad TNI, Babinsa Koramil 1603-03 Paga Renovasi RTLH

redaksi - Minggu, 20 November 2022 09:46
Wujudkan 'Program Babinsa Masuk Dapur' yang Dicanangkan Kasad TNI,  Babinsa Koramil 1603-03 Paga Renovasi RTLHAnggota TNI dari Babinsa Koramil 1603-03/Paga bersama warga setempat melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mili Ibu Ansemia Meso. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com)- Demi meringankan beban warga binaan yang kurang mampu, Babinsa Koramil 1603-03/Paga bersama warga setempat, melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kegiatan tersebut berkenaan dengan Program Babinsa Masuk Dapur oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. di wilayah Kodim 1603/Sikka.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. (Sumber: Istimewa).

Sasaran  Program Babinsa Masuk Dapur yang diemban Babinsa Korami 1603-03/Paga ini RTLH  Anselmia Meso yang bertempat Dusun Wewalewo, Rt/Rw 002/001, Desa, Paga. KecamatanPaga. Kabupaten Sikka, Sabtu. 

Perbaikan RTLH Anselmia Meo dilaksanakan pada Sabtu, 19 November 2022.

Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P., menyampaikan rumah milik warga Desa Paga atas nama Anselmia Meso ini kondisinya sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak dihuni. 

Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P. (Foto: Mardat).

Dengan adanya Program Babinsa Masuk Dapur ini, Babinsa Koramil 1603-03/Paga, Kodim 1603/Sikka, bersama warga melakukan perbaikan rumah.

Selama kegiatan berlangsung  Babinsa dan warga masyarakat setempat  bekerja keras, saling bahu membahu bergotong-royong membedah rumah.

Anggota TNI dari Babinsa Koramil 1603-03/Paga bersama warga setempat melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mili Ibu Ansemia Meso. (Foto: Mardat).

Selain untuk memperbaiki RTLH, Program Babinsa Masuk Dapur ini dimaksudkan pula  untuk meningkatkan hubungan komunikasi dan  mendekatkan Babinsa  dengan warga masyarakat di wilayah binaannya.

Lebih Lanjut Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P., menyampaikan bahwa kegiatan  Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) merupakan bantuan Kasad TNI melalui Program Babinsa Masuk Dapur.

“Dengan dibangunnya rumah ini dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, karena Program Babinsa Masuk Dapur merupakan wujud kepedulian TNI terhadap warga yang kurang mampu,” ujarnya.

“Setiap hari kita mengirimkan anggota Babinsa dari Koramil 1603-03/Paga untuk melaksanakan pembangunan rumah milik Ibu Anselmia Meso  bersama-sama warga setempat.  Harapan saya, kiranya rumah tersebut  dapat cepat selesai dibangun”, terang Dandim.

Danramil 1603-03/Paga, Kodim 1603/Sikka bersama warga Paga (Sumber: Youtube).

Dandim menambahkan, renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam rangka Program Babinsa Masuk Dapur oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) merupakan momentum yang sangat penting bagi TNI. 

Sebab melalui Program Babinsa Masuk Dapur, TNI memiliki ruang  yang lebih luas untuk berada di tengah masyarakat.  Sebab, Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan selalu berkomunikasi sosial sehingga dapat terbangun soliditas yang baik antara TNI dengan rakyat,” kata Dandim.

Sementara itu Ibu Anselmia Meso mengatakan tidak pernah bermimpi mendapat bantuan ini. 

"Dalam usia yang menua, saya tidak mampu bekerja. Uang yang dihasilkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Berkali-kali ia mengucapkan terima kasih kepada TNI, dan menyatakan rasa syukur kepada Tuhan.  

Ia juga menyampaikan  terima kasih  kepada TNI Kodim 1603/Sikka yang telah bekerja mntuk membangun atau merenovasi rumah kediamannya..

Secara khusus Anselmia Meso menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kasad Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

“Saya mengucapkan sangat berterima kasih kepada Kasad TNI, Bapak  Dudung Abdurachman karena sudah  berkenan memperhatikan saya yang hidup sebatang kara ini. Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih dan berdoa semoga TNI, khususnya Bapak Kasad Dudung selalu diberkati oleh Tuhan,” pungkasnya. (Mardat). ****

Editor: redaksi

RELATED NEWS