Sambut Direktur PSMK dan Rombongan, Siswa SMK Sadar Wisata Ruteng Pentaskan Tarian 'Rangkuk Alu'

redaksi - Minggu, 20 November 2022 08:17
Sambut Direktur PSMK dan Rombongan, Siswa SMK Sadar Wisata Ruteng Pentaskan Tarian 'Rangkuk Alu' Tarian 'Rangkuk Alu' dalam acara penyambutan Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) bersama rombongan dari Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi di halaman SMK Sadar Wisata-Ruteng, pada Sabtu 19 November 2022. (sumber: Beatriks Avilo Jehatu)

 Oleh: Beatriks Avilo Jehatu, Guru SMK Sadar Wisata Ruteng

Tarian 'Rangkuk Alu' sebagai salah satu tarian tradisional masyarakat adat Manggarai rupanya menjadi pilihan menarik yang dipertontonkan oleh siswa-siswi SMK Sadar Wisata Ruteng dalam banyak acara pementasan yang digelar di lingkungan sekolah tersebut.

Pemandangan ini kembali terlihat saat para pelajar yang menamakan diri sebagai pegiat sanggar 'Bolek Loke' membawakan tarian 'Rangkuk Alu' ini dalam acara penyambutan Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) bersama rombongan dari Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi, bertempat di halaman SMK Sadar Wisata-Ruteng, pada Sabtu 19 November 2022.

Terlihat, para pelajar yang menjadi pemeran tarian 'Rangkuk Alu' tersebut begitu lincah membawakan tarian tradisional masyarakat adat Manggarai tersebut.

Secara harafiah, 'Rangkuk Alu' terdiri dari dua kata yang memiliki artinya masing-masing. 'Rangkuk' berarti tumbukan, tabrakan, benturan. Sedangkan 'Alu' berarti alat dari kayu atau sejenisnya yang digunakan untuk menabrakan, menumbukan dan membenturkan. 

 Beatriks Avilo Jehatu, Guru SMK Sadar Wisata Ruteng (Sumber: Dokpri).

'Rangkuk Alu' berarti benturan, tambrakan kayu.Tabrakan, tumbukan, dan benturan antara kayu akan menimbulkan bunyi (irama) yang beraturan. Ritme/irama yang beraturan inilah yang merangsang para pendengar untuk menari atau yang dikenal dengan sebutan tarian 'Rangkuk Alu'

Konon, tarian Rangkuk Alu bagi masyarakat adat Manggarai dilaksanakan pada malam hari dan bulan terang, dan pada musim panen. 

Tarian ini dimaknai sebagai tarian syukuran atas panenan yang diperoleh. Tarian ini juga membutuhkan kelincahan dan kelihaian dari para pemain untuk menyelamatkan kakinya dari benturan kayu yang dimainkan pada saat menari. 

Disamping itu, pentas tari 'Rangkuk Alu' dikisahkan juga sebagai ajang pencaraian dan menemukan jodoh. Dalam perkembanganya, tari 'Rangkuk Alu' ini terus dikembangkan dan dimodifikasi tanpa merubah substansi.

Hal inilah yang diperlihatkan oleh pegiat sanggar 'Bolek Loke' SMK Sadar Wisata Ruteng saat menyambut kedatangan Dr. Wardani Sugianto selaku Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) bersama rombongan dari kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi.

Selain sebagai seni pertunjukan dalam menyambut tamu yang datang dari luar sekolah, tarian 'Rangkuk Alu' ini juga dilakukan untuk melestarikan budaya yang diwariskan oleh leluhur.

Adapun tujuan kedatagan Bapak. Dr. Wardani Sugianto selaku Director Vocational High School dan rombongan dari kementerian Pendidikan Riset Dan Teknologi tersebut yaitu untuk mengunjungi SMK se-Kabupaten Manggarai. ***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS