33 Lulusan Prodi Diploma III Kebidanan Unika St. Paulus Ruteng Ikrarkan Sumpah Kebidanan

redaksi - Senin, 15 November 2021 20:33
33 Lulusan Prodi Diploma III Kebidanan Unika St. Paulus Ruteng Ikrarkan Sumpah KebidananPerwakilan dari 33 Lulusan Prodi Diploma III Kebidanan Unika St. Paulus Ruteng Ikrarkan Sumpah Kebidanan, Senin, 15 November 2021. (sumber: Seksi Pulbikasi Unika St Paulus )

RUTENG (Floresku.com)- Sebanyak 33 Lulusan Program Studi (Prodi) Diploma III (D-III) Kebidanan Universitas Katolik Indonesia (Unika) St. Paulus Ruteng yang diwisuda pada  akhir pekan lalu, Sabtu (13/11),  mengikrarkan Sumpah Kebidanan pada Senin 15 November 2021.

Informasi yang diterima media ini dari Rudi Ngalu selaku seksi publikasi  Unika St Paulus menyebutkan, kegiatan yang berlangsung secara virtual ini dihadiri oleh Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pengurus Daerah IBI Cabang Manggarai, Dekan Fakultas Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng, Ketua Prodi Kebidanan Unika Santu Paulus Ruteng.  Hadir pula rohaniwan Katolik yang adalah juga dosen Unika St Paulus Ruteng, RD. Ignasius F. Bora, S.Fil., M.A. RD Ignasius bertindak sebagai saksi dalam  sumpah profesi kebidanan itu.

Dalam acara yang bertajuk “Menjadi Bidan Profesional dan Berkreasi di Era Digital”,  Dekan Fakultas Kesehatan Unika St Paulus Ruteng, RP David Jerubu, M.A., SVD   menyampaikan  bahwa pihaknya berbagga atas pencapaian yang diraih Prodi Kebidanan dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Unika St Paulus Ruteng, saya merasa sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Prodi Kebidanan dalam beberapa tahun ini. Yang terakhir lulusan prodi ini mencatatkan tingkat kelulusan dalam uji kompetensi sebesar 91 persen", ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, dengan prestasi  tersebut,  hendaknya Prodi Kebidanan Unika St Paulus Ruteng terlena dan berpuas diri. Sebaliknya, kita hendaknya selalu tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas sesuai visi dan lembaga.

Pada bagian akhir sambutannya, pastor asal Manggarai Timur itu mengingatkan lulusan Prodi Kebidanan untuk membuktikan prestasi yang diraih di bangku kuliah dengan unjuk kerja dan karakter yang baik di dunia kerja.

“Saya ingatkan kalian semua untuk tidak terlena. Prestasi yang kamu raih hari ini hanya di atas kertas. Artinya kalian harus membuktikannya dengan unjuk kerja, keterampilan dan kinerja yang baik di tengah masyarakat. Kalian harus menjadi bidan yang berkarakter baik agar mutu pelayanan kalian benar-benar teruji", pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi NTT, Gilda Saina, A.Md.Keb dalam sambutannya mengingatkan para bidan yang mengikrarkan sumpah agar bisa memanfaatkan teknologi dalam menjalankan tugas dan pelayanan mereka.

“Sesuai tema Sumpah Kebidanan hari ini, saya ingatkan agar adik-adik bidan bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar untuk mendukung pelaksanaan tugas dan pelayanan. Jangan sampai, teknologi disalahgunakan untuk hal-hal lainnya", tegasnya.

Kepada para lulusan Prodi Kebidanan, Ibu Gilda menitipkan pesan agar mereka selalu bekerja secara profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Bekerjalah sesuai tugas, kewenangan, dan tanggung jawab Anda secara profesional dengan tetap memohon bimbingan Tuhan," pesannya. (Jivansi). ***

RELATED NEWS