6 Polwan Polda Kaltim Ikut Konferensi Latihan IAWP Sedunia di Labuan Bajo

redaksi - Jumat, 05 November 2021 22:50
6 Polwan Polda Kaltim Ikut Konferensi Latihan IAWP Sedunia di Labuan BajoPara Polwan Polda Kaltim yang akan IAWP Training Conference ke 58 di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT). (sumber: Paul)

SAMARINDA (Floresku.com)- Setidaknya 6 Polisi Wanita (Polwan) terpilih dan dipercaya mewakili Polda Kalimantan Timur (Kaltim), untuk mengikuti International Association Women Police (IAWP) Training Conference ke 58 di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melansir Kaltimku.Id Menurut Kompol Nina Ike SH, IAWP adalah asosiasi polwan terbesar di dunia yang sudah ada sejak tahun 1915 silam. Hingga sekaran ini sudah ada 73 negara tergabung dalam keorganisasian IAWP.

“Polisi Indonesia telah aktif dan bergabung pada tahun 2009. Konferensi Latihan IAWP 2021 ke 58 kali ini dilaksanakan di Indonesia yang berlangsung dari 6 hingga 11 November 2021. Polda NTT (Labuan Bajo) ditunjuk sebagai tempat terselenggaranya Konferenai Polisi Wanita Internasional ini.

Konferensi latihan IAWP kali ini mengusung tema “Women At The Center Stage of Policing” yang berarti, wanita di panggung utama kepolisian.

Dalam acara berkelas dunia itu menghadirkan beberapa pembicara utama, yakni tokoh besar Indonesia dan juga tokoh besar dunia, seperti Menteri Luar Negeri (MMenlu) Retno Marsudi, Kapolda Jateng Brigjen Pol Ida Oetari SAP MA.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof M Tito Karnavian PhD, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani SE MSc PhD dan Jean-Piere Lacroix Wakil Sekertaris Jenderal  Polisi Operasi Perdamaian, UNDPO.

Selain Konferensi pelatihan para polwan dari seluruh dunia, juga dapat menikmati keindahan kepulauan di NTT, khususnya Labuan Bajo. Keindahan kebudayaan, tarian maupun keindahan tenun khas NTT. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia.

Peserta Konferensi Pelatihan IAWP berjumlah kurang lebih 482 orang yang terdiri dari Polwan Indonesia yang termasuk member IAWP, Para Pakor Polwan Indonesia beserta pendamping dan polwan-polwan luar negeri dan observer asing.

Enam perwakilan Polwan Polda Kaltim yang mengikuti acara berkelas internasional ini, 3 diantaranya merupakan member IAWP yaitu Kompol Nina Ike, AKP Syarifah Nurhuda dan AKP Retno Ariani.

Selain itu, 3 lainnya adalah Pakor Polwan Polda Kaltim AKBP Rovina Retno SH dan 2 pendamping Pakor Polwan, yaitu Brigpol Octiara S, BEd dan Briptu Indira Karina Putri AMd.

Perwira Koordinator (Pakor) Polwan Polda Kaltim AKBP Rovina Retno berharap, setelah mengikuti rangkaian acara ini para Polwan Polda Kaltim yang telah mewakili rekan-rekan polwan lain memiliki ilmu dan kemampuan lebih dalam tugas Kepolisian dan juga dapat membagikan pengalaman serta ilmu yang didapat kepada rekan-rekan polwan jajaran Polda Kaltim.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Kalimantan Timur beserta Ibu (Endah Herry Nahak), yang sudah sangat mensuport kami dari awal hingga keberangkatan kami, semua dipersiapkan. Begitu pula dengan pejabat utama Polda Kaltim yang juga mensuport kami,” kata Pakor Polwan Polda Kaltim AKBP Rovina Retno, sesaat sebelum meninggalkan Kota Balikpapan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Jumat (5/11/2021) lalu.

Seluruh peserta konferensi polisi sedunia ini mohon pamit. “Semoga perjalanan kami sampai di Labuan Bajo dengan selamat dan dapat mengikuti kegiatan serta kembali ke Kalimantan Timur dengan membawa pengalaman serta ilmu yang paling berharga yang bisa kami bagikan kepada polwan-lainnya, pungkas Rovina Retno dan Polwan lainnya.* (Paul)

RELATED NEWS