10 Destinasi Wisata Paling Ramai di Dunia, Tak Satu pun Ada di Indonesia

redaksi - Jumat, 29 September 2023 15:07
10 Destinasi Wisata Paling Ramai di Dunia, Tak Satu pun Ada di IndonesiaPara wisatawan memadati Pantai Phuket, destinasi wisata di Thailand (sumber: www.theguardian.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Setiap destinasi wisata ‘merindukan’ kedatangan para wisatawan. Namun, menjadi sebuah destinasi wisata yang terlampau ramai (overtourisme) ternyata berdampak besar. Dan, itu terjadi pada beberapa destinasi populer di seluruh dunia. 

Situasi menjadi sangat buruk di beberapa tempat sehingga pemerintah terpaksa mengambil tindakan untuk mengendalikan jumlah wisatawan. 

Anda tidak akan terkejut mengetahui tempat mana yang menduduki puncak daftar destinasi paling ramai di dunia pada tahun 2023! 

Panorama salah satu sudut Pantai Phuket Thailand (Sumber: travelobiz.com).

Dalam riset yang dilakukan MoneyTransfers.com, Pulau Phuket di Thailand dinobatkan sebagai destinasi wisata paling padat di dunia tahun 2023! 

 Kini setelah dunia perjalanan kembali ke masa sebelum pandemi, tempat-tempat terkenal sekali lagi berjuang melawan overtourism. 

Di daftar teratas adalah Phuket di Thailand, diikuti oleh Pattaya dan Krabi. 

Phuket adalah salah satu tempat liburan paling populer di Thailand dan sangat terkenal bagi mereka yang mencari liburan pantai dan tempat yang menyelenggarakan beberapa pesta paling terkenal di dunia.

Situasi menjadi sangat buruk di beberapa tempat sehingga pemerintah terpaksa menerapkan langkah-langkah untuk mengendalikan jumlah wisatawan. 

Para wisatawan memadati Venesia, Italia (Foto: iStock).

Bali juga merupakan salah satu tempat yang telah menerapkan beberapa larangan aktivitas wisata untuk mengendalikan overtourism. 

Di Eropa, Venesia, Athena, dan Amsterdam juga telah menerapkan langkah-langkah untuk menyelamatkan tanah mereka dari keramaian. 

Beberapa pajak turis telah diberlakukan di Venesia sementara Acropolis di Athena, Yunani telah memutuskan untuk membatasi jumlah pengunjung harian. 

Di sisi lain, warga Austria mulai memprotes banyaknya pengunjung.

Berbicara tentang Inggris, Kastil Edinburgh yang indah telah menjadi objek wisata yang paling ramai dikunjungi sementara Bath adalah kota yang paling padat penduduknya. 

Namun, kembali ke Phuket, bukanlah kejutan yang mengejutkan. Pulau Thailand ini adalah rumah bagi lebih dari 90 km garis pantai. 

Kata dan Karon di sini adalah dua pantai paling menakjubkan di dunia, menarik wisatawan dari seluruh dunia! Pantai-pantai ini juga populer di kalangan penyelam scuba, namun juga memiliki banyak pasar penuh warna dan restoran hidangan laut yang menakjubkan.

Menurut penelitian, pulau ini menampung sekitar 118 wisatawan untuk setiap penduduk lokal. Tempat kedua dan ketiga dalam daftar masing-masing ditempati oleh Pattaya dan Krabi.

Berikut 10 destinasi paling padat penduduk di dunia:

  • Phuket, Thailand
  • Pattaya, Thailand
  • Krabi, Thailand
  • Mugla, Turki
  • Hurghada, Turki
  • Makau, Tiongkok
  • Heraklion, Yunani
  • Venesia, Italia
  • Rhodes, Yunani
  • Miami, AS.

Dari daftar tersebut, tak satu pun yang berada di Indonesia. (Sil)***

 

RELATED NEWS