115 Personil TNI Akan Laksanakan Kegiatan TMMD Tahun di Desa Rii, Kecamatan Nita

redaksi - Senin, 22 Juli 2024 19:38
115 Personil TNI Akan Laksanakan Kegiatan TMMD Tahun di Desa Rii, Kecamatan NitaDandim 1603 Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P, dalam pemaparan kepada sejumlah awak media yang bertugas di Kabupaten Sikka di Posko TMMD ke-121 KODIM 1603 Sikka, Senin (22/7) pagi. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -  Sebanyak 115 personil TNI akan menjalankan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2024 di Desa Riit, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.

Kegiatan TMMD 2024 tersebut  akan berlangsung dimulai pada tanggal 24 Juli mendatang sampai dengan 22 Agustus 2024.

Dalam pelaksanaannya,  tidak cuma personel TNI Kodim 1603/Sikka saja terlibat akan tetapi dalam pelaksanaan TMMD, kata Dandim Sikka, akan melibatkan personel TNI dari Batalion Armed 20, Arhanud 9 Kupang, Yon Zipur dari Kupang, dengan total personel sekitar 115 orang.

Demikian disampaikan oleh Dandim 1603 Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P, dalam pemaparan kepada sejumlah awak media yang bertugas di Kabupaten Sikka di Posko TMMD ke-121 KODIM 1603 Sikka, Senin (22/7) pagi.

Dandim Sikka mengatakan pilihan lokasi pelaksanaan TMMD di Desa Riit karena dicari daerah-daerah pelosok atau daerah-daerah pedalaman yang memerlukan pembangunan.

Untuk TMMD di Desa Riit, sasaran utamanya yaitu membuka jalan sepanjang 3.500 meter atau 21.000 meter kubik.

Pelaksanaan TMMD di Kabupaten Sikka, pihaknya mendapatkan dukungan dana dari Pemkab Sikka sebesar Rp 1 miliar. Sementara untuk anggota TNI yang bekerja sudah mendapatkan upah dan uang makan dari Mabes TNI.

“Jalan yang dibuka ini adalah jalan setapak berada dekat Menara Polres Sikka yang roboh beberapa waktu lalu ke arah Desa Mahebora. Saya kesana survey, lokasinya sulit, masyarakat kalau bawa hasil bumi itu susah karena jalan setapak ini dekat jurang dan tebing. Dengan adanya jalan yang dibuka ini, masyarakat akan mudah membawa hasil bumi,” ungkap Dandim Sikka.

Lanjutnya, dalam pembukaan jalan ini pihaknya akan menggunakan 2 excavator. Jika telah dibuka jalannya, harapannya ke depan bisa ada peningkatan pekerjaan dari Pemkab Sikka dengan perkerasan jalan sehingga bisa maksimal penggunannya oleh masyarakat setempat.

Untuk pekerjaan jalan ini, pihaknya sudah mengawali dengan pekerjaan pendahulu atau Pra TMMD agar saat ditutup kegiatan TMMD nanti pada 22 Agustus 2024, pekerjaan jalannya sudah selesai.

“Untuk pembukaan TMMD pada Rabu, 24 Juli 2024 pagi akan berlangsung di Lapangan Golden Nita dengan kegiatan tambahan berupa penjualan Sembako murah bekerja sama dengan Bulog Sikka dan pengobatan gratis bekerjasama dengan TNI AL Maumere” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dandim Sikka juga memaparkan terkait lomba jurnalistik TMMD tahun 2024. Dirinya berharap wartawan yang bertugas di Kabupaten Sikka bisa mengikuti lomba dimaksud. (Mardat). ***

RELATED NEWS