Yos Borgias, Guru SMAK St Petrus Ende Masuk 10 Besar Lomba Cipta Lagu Tradisi

redaksi - Jumat, 22 Oktober 2021 16:23
Yos Borgias, Guru SMAK St Petrus Ende Masuk 10 Besar Lomba Cipta Lagu TradisiYos Borgias (sumber: Dokpri)

ENDE (Floresku.com) – Yos Borigias terpilih sebagai salah satu dari 10 pemenang ajang Lomba Cipta Lagu Tradisi 2021. 

Direktur Perfilman, Musik, dan Media (PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra mengapresiasi karya yang dikirimkan penggiat musik tradisi di NTT. 

Sebanyak 65 peserta yang mendaftar, sebagian besar adalah kaum muda yang mengirimkan lagu-lagu baru dengan menggunakan alat musik tradisi dan melodi khas musik NTT.

Baca juga:Ini Dia 10 Pemenang Lomba Cipta Lagu Tradisional NTT 2021

Dalam lomba tersebut Yohanes Borgia Riga, biasa disapa Yos Borgias, terpilih sebagai salah satu dari 10 pemenang dari NTT. Sepuluh karya terbaik mendapatkan apresiasi sebesar Rp10 juta per lagu.

Yohanes Borgias Riga adalah alumnus Universitas Flores yang menjadi guru Seni Budaya dan Bahasa Inggris, di SMA Katolik Santo Petrus Ende.

Selain itu, karya terbaik juga akan mendapatkan apresiasi dari musisi etnik terkenal NTT, Ivan Nestorman. Bung Ivan, sapaannya, akan melakukan aransemen lagu-lagu tersebut. Selanjutnya, lagu terbaik akan dinyanyikan oleh penyanyi NTT dan direkam di Jakarta.

Sementara itu,Yos borgias mengatakan bahwa ajang ini sungguh  luar biasa. Sebagai musisi  ia harus terus berkarya .tidak hnya mngikuti ajang lomba,tapi harus terus menciptakan karya karya musik daerah demi pelestarian dan mendukung Flores The Singing Island.

Baca juga: Mengharukan, Bocah Cacat Mental Meminta 'Solideo' dari Paus Fransiskus

Yos borgias yang juga banyak menghasilkan karya musik daerah Ende yg punya suara emas membutuhkan waktu yg lumayan dalam menghasilkan karya musiknya. (Bob Sina)

Editor: redaksi

RELATED NEWS